William H. Stein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
William Howard Stein
Lahir 25 Juni 1911
Meninggal 2 Februari 1980 (umur 68)
Bidang biochemistry
Institusi Rockefeller University
Alma mater Harvard University, Columbia University
Penghargaan Hadiah Nobel dalam Kimia (1972)

William Howard Stein (lahir di New York City, 25 Juni 1911 – meninggal di New York City, 2 Februari 1980 pada umur 68 tahun) adalah ilmuwan Amerika Serikat. Kedua orangtuanya sangat aktif dalam urusan masyarakat setempat dan mendesak William mempelajari kedokteran. Stein lulus dari Harvard pada 1933, mengambil kimia sebagai mata pelajaran utama, dan memutuskan melanjutkan pelajaran tingkat sarjananya di Harvard. Setelah setahun, bagaimanapun, Stein pindah ke Jurusan Biokimia di Universitas Columbia di New York City.

Pada 1937, setelah menamatkan sekolahnya, Stein pergi ke Institut Rockefeller untuk Riset Kedokteran di laboratorium Max Bergmann. Stein menganggap Bergmann salah satu ahli kimia protein terbesar dalam abad itu. Selama waktu ini, Stein dan kolaborator Stanford Moore mulai mempelajari komposisi protein asam amino. Mereka devised sebuah cara untuk memisahkan asam amino menggunakan bentuk zat tepung kentang. Dari analisis inilah mereka memulai risetnya pada susunan ribonuklease asam amino. (Ribonuklease ialah enzim/protein yang mempercepat reaksi kerusakan RNA dalam komponen yang lebih kecil. RNA menyalin informasi genetika dari DNA dan kemudian mengubahnya ke dalam protein untuk tubuh buat digunakan). Setelah tahun-tahun riset berdedikasi, Stein dinaikkan pada kegurubesaran di Institut ini pada 1954.

Stein merupakan anggota beberapa masyarakat ilmiah yang memiliki hak istimewa termasuk National Academy of Science, American Chemical Society, dan American Association for the Advancement of Science. Antara 1958-1961, ia merupakan ketua Komite Editorial Journal of Biological Chemistry dan dipilih sebagai editor dari 1968-1971, saat ia mundur karena penyakit.

William Stein menerima Hadiah Nobel Kimia pada 1972 bersama dengan Christian B. Anfinsen dan Stanford Moore untuk penelitian mereka yang melibatkan ribonuklease. Mereka melanjutkan pengertian dunia tentang susunan kimia dan asam amino pada ribonuklease enzim molekul.

Stein meninggal pada 2 Februari 1980, di New York.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]