William Thomas Green Morton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

William Thomas Green Morton (lahir 9 Agustus 1819 – meninggal 15 Juli 1868 pada umur 48 tahun) bertanggung jawab atas pertunjukan umum pertama yang berhasil untuk eter sebagai anestesi penghirupan. Banyak orang yang menganggapnya "penemu dan pengungkap" anestesi. Namun, ia bukan orang pertama yang menggunakan eter untuk anestesi pembedahan - Crawford Williamson Long menggunakan eter beberapa tahun sebelumnya namun tak menerbitkan atau memopulerkan pemakaiannya hingga pertunjukan umum Morton. Kepandaian Morton ialah faktor kunci dalam pencarian medis dan ilmiah yang kini kita sebut anestesiologi dan memungkinkan pengembangan pembedahan modern.

Lahir di Charlton, Massachusetts, awalnya William Morton seorang dokter gigi. OrTunya ialah Edward J. Morton dand Alice T. Holtorf. Ia belajar dengan Horace Wells di Hartford, Connecticut. 2 tahun kemudian menjadi mitra. Morton memutuskan meninggalkan profesinya sebagai dokter gigi untuk belajar kedokteran di Harvard.

Pada 30 September 1846, Morton mempertunjukkan pencabutan gigi tanpa rasa sakit setelah meyuntikkan eter kepada pasien. Prosedur ini menimbulkan penyusunan demonstrasi 16 Oktober 1846 yang kini terkenal di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Pada pertunjukan ini Dr. John Collins Warren menghilangkan tumor dari leher Tn. Abbott tanpa rasa sakit. Menyusul demonstrasi ini Morton mencoba menyembunyikan identitas bahan yang telah dihirup Abbott (eter). Ia menyebutnya sebagai "letheon". Ia cenderung mempatenkan bahan itu dan mendapatkan keuntungan dari menggunakannya. Namun dengan cepat “letheon” dikenal sebagai eter, dan ini terjadi setelah digunakan di Amerika Serikat dan Eropa. Morton menerima paten untuk eter di AS namun tak pernah menerima royalti apapun.

Film Paramount Pictures tahun 1944 "The Great Moment", ditulis/disutradarai oleh Preston Sturges, dibuat berdasarkan kehidupan W. T. G. Morton.