William David Ross

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
bendera Skotlandia tempat kelahiran William David Ross


William David Ross seorang filsuf Skotlandia yang dikenal dalam pemikiran etika.[1] Ia lahir di Thurso, Caithness di utara Skotlandia.[1] Enam tahun kehidupannya ia jalani sebagai seorang anak India Selatan.[1] Ia belajar di Universitas Edinburgh.[1] Ia menyelesaikan studinya di universitas Balliol, Oxford dan memperoleh jabatan dosen di universitas Oriel pada tahun 1900.[1] Karyanya paling terkenal adalah Hak dan kebaikan dan ia juga dikenal dalam mengembangkan pluralisme, bentuk deontologis etika intuisionis dalam menanggapi intuisionisme G. E. Moore.[2] Ross juga menerjemahkan sejumlah karya Aristoteles, dan menulis mengenai filosofi Yunani.[2] William David Ross adalah seorang realis moral, non-naturalis, dan intuisionis.[2] Ross berpendapat bahwa ada kebenaran moral di dalam alam semesta.[2] Menurut Ross, klaim bahwa sesuatu yang baik adalah benar jika sesuatu tersebut benar-benar baik.[2] Ross menolak etika konsekuensialis Moore.[2] Menurut teori konsekuensialis, apa yang harus dilakukan hanya ditentukan oleh apakah tindakan mereka akan membawa yang paling baik.[2] Sebaliknya, Ross berpendapat bahwa memaksimalkan yang baik hanya satu dari beberapa kewajiban yang berperan dalam menentukan apa yang harus dilakukan seseorang dalam kasus tertentu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris)Lawrence C. Becker, dkk. 2001. Encyclopedia of Ethics volume H-O. New York: Gorland Publishing. pg. 1520-1521.
  2. ^ a b c d e f g h (Inggris)Steven M. Cahn and Peter Markie. 2006. Ethics: History, Theory, and Contemporary Issues. New York: Oxford University Press. pg. 429-438.