Guillaume IX dari Poitiers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Guillaume IX
Comte Poitiers
Berkuasa17 Agustus 1153 – April 1156
PendahuluHenry II, Raja Inggris
PenerusLowong (kemudian Otto IV, Kaisar Romawi Suci)
Informasi pribadi
Pemakaman
Biara Reading, Berkshire
WangsaWangsa Plantagenet
AyahHenry II, Raja Inggris
IbuAliénor dari Aquitaine

Guillaume IX (lahir 17 Agustus 1153 – meninggal di Berkshire, Inggris, Juni 1156 pada umur 2 tahun) merupakan putra pertama Henry Plantagenet (yang kemudian menjadi Henry II dari Inggris) dan Aliénor dari Aquitaine, uniknya ia lahir pada hari yang sama ketika saingan ayahandanya, Eustache IV dari Boulogne meninggal.

Guillaume adalah adik tiri (dari pihak ibundanya) Marie de Champagne dan Alix dari Prancis. Ia adalah kakanda Henry dari Inggris, Mathilde dari Inggris, Richard I dari Inggris, Geoffroy II dari Bretagne, Leonor dari Inggris, Giuvanna dari Inggris dan Johan dari Inggris.

Guillaume meninggal pada usia tiga tahun di Kastil Wallingford, dan dimakamkan di Biara Reading di kaki kakek buyutnya Henry I.

Pada saat kematiannya, Guillaume telah mendapatkan gelar Comte Poitiers. Selama seratus tahun, Adipati Aquitaine telah menerima gelar ini sebagai salah satu gelar minornya, jadi gelar itu telah diberikan pada Leonor oleh ayahandanya; menyerahkan gelar tersebut pada anaknya menjadi kebangkitan kembali gelar tersebut serta memisahkannya dari kekuasaan. Beberapa wewenang menyatakan bahwa ia juga bergelar "Uskup Besar York", tetapi diduga hal itu tidak benar. Kakak tirinya yang lahir di luar nikah Geoffroy dari York (meninggal 1212), yang lahir pada bulan yang sama dengan Guillaume, kemudian merebut kantor kekuasaan yang menyebabkan kekacauan.

Silsilah keluarga[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Guillaume IX dari Poitiers
Lahir: 17 Agustus 1153 Meninggal: April 1156
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Henry II dan Aliénor
Comte Poitiers
1153–1156
Diteruskan oleh:
Henry II dan Aliénor