William Murphy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

William Parry Murphy (Stoughton, Wisconsin, 6 Februari 18929 Oktober 1987) adalah seorang dokter Amerika Serikat yang dianugerahi Nobel Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1934 bersama George R. Minot dan George Whipple untuk karya gabungan dalam merancang penanganan untuk anemia makrositik.

Murphy lahir pada tanggal 6 Februari 1892 di Stoughton (Wisconsin). Ia menempuh pendidikan di sekolah negeri yang ada di Wisconsin dan Oregon. Ia meraih gelar A.B. pada tahun 1914 dari University of Oregon. Meraih gelar dokter pada tahun 1922 dari Harvard Medical School.

Pada tahun 1924, Murphy membuat sekelompok anjing berdarah untuk membuatnya menderita anemia, dan kemudian memberinya sejumlah zat dan mengukur kemajuannya. Ia menemukan bahwa penghirupan sejumlah besar hati nampaknya dapat menyembuhkan penyakit itu. George Richards Minot dan George H, Whipple kemudian mulai bekerja mengisolasi zat penyembuh secara kimiawi dan akhirnya bisa mengisolasi vitamin B12 dari hati.

Murphy menikah dengan Pearl Harriett Adams pada tanggal 10 September 1919. Mereka memiliki seorang putera, Dr. William P. Murphy, Jr. dan seorang puteri, Priscilla Adams.