Wikipedia:Wikizine/Arsip/2008-98

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

id.Wikizine.org
Buletin berita internal independen untuk anggota komunitas Wikimedia

Terbaru | Arsip | Berlangganan Tahun 2008 Minggu 33 Nomor 98 Laporkan berita | Ruang redaksi

Berita teknis[sunting sumber]

Baru dan berguna

Sekarang kita dapat menggunakan kata magis __NOINDEX___ di suatu halaman, yang berguna untuk menginstruksikan suatu program penjelajah (spider) suatu mesin pencari agar tidak mengindeks halam tersebut. Cara ini memungkinkan agar halaman-halaman tertentu tidak ditampilkan oleh mesin pencari seperti Google.
Kata magis ini hanya akan bekerja di halaman-halaman dengan ruang nama utama atau dengan kata lain hanya pada artikel-artikel konten utama proyek.
Jadi di Wikipedia, kata magis ini tidak akan bekerja bila ditempatkan di artikel seperti Galileo Galilei. Ingat bahwa semua yang dapat menyunting halaman dapat memasukkan kata magis ini di suatu halaman. Sebagai catatan, sekarang ada juga kata magis __INDEX__ yang belum jelas kegunaannya.

Pengalihan ganda

Masalah ini telah lama ada, ketika suatu halaman dialihkan ke nama baru dan menyebabkan pengalihan ganda terjadi. Akibatnya, pengguna harus mengklik kembali di pranala pengalihan untuk melanjutkan ke halaman yang sesungguhnya dituju.
Sekarang telah tersedia sebuah fungsi "reparasi otomatis pengalihan ganda" ("double redirect fixer"). Fungsi ini bekerja di tingkat MediaWiki tapi berperilaku seperti bot. Beberapa saat setelah pemindahan terjadi, MediaWiki akan memeriksa apakah terjadi pengalihan ganda dan akan memperbaikinya secara otomatis. Secara default, koreksi akan dilakukan oleh Pengguna:Revisi pengalihan (Wikipedia bahasa Inggris: ') Suntingan-suntingan ini tidak akan muncul di perubahan terbaru.
Di Wikipedia bahasa Indonesia, terdapat beberapa kali perubahan nama pengguna ini. Pertama kali, menggunakan Pengguna:Redirect fixer, kemudian berubah menjadi Pengguna:Pengguna yang memperbaiki pengalihan, dan terakhir berubah Pengguna:Revisi pengalihan.
Nama "si pengguna" ini diset di MediaWiki:Double-redirect-fixer. Jika untuk alasan tertentu Anda tidak ingin sistem terlalu mencampuri urusan pengalihan ganda ini, Anda dapat menyisipkan kata magis __STATICREDIRECT__.

SetWiki

Baru-baru ini sebuah fungsi baru diaktifkan untuk menciptakan "kelompok pengguna global". Fungsi ini memungkinkan pembuatan kelompok baru yang dapat diberikan hak-hak tertentu (misalnya "Memberikan dan membatalkan status bot pengguna"). Para pengguna yang dimasukkan dalam kelompok tersebut akan memiliki hak pengguna secara global di seluruh proyek wiki Wikimedia.
Sebagian dari komunitas telah menyatakan ketidaksetujuannya untuk memberikan akses bagi pengguna eksternal di wiki lokal mereka masing-masing.
Untuk memecahkan masalah ini, opsi "SetWiki" diciptakan. Fungsi SetWiki memungkinkan suatu "kelompok global" untuk tidak dapat mengakses suatu proyek wiki tertentu, tergantung pada konsensus komunitas masing-masing. Sebaliknya, suatu komunitas dapat membuat konsensus untuk mengizinkan suatu "kelompok global" tertentu untuk aktif di wiki mereka.

Surat-e baru

Sebuah opsi baru di halaman Istimewa:Preferensi telah dihidupkan, untuk menginstruksikan sistem mengirimkan surat-e kepada Anda jika halaman pembicaraan Anda berubah.
Opsi ini sekarang tersedia di semua wiki, kecuali enwiki, eswiki, frwiki, plwiki, jawiki, ptwiki, ruwiki, zhwiki, itwiki, dan dewiki.

Mengunduh Wikipedia

Anda bebas mengunduh database dump seluruh wiki. Tapi hal ini belum tentu cocok untuk semua pengguna. Alternatifnya, Anda dapat juga mengunduh html-dump statis. Koleksi berkas-berkas html ini dapat diunduh ke komputer Anda, dengan memilih proyek wiki mana yang Anda inginkan. Dengan demikian, Wikipedia menjadi lebih mudah untuk dibawa ke tempat-tempat yang tidak memiliki sambungan internet, atau tempat-tempat di mana sambungan internet sangat mahal.

