Wiranatakusumah IV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
R. Wiranatakusumah IV (Dalem Bintang)

Raden Adipati Aria Wiranatakusumah IV atau Dalem Bintang (terlahir Raden Suria Kartadiningrat) adalah Bupati Bandung sejak tahun 1846 hingga tahun 1874. Ia adalah putra keempat dari Wiranatakusumah III, bupati sebelumnya yang meletakkan jabatan karena merasa kesehatannya tidak memungkinkan lagi untuk meneruskan pemerintahan.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Sebelum diangkat menjadi Bupati Bandung, Raden Suryakarta Adiningrat memegang jabatan Kumetir Cianjur. Setelah menjadi bupati, ia digelari demikian sesuai dengan besluit Gouvernement No 3 ping 25 Agustus 1857.

Peristiwa yang menarik pada masa pemerintahan Wiranatakusumah IV adalah pengembangan Ibu kota Kabupaten Bandung yang semakin ramai. Undang-undang Agraria dan dampaknya serta Reorganisasi Priangan, dan struktur pemerintahan yang semakin mantap.

Selama pemerintahan dipegang olehnya ibu kota Kabupaten Bandung berkembang pesat dan ia dikenal sebagai Bupati yang progresif. Dialah peletak dasar MASTERPLAN 1850 Kabupaten Bandung, yang disebut Negorij Bandoeng. Tahun 1850 dia mendirikan pendopo Kabupaten Bandung dan Mesjid Agung. Kemudian pada tahun 1866 dia memprakarsai pembangunan sekolah Guru (Kweekschool) atau sekolah RAJA dan mendirikan sekolah untuk para menak atau OSVIA (Opleiding School Voor Indische Ambtenaren).

Atas Jasa-jasanya dalam membangun Kabupaten Bandung disegala bidang ia mendapatkan penghargaan dari pemerintah Hindia Belanda serupa Bintang Jasa, sehingga masyarakat menjulukinya dengan sebutan Dalem Bintang.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
R. Wiranatakusumah III
Bupati Bandung
18461874
Diteruskan oleh:
R.A. Kusumahdilaga