Windows Sidebar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Windows Sidebar (disebut sebagai "Windows Desktop Gadgets" pada Windows 7) adalah mesin perkakas (Widget Engine) Microsoft Gadgets, yang diletakkan di pinggir layar desktop windows. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista dan dapat melakukan berbagai jenis operasi, seperti menampilan waktu, tanggal, pemanfaatan CPU, dan lain-lain. Beberapa jenis perkakas ini telah disediakan bersama distribusi WIndows, namun siapapun bisa membuat dan menambahkan perkakas-perkakas lainnya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Windows Sidebar terdiri atas sejumlah aplikasi mini atau disebut sebagai gadget berbasis kombinasi atas skrip dan HTML. Kombinasi tersebut digunakan untuk menampilkan informasi seperti halnya waktu sistem, dan fitur-fitur lainnya yang memanfaatkan keberadaan internet seperti menampilkan unduhan file RSS, dan mengontrol aplikasi eksternal seperti Windows Media Player. Gadget-gadget tersebut dapat dilabuhkan pada Windows Sidebar, atau dapat pula ditampilkan dalam posisi mengambang pada layar. Selain itu pula beberapa gadget yang sama dapat berjalan secara bersamaan.[1]

Windows Vista membawa serta delapan macam gadget siap pakai. Gadget-gadget tersebut adalah: Calendar, Clock, Contact, CPU Meter, Currency conversion, RSS Feed Headlines, Notes, Picture Puzzle, Slide Show, Stocks, dan Weather. Dari gadget-gadget tersebut, Clock, Slide Show, dan Feed Headlines merupakan gadget standar yang ditampilkan pada setiap instalasi baru Windows Vista. Microsoft menyediakan tautan ke situs web yang disebut sebagai Windows Live Gallery sebagai tempat mengunduh gadget-gadget lain yang telah dibuat oleh pihak ketiga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sidebar berawal dari proyek Microsoft Research yang dinamakan Sideshow (dalam ini pengertian SideShow tidak sama dengan Windows SideShow) yang dikembangkan pada musim panas tahun 2000, dan digunakan oleh Microsoft secara internal.[2] Sideshow banyak memiliki kemiripan dengan perangkat lunak desktop gadget saat ini, termasuk dalam hal ini gadget jam, laporan lalu lintas, dan integrasi Instant Messenger (IM).

Side bar pertama kali muncul pada versi "Longhorn" (Windows Vista) awal september 2002, dan ditujukan sebagai pengganti area notifikasi pada Taskbar (Quick Lauch) yang terdapat di Windows, namun rencana tersebut akhirnya dibatalkan pada pertengahan tahun 2004.[3] Windows Sidebar akhirnya dibuat ulang dan muncul kembali di Windows Vista pada pertengahan tahun 2005.

Beberapa pengamat dan fanatik Macintosh mendapati kemiripan baik fungsi maupun bentuk antara Microsoft Sidebar dengan Yahoo! Widgets, dan widget dasbor yang disertakan pada komputer Mac OS X, yang telah dirilis beberapa bulan lebih awal. Namun patut dicatat dalam hal ini bahwa Windows Sidebar sebelumnya telah muncul pada Longhorn jauh sebelum Yahoo! Widget dan Dasborad membuat debut pertama mereka.

Pada Windows 7, nama Windows Sidebar diubahsuai menjadi Windows Desktop Gadgets, dan keberadaan sidebar itu sendiri pada Windows 7 telah dihilangkan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Windows Sidebar". Microsoft Corporation. Diakses 2008-09-18. 
  2. ^ "A Brief History of Windows Sidebar". Microsoft. September 15, 2005. Diakses 2007-06-03. 
  3. ^ Thurrott, Paul (2002-11-13). ""Longhorn" Alpha Preview". Windows SuperSite. Diakses 2008-08-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]