Dukungan Ogg di Firefox

Program penjelajah web Firefox yang cukup populer sekarang mendukung format-format media Ogg Vorbis dan Theora dalam versi eksperimental Firefox 3.1. Biasanya penjelajah web hanya dapat menampilkan gambar-gambar tanpa perlu program eksternal, namun untuk video dan audio biasanya Anda membutuhkan program eksternal atau sebuah plugin.
Proyek-proyek wiki Wikimedia Foundation menggunakan Ogg Theora dan Ogg Vorbis untuk rekaman video dan audionya. Tapi selain di Wikimedia, format ini jarang sekali digunakan di situs-situs web bagi pengguna akhir.

Proposal[sunting sumber]

Flood Flag

Sebuah proposal telah diajukan untuk membuat sebuah fungsi Opsis baru bernama "Flood Flag", yang mengijinkan pengguna untuk menyembunyikan suntingan repetitif di perubahan terbaru, sebagaimana status Bot.

Wikimedia Foundation[sunting sumber]

Lowongan pekerjaan

Saat ini dibuka lowongan untuk pekerjaan teknis. Beberapa di San Fransisco, dan ada di tempat-tempat lainnya.

Anggaran WMF

Anggaran pendapatan dan belanja untuk tahun fiskal WMF berikutnya telah tersedia, dengan USD 6 juta rencana pengeluaran dan USD 7,3 juta pemasukan. Dibandingkan dengan anggaran 2007/2008, anggaran ini telah meningkat jauh. Penerimaan beberapa karyawan baru, khususnya untuk fungsi-fungsi teknis, juga telah dianggarkan. Sebuah "FAQ" yang luas juga tersedia secara daring.

Komunitas[sunting sumber]

Wikinews EN

Wikinews bahasa Inggris telah mulai menerapkan sistem "Flagged Revisions". Komunitas sedang mengintegrasikan fungsi ini di prosedur publikasi mereka.

Memindahkan Halaman Utama

"Halaman Utama" biasanya sesungguhnya merupakan sebuah artikel di bawah ruang nama artikel (utama), yang dibuat pertama kali di semua wiki. Di hampir semua wiki yang telah lahir sebelum konsep ruang-ruang nama itu sendiri lahir. Di beberapa wiki, Halaman Utama telah dipindahkan ke ruang nama tersendiri. Wikipedia bahasa Jerman menggunakan ruang nama "Wikipedia:", sementara Swedia menggunakan "Portal:". Wikipedia bahasa Inggris juga tengah mendiskusikan mengenai hal ini.

Media[sunting sumber]

Wikipedia bahasa Ibrani

Sebuah surat kabar Israel mempublikasikan secara luas mengenai Wikipedia. Artikel ini menampilkan kisah Wikipedia dari sudut pandang (POV) Wikipedia bahasa Ibrani.

Statistik[sunting sumber]

布拉沃

Wikipedia bahasa Mandarin telah mencapai 200.000 artikel. Sehubungan dengan Olimpiade, Wikipedia bahasa Mandarin saat ini tidak diblokir oleh Pemerintah.

Berita lain[sunting sumber]

Wikimania 2008

Video dari Wikimania 2008 semakin banyak tersedia. WikipediaWeekly juga memiliki beberapa posting yang berkaitan dengan Wikimania.

Wikipedia.org

Pemungutan suara mengenai Wikipedia mana saja yang akan ditampilkan di ruang utama portal Wikipedia.org telah berakhir. Hasilnya adalah kriteria yang sangat simpel, dimenangkan oleh "Wikipedia yang paling banyak dikunjungi" (Most visited Wikipedias", tanpa spesifikasi ataupun pengecualian. Alexa.com akan menjadi salah satu sumber untuk menentukan mana yang memiliki trafik terbesar.
Portal telah diperbaharui dengan sistem yang baru ini. Hasilnya, Wikipedia bahasa Belanda digantikan oleh Wikipedia bahasa Mandarin. Menurut Alexa, 1% dari seluruh trafik Wikipedia.org berasal dari Wikipedia bahasa Mandarin.
Alexa mendapatkan statistik ini dengan memonitor penggunaan internet oleh mereka yang menginstalasi Alexa toolbar (bahasa Inggris).

Tahukah Anda ...[sunting sumber]

... bahwa definisi "anggota komunitas" dapat berbeda jauh di antara seluruh wiki?

Wikipedia bahasa Ibrani memberikan hak pilih kepada pengguna yang telah melakukan minimal 100 suntingan dalam 90 hari terakhir.
Gagasannya adalah untuk menghindari pengguna siluman dalam suatu pemungutan suara.

Kutipan[sunting sumber]

"Wiki is 2/3 of planning, the rest is a loop in the dark"

(Napoleon Bonaparte, menurut Eric Johnson pada Wikimania 2008)

Wikizine tidak menjamin akurasi, validitas, dan khususnya tapi tidak terbatas kepada, tatabahasa dan ejaan. Kepuasan tidak dijamin. Wikizine dipublikasikan oleh meta:user:Walter, dan bukan publikasi Wikimedia Foundation.

Wikizine adalah publikasi tidak regular sepanjang tersedia berita yang penting (dan waktu). Konten tersedia di bawah Lisensi Dokumentasi Bebas GNU. http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html