Windows on Windows

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Win16 on Win32 atau Windows on Windows (disingkat menjadi WoW) adalah sebuah komponen dalam sistem operasi Windows NT yang mengizinkan aplikasi-aplikasi 16-bit yang sebelumnya berjalan di atas Windows 3.x dan Windows for Workgroups dapat berjalan dengan baik di atas sistem operasi Windows NT yang merupakan sistem operasi 32-bit.

Seperti halnya aplikasi MS-DOS, aplikasi Windows 16-bit (atau aplikasi Win16) juga dapat berjalan di atas Windows NT sebagai anak proses dari Windows NT Virtual DOS Machine (NTVDM.EXE), yang mampu melakukan simulasi terhadap lingkungan kerja 16-bit yang dibutuhkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut agar dapat berjalan. Akan tetapi, setiap aplikasi MS-DOS membutuhkan NTVDM-nya sendiri-sendiri masing-masing, sementara semua aplikasi Win16 menggunakan satu buah NTVDM yang sama, yang disebut sebagai WoW yang berkorespondensi dengan program WoWexec.exe.

NTVDM memiliki dua modus operasi, yakni operasi single-thread dan operasi multi-thread. Operasi single-thread dilakukan saat Windows NT menjalankan aplikasi MS-DOS, sementara operasi multi-thread dilakukan saat Windows NT menjalankan aplikasi Win16 dengan menggunakan beberapa thread terpisah tapi menggunakan ruangan alamat yang sama. WoW juga dapat mensimulasikan lingkungan multitasking secara kooperatif, agar aplikasi yang ditulis untuk Windows 3.1 dapat berjalan dengan baik. Meskipun demikian, WoW hanya mengizinkan satu buah aplikasi Win16 untuk berjalan dalam satu waktu, sehingga memblokir semua thread milik aplikasi Win16 lainnya hingga aplikasi yang berjalan tersebut mengembalikan kontrol kepada kernel. Jika memang kernel Windows NT harus menghentikan sementara aplikasi Win16 dengan cara menghentikan sementara WoW, maka kernel akan melanjutkan aplikasi Win16 yang sama.

WoW juga menangani translasi pesan dan application programming interface (API) Windows 16-bit menjadi pesan dan API Windows 32-bit, sehingga mengizinkan interoperabilitas antara aplikasi 16-bit dan 32-bit di dalam platform Windows NT.

WoW juga tersedia dalam versi 64-bit, yang hanya terdapat di dalam Windows 64-bit, seperti Windows XP Professional x64, Windows Server 2003 x64 dan semua versi Windows x64 lainnya, yang disebut sebagai WoW64. Akan tetapi, Windows versi x64 tersebut tidaklah mengandung WoW16 (dan tentunya NTVDM) sehingga versi-versi tersebut tidak dapat menggunakan aplikasi Windows 16-bit atau aplikasi MS-DOS.

WoW akan berjalan secara otomatis saat aplikasi Windows 16-bit atau aplikasi MS-DOS dijalankan di atas sistem operasi Windows NT.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]