William III dari Cagliari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

William III, dari Istana Massa, merupakan seorang Giudice Cagliari yang terakhir, yang memerintah dengan nama tahta Salusio VI dari tahun 1256 sampai penurunannya dari tahta pada tahun 1258. Ia juga dikenal sebagai Guglielmo Cepolla atau Cipolla.

Ia adalah keponakan Torchitorio V dan keponakan Salusio V. Setelah pembunuhan mantan pemimpin, ia diumumkan Giudice, namun ia segera mengikuti pendahulunya di dalam sebuah kebijakan yang menguntungkan Republik Genoa atas dan terhadap pretensi dari Republik Pisa. Pada tahun 1258, pengaruh orang-orang Pisa di dalam wilayah — Gherardeschi, Para Pangeran Donoratico; William dari Capraia, bertindak sebagai Giudice Arborea; dan John Visconti, Giudice Gallura — menyerang Cagliari. Mereka menguasai kastil Castro dan menduduki Santa Igia, yang tidak menerima bantuan dari Genoa dan akhirnya hancur dan penduduk terpaksa melarikan diri dari dalam.

William digulingkan dan giudicato-nya dibagikan di antara para penguasanya: barat laut ketiga, Giudicato Agugliastra yang kuno, ke Gallura; pusat dimasukkan ke Arborea; dan wilayah Sulcis dan Iglesiente (barat) diberikan kepada Ugolino della Gherardesca.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Boscolo, A. "Chiano di Massa, Guglielmo Cepolla, Genova e la caduta del giudicato di Cagliari (1254–1258)." Miscellanei di storia ligure. IV (1966), pp 7–18.


Didahului oleh:
Torchitorio V
Giudice Cagliari
12561258
Diteruskan oleh:
Tidak ada