Wirausaha Muda Mandiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Wirausaha Muda Mandiri atau Wirausaha Mandiri yang umum disingkat WMM merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia, yang fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. Pelaksanaan program ini dilatarbelakangi dari keprihatinan Bank Mandiri terhadap besarnya jumlah pengangguran di Indonesia, terutama dari kalangan generasi muda.[1] Program Wirausaha Muda Mandiri bertujuan untuk mengubah pola pikir mahasiswa maupun kaum muda lainnya agar mau melakukan kewirausahaan, sehingga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada ketersediaan lapangan kerja [2]. Program Wirausaha Muda Mandiri meliputi penghargaan, workshop, beasiswa, dan modul kewirausahaan.[3]

Wirausaha Muda Mandiri

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Wirausaha Mandiri bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada generasi yang telah berwirausaha dan menjadikan wirausaha muda sebagai ikon generasi muda yang sukses dan beretika. Penghargaan Wirausaha Mandiri dilaksanakan rutin setiap tahun sejak tahun 2007.

Workshop[sunting | sunting sumber]

Workshop Wirausaha Mandiri bertujuan guna memberikan pengetahuan aplikatif dari wirausahawan yang telah sukses dan berpengalaman di bisnisnya kepada mahasiswa supaya mahasiswa terdorong untuk berwirausaha & membuka lapangan kerja. Workshop Wirausaha Mandiri telah dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi, diantaranya Universitas Sumatera Utara, Universitas Sriwijaya, ITB, Universitas Negeri Semarang, Universitas Airlangga, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Makassar, Universitas Cenderawasih, Universitas Negeri Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, UIN Syarif Hidayatullah, dan Universitas Atmajaya.[4]

Beasiswa[sunting | sunting sumber]

Beasiswa Wirausaha Mandiri adalah bentuk apresiasi Mandiri kepada mahasiswa yang berani menjadi wirausahawan. Beasiswa ini melibatkan akademis yang diwujudkan melalui kerjasama Mandiri dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Modul kewirausahaan[sunting | sunting sumber]

Penyusunan modul kewirausahaan diharapkan dapat diterapkan dalam perkuliahan di perguruan tinggi guna menumbuhkan semangat entrepreneurships di mahasiswa demi melahirkan generasi kreator lapangan kerja. Telah dilaksanakan penyerahan paket modul kewirausahaan oleh Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Muhammad Nuh kepada 57 rektor perguruan tinggi se-Indonesia di Makassar pada 15 Februari 2010.

Buku[sunting | sunting sumber]

  • Wirausaha muda mandiri (2010)[5]
  • Wirausaha muda mandiri - part 2 (2011)[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]