Willem Bastiaan Tholen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret diri (1914)

Willem Bastiaan Tholen (13 Februari 1860 – 5 Desember 1931) merupakan pelukis, juru gambar, dan pembuat grafis asal Belanda dengan beberapa koneksi ke anggota Sekolah Den Haag dan kemudian terkait dengan gerakan Impresionisme Amsterdam.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ketika Tholen berusia lima tahun, keluarganya pindah ke Kampen. Di sana ia menjadi ramah dengan Jan Voerman muda dan mereka memasuki akademi Amsterdam bersama pada tahun 1876. Tholen memperoleh sertifikat kemahirannya dalam waktu satu tahun, pada gilirannya mendaftar di Sekolah Politeknik di Delft, di mana ia menghadiri kelas menggambar selama dua tahun. Setelah menyelesaikan studinya di sana pada tahun 1878 dengan sertifikat mengajar sekolah menengah, ia bekerja sebagai instruktur menggambar di sekolah menengah malam di Gouda.

Dia menghabiskan tiga bulan di Brussel di studio Paul Gabriël, dari siapa dia menerima instruksi nyata pertamanya dalam melukis. Pada tahun-tahun berikutnya, saran Gabriel sangat penting bagi Tholen, karena mereka bekerja bersama di udara terbuka selama banyak musim panas di dekat Kampen dan Giethoorn, di antara tempat-tempat lain. Di Gouda (1878-9) dan Kampen (1880-1885) ia mengajar seni menggambar untuk mendukung dirinya sendiri tetapi setelah 1885 berkonsentrasi sepenuhnya pada karyanya sendiri.

Pada tahun 1885 Willem Witsen mengundang Tholen untuk mengunjungi rumah pedesaan keluarganya di dekat Baarn, di mana orang-orang sezaman mereka, George Hendrik Breitner dan Anton Mauve sering menjadi tamu. Dari 1887 ia tinggal di Den Haag, di mana ia menjadi ramah dengan pelukis lain dari sekolah Den Haag. Dia mengambil bagian aktif dalam kehidupan artistik Den Haag dan menjadi anggota Pulchri Studio.

Tholen membangun reputasinya di Den Haag dengan pemandangan pedesaan di sekitar Kampen dan pemandangan hutan di dekat Baarn. Dia juga sering melukis pemandangan Den Haag, hutan Scheveningen dan serangkaian interior di mana jendela biasanya memberikan pemandangan luar: taman, jalan yang diterangi oleh sinar matahari, atau atap kota yang dikelompokkan secara berirama. Dia melukis perahu nelayan di pantai di Scheveningen, tetapi berbeda dengan Jacob Maris (yang sangat dia kagumi), Tholen tidak menggunakan laut yang sunyi sebagai latar, melainkan desa yang ramai. Dia menggunakan hiruk-pikuk kota lebih sering sebagai tema daripada yang umumnya terjadi di Sekolah Den Haag, menggambarkan mata pelajaran seperti lokasi konstruksi, rumah jagal, pemotong batu dan penggalian pasir dan kapten tongkang pasir di kanal antara Den Haag dan Scheveningen .

Istri keduanya adalah kolektor rumah boneka Lita de Ranitz; mereka menikah pada tahun 1919, dan dia menciptakan karya seni kecil untuk koleksinya.[1]

Lukisan[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The world behind a dolls house". The Hague Online (dalam bahasa Inggris). 2018-02-21. Diakses tanggal 2020-08-10.