Williardi Wizard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Williardi Wizard
Kepala Kepolisian Resor Jakarta Selatan
Masa jabatan
- – -
Sebelum
Pendahulu
-
Pengganti
-
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir22 Maret 1960 (umur 64)
Sibolga, Sumatera Utara
Alma materAkademi Kepolisian (1984)
PekerjaanPolisi
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Kombes. Pol. Williardi Wizard (lahir 22 Maret 1960) adalah seorang perwira menengah Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Ia pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jakarta Selatan.[1]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Williardi Wizard yang lahir di Sibolga pada 22 Maret 1960 itu merupakan putra dari perantau Minangkabau asal Kampuang Dusun II, Jorong Cacangtinggi, Tiku Utara, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatera Barat, yang bermukim di Sibolga, Sumatera Utara. Namun masa kecilnya banyak dihabiskan di Tanjuangaua, Balai Gadang, Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat, ketika ibunya mengajar di SD Negeri Tanjungaua (sekarang SDN No 16 Balaigadang), Padang, dan di Tiku pada tahun 70-an.

Karena kepeduliannya pada kampung halaman, Williardi yang akrab dipanggil Willy itu diangkat menjadi penghulu kaum suku Jambak di kampungnya, Tiku, Agam.

Williardi menikah dengan seorang wanita bernama Novarina, saat ini statusnya bercerai.[2]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Williardi menempuh pendidikan dasar di SD Negeri Tanjungaua (sekarang SDN No 16 Balaigadang) pada tahun 70-an, tetapi tidak sampai tamat karena ia pindah ke Tiku. Di kampung halamannya inilah Williardi menamatkan SD dan SMP, dan kemudian pindah ke Jakarta meneruskan pendidikan ke jenjang SMA. Setelah tamat SMA, Wiliardi masuk ke Akademi Kepolisian (Akpol) yang berhasil diselesaikannya pada tahun 1984.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjabat Kapolres Jakarta Selatan, Williardi Wizar pernah bertugas di Sumatera Barat sebagai Kasat Serse Kapolresta Padang (sekarang Poltabes Padang) sekitar tahun 1995, serta Wakapolres Pesisir Selatan dan tak lama kemudian ia dipercaya menjabat Kepala Bidang (Kabid) Telematika Polda Sumbar.

Kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen[sunting | sunting sumber]

Williardi Wizard menjadi perhatian publik karena namanya dikaitkan dalam kasus pembunuhan Direktur PT. Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen. Dalam persidangan ia dengan berani mencabut semua pernyataannya di BAP terhadap penahanan Antasari Azhar yang dituduh sebagai otak pembunuhan Nasrudin. Williardi mengungkap semua dibuat atas dasar rekayasa dan di bawah tekanan penyidik polisi.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Williardi Akui Dapat Petunjuk Atasan, Antasari Terharu Diarsipkan 2013-08-25 di Wayback Machine. KOMPAS.com, 10 November 2009. Diakses 17 Agustus 2013.
  2. ^ Istri Williardi: "Ini Semua Rekayasa!"[pranala nonaktif permanen] TABLOIDNOVA.COM, 11 Februari 2010 Diakses 17 Agustus 2013.
  3. ^ Inilah Kesaksian Williardi yang Menghebohkan Itu! KOMPAS.com, 10 November 2009. Diakses 17 Agustus 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]