Wiser.org

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wiser.org logo

Wiser.org, yang sebelumnya bernama WiserEarth, adalah ruang komunitas online untuk pergerakan sosial dan lingkungan[1]. Wiser.org melacak kegiatan lembaga nirlaba di berbagai belahan dunia[2]. Situs ini memetakan dan menghubungkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), lembaga bisnis, pemerintah, grup, dan individu yang mengangkat isu-isu global seperti perubahan iklim, kemiskinan, lingkungan, perdamaian, air, kelaparan, keadilan sosial, konservasi, Hak Asasi Manusia (HAM), dan lain-lain. WISER adalah akronim dari World Index of Social and Environmental Responsibility (Index Dunia untuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan). Wiser.org adalah program utama lembaga nirlaba WiserEarth, yang sebelumnya dikenal dengan nama Natural Capital Institute[2],[3].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Wiser.org diluncurkan sebagai WiserEarth.org pada Hari Bumi (22 April) 2007 sebagai sebuah direktori online yang terdiri atas lebih dari 100.000 organisasi yang tersentuh oleh buku karangan Paul Hawken, Blessed Unrest[4]. Pengarang buku ini memiliki banyak koleksi kartu nama dari ribuan organisasi, tetapi tidak memiliki direktori komprehensif yang terdiri atas seluruh organisasi nirlaba yang terlibat dalam sektor keadilan sosial dan lingkungan. Dengan perkiraan bahwa jumlah organisasi tersebut berkisar lebih dari satu juta [5], Hawken mendirikan WiserEarth.org sebagai sebuah direktori online untuk membantu memetakan pekerjaan yang telah dilakukan oleh organisasi-organisasi tersebut. Kini, WiserEarth.org, yang telah berubah nama menjadi Wiser.org, memiliki fitur tambahan, yaitu fitur jejaring sosial, seperti grup[6] dan sarana pengiriman pesan, untuk meningkatkan kemungkinan kolaborasi antarorganisasi. Walaupun Application Programming Interface (API) dan konten-nya telah dilisensi untuk penggunaan non-komersial (lihat di bawah), Wiser.org telah memperlebar direktori organisasinya untuk mencakup bisnis berlaba dan agen pemerintah.

Fakta dan gambaran[sunting | sunting sumber]

Sejak September 2009, Wiser.org menyediakan sebuah direktori yang terdiri atas lebih dari 110.000 organisasi di seluruh dunia [7], lebih dari 64.000 anggota terdaftar[8], dan lebih dari 2.800 grup[9], dengan konten yang diorganisasikan dalam 46 area fokus dan 381 sub-area[10]. WiserEarth sekarang dapat diakses dalam bahasa-bahasa berikut: Bahasa Indonesia, Inggris, Italia, Prancis, Jerman, Mandarin,Portugis dan Spanyol.

Direktori WiserEarth[sunting | sunting sumber]

Direktori Wiser.org dikelompokkan berdasarkan daftar utama dari isu-isu yang "dijalin" sedemikian sehingga anggota terdaftar dapat menyunting "koneksi" tiap isu terhadap organisasi, referensi, lowongan, acara, dan grup. Website tersebut memiliki komponen sarana grup dan jaringan sosial, termasuk "Peta Jaringan" visual. Sebuah "Form solusi" memungkinkan pengguna untuk mengemukakan permasalahan sosial dan lingkungan yang serius dan menawarkan solusi untuk menanggulanginya. Solusi tersebut kemudian menjadi sebuah entitas bernama yang dapat dibagi, dimodifikasi, dan diimplementasikan di dunia nyata. Form solusi tersebut memiliki sebuah tempat untuk merekam hasil dan observasi. Tiap Solusi dilengkapi dengan halaman publikasi dan jaringan serta forum diskusi. Wiser.org juga menggunakan Peta Google yang diintegrasikan dengan data geografis. Website tersebut adalah proyek nirlaba dan dapat digunakan secara gratis oleh publik. Data di dalamnya dipublikasikan berdasarkan lisensi Creative Commons 3.0.

API WiserEarth[sunting | sunting sumber]

Sejak Juni 2009, Wiser.org menyediakan API bersifat Representational State Transfer (RESTful) yang dikembangkan berdasarkan lisensi Creative Commons 3.0. API Wiser.org memiliki akses ke basisdata "entitas" ekstensif seperti Organisasi, Grup, Lowongan, Acara, Referensi, dan Solusi. Selain itu, juga terdapat daftar Pertanyaan yang Sering Diajukan[11] yang diasosiasikan dengan API tersebut, serta Dokumentasi Pengembang[12].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Artikel Treehugger
  2. ^ a b "WiserEarth tracks the work of nonprofits around the world" by Elsa Wenzel cnet news, October 21, 2007
  3. ^ Tentang WiserEarth
  4. ^ Hawken, P. (2007). Blessed Unrest: How the Largest Movement in the World Came into Being and Why No One Saw It Coming. Viking Press. ISBN 978-0-670-03852-7
  5. ^ MetropolisMag.com - Blessed Unrest
  6. ^ [1] Beth's Blog - How Nonprofits Can Use Social Media
  7. ^ "Paul Hawken Speaks about Social Change:The New Global Movement" by Felicia M. Tomasko Santa Barbara Independent, Thursday, May 10, 2007
  8. ^ WiserEarth Members
  9. ^ WiserEarth Groups
  10. ^ WiserEarth Areas of Focus page
  11. ^ WiserEarth API FAQ
  12. ^ WiserEarth API Documentation

Pranala luar[sunting | sunting sumber]