Wisnu Wardhana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wisnu Wardhana
[[Berkas:{{{gambar}}}|260px]]
{{{keterangan}}}
Informasi pribadi
Nama asliWisnu Wardhana
Nama lengkap{{{nama_lengkap}}}
Kebangsaan{{{kebangsaan}}}
Lahir21 Januari 1975 (umur 49)
Jakarta, Indonesia
Tinggi{{{tinggi}}}
Berat{{{berat}}}
Sport
NegaraIndonesia
Olahraga{{{olahraga}}}
Gaya{{{gaya}}}

Wisnu Wardhana (lahir 21 Januari 1975) adalah perenang Indonesia yang terkenal terutama pada era 80-an (kelompok umur) dan 90-an (regional dan internasional). Wisnu telah mampu berprestasi sejak usia 7 tahun sampai akhir karier renangnya di usia 25 tahun.

Prestasi Wisnu sudah dimulai ketika dia memulai karier renangnya di usia kelompok pada umur 7 tahun. Ia kemudian menjadi juara Nasional se-Indonesia, kelompok umur se-ASEAN, Asia, dan pada akhirnya menjuarai multi-event seperti PON, SEA GAMES, Kejuaraan Dunia Grand Prix jarak Pendek, dan terakhir menjadi perenang ALL American di Divisi II NCAA AS.

Karier[sunting | sunting sumber]

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Wisnu tercatat sebagai Juara Nasional Kelompok Umur berturut-turut sejak tahun 1984 hingga 1991 pada tahun yang sama, ia menjadi pemegang Rekor Nasional Kelompok Umur pada tahun yang bersamaan. Ia kemudian dinobatkan sebagai Juara dan Perenang Terbaik pada Pekan Olahraga Nasional XIII pada tahun 1993.

Setelah mecapai penghargaan yang cukup siginifikan secara nasional, ia kemudian menjadi salah satu perenang sekaligus atlet yang turut tampil pada Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara 1993 di Singapura dan berhasil meraih 4 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu. Ia juga turut berpartisipasi pada Asian Games di Hiroshima pada tahun 1994. Setelah kembali ke Indonesia pada 1996, ia kemudian dinobaklan sebagai Perenang Terbaik di Pekan Olahraga Nasional XIV. Di tahun yang saa, ia berhasil meraih medali Emas pada ajang Janet Evans Invitational di Los Angeles. Ia juga berpartisipasi dalam All American oleh National Junior College pada tahun 1996 hingga 1997 dan All American oleh NCAA II pada 1998 hingga 1999. Terakhir, ia meraih Juara Dunia untuk berenang sejauh 50 meter dengan gaya kupu-kupu pada ajang FINA World Grand Prix Short Course yang digelar pada tahun 2000.

Non-olahraga[sunting | sunting sumber]

Wisnu Wardhana tidak hanya berprestasi di dunia renang, namun juga di bidang akademik. Wisnu lulus dari Universitas Internasional Salem di Virginia Barat, Amerika Serikat dengan gelar B.Sc. dari jurusan Bisnis Internasional. Ia langsung mendapatkan pekerjaan sebagai Investment Banker di Wall Street, New York dan Atlanta. Setelah selesai berkarier di Amerika, Wisnu langsung kembali ke Indonesia dan melanjutkan kariernya sebagai bankir professional di sebuah bank di Indonesia.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Wisnu mendirikan JakartaQuatics Swim School pada tahun 2004, yang kemudian melakukan penggabungan/merger dengan Antasena swimming pada tahun 2010 dan sekarang menjadi JAQ Swimming.

Selain kesibukan sebagai seorang bankir, Wisnu juga masih sempat mengembangkan minat di dunia renang sebagai Executive Head Coach di JAQ Swimming, dan masih aktif mengikuti kejuaraan Internasional serta mengembangkan dan memperkenalkan olahraga renang kepada masyarakat umum melalui INAMasters (International Aquatic Masters). Wisnu juga aktif mengkampanyekan gerakan "student-athlete" kepada para atlet nasional yang pada umumnya cenderung meninggalkan bangku pendidikan demi prestasi olahraga.

Referensi[sunting | sunting sumber]