Witwisit Hiranyawongkul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Witwisit Hiranyawongkul
Witwisit Hiranyawongkul saat konser bersama August Band
Lahir Witwisit Hiranyawongkul
20 Juli 1989 (umur 25)
Chiang Mai, Thailand
Nama lain Pitch, Pchy
Pekerjaan Aktor, Penyanyi
Tahun aktif 2007 - sekarang
Penghargaan Chalermthai Awards
Lead Actor in a Thai Film
2007 The Love Of Siam

Witwisit Hiranyawongkul (Thai: พิช-วิชญ์วิสิฐ หิรัญวงศ์กุล’) (lahir di Chiang Mai, 20 Juli 1989; umur 25 tahun) adalah aktor dan penyanyi berkebangsaan Thailand.

Karier akting[sunting | sunting sumber]

Debut karier[sunting | sunting sumber]

Selama liburan musim panas sekolah tahun 2006, Pitch dan beberapa temannya melakukan perjalanan ke Bangkok dan mengunjungi situs pengambilan gambar film dari 13 Beloved yang disutradarai oleh Chukiat Sakweerakul. Ia kemudian diundang untuk memainkan ekstra dalam film. Hanya lengannya yang dapat dilihat.

The Love of Siam[sunting | sunting sumber]

Chukiat Sakweerakul memilih Pitch untuk bermain sebagai "Mew", salah seorang tokoh utama di The Love of Siam, karena peran yang mengharuskan aktor untuk menyanyi dan bermain piano. Chukiat juga menemukan Pitch sangat alami berakting. Pitch terlihat bagus juga memberikan kontribusi untuk setiap adegan. Pitch sadar bahwa film ini akan melibatkan cinta antara dua anak laki-laki sekolah tinggi dengan adegan ciuman. Dia mengambil peran karena ia percaya bahwa direktur akan menyajikan adegan dalam film dengan cara yang baik. Ketika ditanya tentang yang paling banyak dibicarakan adegan dari film, Pitch dipercayakan pada sudut kamera dan direktur itu mengatakan padanya bahwa agar berlatih mencium dengan berlatih mencium tangan sendiri.

Dalam The Love of Siam, Pitch memerankan "Mew", seorang anak kesepian dari sekolah tinggi yang tinggal sendirian setelah kematian neneknya. Mew berbakat dalam bidang musik, ia adalah penulis lagu dan penyanyi utama sebuah band anak yang disebut August. Band pertama tunggal 'Tiket' menjadi hit di kalangan remaja. Namun, produser band Mew ingin menulis lagu dengan tema yang lebih universal: cinta. produser ini berpendapat bahwa "95% dari lagu hit adalah lagu-lagu cinta" dan mengatakan Mew "Pada usia Anda, mudah untuk menulis lagu cinta." Namun tugas sulit untuk Mew, saat ia tinggal 5 tahun tanpa cinta setelah kematian neneknya. Namun, perubahan kehidupan Mew setelah dia berjalan ke rumah Tong, teman masa kecilnya, di Siam Square. Setelah Tong datang dalam hidupnya, Mew tampaknya dapat menulis lagu-lagu cinta alami. Sebagian besar film berkisar pada pertanyaan Mew tentang cinta "jika kau mencintai seseorang, dapatkah Anda bertahan jika kehilangan orang? Tapi bisakah Anda hidup tanpa cinta dari semua orang? Bagaimana dengan sisa hidup Anda?"

Meskipun Pitch relatif tidak diketahui publik pada saat peluncuran film, para penonton segera terkesan dengan perannya sebagai Mew. Mereka menangkap daya tariknya, kemanisan dan kemampuan untuk menampilkan kerentanan di layar.

Ketika ditanya tentang bagian favoritnya, Pitch mengatakan bahwa adegan yang dia bermain terbaik adalah salah satu saat ibu Tong (dimainkan oleh Sinjai, salah satu bintang terbesar Thailand) datang untuk menghadapi Mew di rumah. Pitch mengatakan kepada wartawan,"Jika saya harus kembali dan bertindak dalam adegan itu lagi, aku tidak yakin apakah saya bisa menjadi sebaik seperti sebelumnya".

Penonton dikejutkan dengan gambar-gambar Pitch sebagai Mew yang digambarkan pada layar. Dalam film itu, Mew manis, sensitif dan menawan. Tentu saja, penggemar ingin mengetahui apa Pitch seperti dalam kehidupan nyata. Fans tampak melalui informasi di internet termasuk weblog pribadinya dan mengikuti wawancara ketika ia muncul dalam acara-acara promosi. Mereka menemukan bahwa Pitch dalam kehidupan nyata lebih seperti lurus-bicara dan remaja cerdas daripada apa yang digambarkan sebagai karakter Mew's. Namun, fans masih menemukan Pitch memesona nyata dan terus memujanya.

Karier bermusik[sunting | sunting sumber]

Pitch telah terlibat dalam musik sejak tahun-tahun awal. Pekerjaan umum pertamanya adalah menyanyikan lagu soundtrack asli untuk film "Khao Niew Moo Ping." Dalam soundtrack The Love of Siam, ia juga menyumbangkan beberapa lagu. Dia bahkan menggubah musik dan menulis lirik lagu "Ru Suek Bang Mai" (Apakah Anda merasa ...?). Pitch menjelaskan bahwa dia menemukan inspirasi untuk menulis lagu setelah temannya berkonsultasi tentang masalah cinta.

Di layar August juga menjadi grup band nyata dengan Pitch sebagai vokalis. Pitch dan August memulai karier kelompok mereka dengan menyanyi dan bermain di kegiatan promosi The Love of Siam. Segera penyelenggara ingin bermain band di festival musik dan acara lainnya. Para penonton terkesan oleh kemampuan anggota band muda memainkan instrumen dan energi remaja mereka. Pitch terbukti bernyanyi yang sangat baik tinggal dan seorang penghibur panggung yang baik. 13-anggota band (termasuk Pitch) merilis album pertama mereka Agustus*Thanx sebagai sebuah band pada Februari 2008. Album pertama mereka Radiodrome dirilis penuh pada bulan Desember 2008.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • OST. Bite of Love
  • OST. The Love of Siam
  • august*thanx
  • Chao Wan Mai (Better Morning) Dove Campaign
  • Sunshine (Single 09\2008)
  • august*RADIODROME (dirilis pada 3 Desember 2008)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

  • The Love of Siam (2007)
  • Dopamine (Short movie)(2008)
  • 4 Romances (2008)
  • Sai Sueb Delivery (Feb - Mar 2009) TV Series on Channel 3 Thailand

Pranala luar[sunting | sunting sumber]