Wilhelm dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wilhelm, Adipati Austria)
Langsung ke: navigasi, cari

Wilhelm, Adipati Austria (sekitar 1370 – 15 Juli 1406)[1], dikenal sebagai yang Ambisius, Adipati Austria Dalam, merupakan seorang anggota dan kepala keluarga Wangsa Leopoldinian, pemimpin Kärnten, Stiria dan Carniola.

Ia dilahirkan di Wina dan merupakan putra sulung Adipati Leopold III dan istrinya Verde Visconti dan memerintah di Kärnten, Stiria dan Carniola.

Petunangannya dengan Jadwiga dari Polandia, putri bungsu raja negara tetangga, merupakan salah satu upaya Wangsa Habsburg untuk mengembangkan pengaruh kekuasaan mereka di Eropa Tengah bagian Timur dengan menikahkan pewaris, suatu praktek yang meningkatkan frasa Bella gerant alii: tu felix Austria nube (Biarkan yang lain berperang: bangsa Austria yang berbahagia, menikah). Minat Wilhelm untuk memiliki wilayah Hongaria yang dijanjikan oleh ayah Jadwiga Raja Ludwik I dari Hongaria, sebagai mas kawin untuk Jadwiga, mendapatkan kekuasaan bertetangga dengan Hongaria, dan bahkan kemungkinan ditingkatkan kekedudukan raja Hongaria karena Louis memiliki dua kerajaan, antara lain juga Polandia. Tokoh terkemuka Hongaria terkenal dengan memilih raja-raja dan tidak mengijinkan mereka untuk mewarisinya secara langsung.

Namun nasib membalikkan sebagian rencana tersebut, bahkan memberikan sebuah prospek yang lebih besar: Jadwiga terpilih sebagai ratu yang memerintah di Polandia, sebuah negara jauh ke utara Austria, dan dikonfirmasikan di dalam posisi tersebut pada tahun 1384. Wilhelm yang berusia 14 tahun ditolak karena dari sudut pandang rakyat Polandia, terdapat prospek pernikahan yang lebih pantas untuk Kaisarina Jadwiga yang berusia 11 tahun. Setelah pertunangan dibubarkan, Wilhelm menikahi sepupu Jadwiga Giovanna II dari Napoli dari Wangsa Kapetia dari Anjou (1373–1435) sebagai suami pertamanya, sebelum ia memerintah. Namun pernikahan tersebut tidak menghasilkan keturunan. Secara kontras, adik Wilhelm Ernst, Adipati dari tahun 1377 sampai 1424, melalui pernikahannya dengan seorang putri Wangsa Piast dari Warsawa, Cymbarka dari Masovia, menjadi leluhur dari seluruh Habsburg yang dari tahun 1440 sampai 1806 merupakan raja-raja Jerman dan Kaisar-kaisar Romawi Suci, dan kemudian Kaisar-kaisar Austria sampai tahun 1918.

Pada tahun 1394, setelah kematian sepupu pertamanya, Adipati Albrecht IV dari Austria Hilir, ia mencoba menguasai wilayah-wilayah Wangsa Albertinian ketika Albrecht V masih dibawah umur. Namun ia tidak pernah berhasil.

Wilhelm meninggal pada tahun 1406 di Wina. Ia dimakamkan di dalam katakomba Para Adipati di Wina, Katedral Santo Stefanus.

Didahului oleh:
Leopold III
Adipati Stiria, Kärnten dan Carniola
1386–1406
Digantikan oleh:
Ernst
Penguasa Tirol dan Austria Selanjutnya
1386–1406
Digantikan oleh:
Friedrich IV

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Early Habsburg". European Heraldry. Diakses 26 April 2011.