Wikipedia:Wikizine/Arsip/2008-100

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

id.Wikizine.org
Buletin berita internal independen untuk anggota komunitas Wikimedia

Terbaru | Arsip | Berlangganan Tahun 2008 Minggu 40 Nomor 100 Laporkan berita | Ruang redaksi

Berita teknis

Pemblokiran global

Para Steward sekarang dapat memblokir satu atau rangkaian alamat IP dari menyunting di seluruh proyek Wikimedia (kecuali Meta). Opsi ini ditujukan untuk digunakan secara terbatas dan sesingkat-singkatnya.

Robots.txt

Ini adalah berkas yang digunakan untuk membatasi halaman-halaman apa saja yang boleh diindeks oleh sebuah mesin pencari. Pada umumnya, kita dapat menggunakan ini untuk menentukan apa-apa saja yang tidak boleh muncul di Google.
Sebuah kata magis baru-baru ini dapat digunakan untuk halaman secara individual, dan memberikan hasil yang sama dengan penggunaan Robots.txt
Sebelumnya, hanya Developer saja yang dapat menyunting berkas robots.txt di seluruh proyek WMF. Tapi sekarang, ada halaman baru MediaWiki:Robots.txt yang membantu untuk menambahkan kontrol atas mesin pencari.

Bot global

Sekarang suatu bot dimungkinkan untuk mendapatkan status bot global.

Peralatan baru

Beberapa pengguna telah membuat peralatan eksternal untuk menganalisis sejarah artikel: statistik, fungsi pencarian di versi terdahulu, dan diagram penampilan halaman.

Penandaan "Flood"

Hanya di Meta, tapi dapat diminta pengaktifannya di wiki lainnya juga, sekarang terdapat penandaan "flood". Penandaan ini mirip dengan penandaan "bot" namun memiliki nama berbeda "flood". Gagasannya adalah jika seorang Opsis hendak melakukan banyak perubahan serupa, berulang-ulang, dan non-kontroversial, maka Opsis tersebut dapat meminta penandaan "Flood" dari Birokrat. Hasilnya akan tampil sebagaimana Bot, yang disembunyikan secara standar.

Kebijakan

Logo baru

Meta-Wiki, tempat koordinasi netral untuk seluruh proyek dan wiki dari Wikimedia Foundation, memiliki sebuah logo baru. Logo ini ditetapkan setelah pemungutan suara selama satu minggu. Sebelumnya, Meta-Wiki menggunakan logo WMF dan sekarang berubah menjadi sebuah logo baru namun masih memiliki gaya yang serupa.

Kelompok global

Fungsi kelompok global adalah untuk memberikan hak-hak global tertentu kepada sebuah kelompok tertentu. Sebagai contoh, staf dan administrator sistem WMF telah diberikan beberapa hak global tertentu.

Hapus Wikiquote

Sebuah proposal untuk menutup proyek Wikiquote telah ditutup tanpa konsensus. Argumen untuk menghapus Wikiquote adalah karena Wikiquote dipandang sebagai pelanggaran terhadap hak cipta dan tidak kompatibel dengan tujuan WMF.

Wikimedia Foundation

Dewan

Pengguna:Frieda dari Wikipedia bahasa Italia telah mengundurkan diri sebagai anggota Dewan WMF. Saat ini, Dewan belum memastikan kapan posisi Frieda akan diisi dengan orang lain.

Wikimedia Belanda

Pada tanggal 1 November, Wikimedia NL akan mengadakan konferensi ke-4 di Utrecht, Belanda. Registrasi awal telah dibuka.

Komunitas

Buku

Ada tiga buah buku yang diterbitkan berkaitan dengan Wikipedia.
Lennart Guldbrandsson dari Wikimedia Swedia menulis sebuah buku dalam bahasa Swedia berjudul "Så fungerar Wikipedia" ("Bagaimana Wikipedia bekerja"). Wikimedia Swedia juga telah menyediakan WikiReader yang pertama (mengenai burung-burung Swedia).
Juga, beberapa Wikipediawan bahasa Inggris menulis buku mereka sendiri mengenai "How Wikipedia Works" ("Bagaimana Wikipedia bekerja", berjudul sama tapi buku yang berbeda dengan versi Swedia di atas) dan dipublikasikan dalam waktu hampir bersamaan. Buku ini ditulis oleh Phebe Ayers, Charles Matthews, dan Ben Yates. Wikizine disinggung sedikit di halaman 345 dalam Bab 12.
Awal 2008, juga diterbitkan sebuah buku berjudul "Wikipedia: The Missing Manual" ("Wikipedia: Pedoman yang Hilang"). (ISBN 0-596-51516-2)

Wikipedia EO

Wikipedia bahasa Esperanto menggunakan desain baru untuk halaman utamanya. Dari sekedar tampilan teks sejak tahun 2001, berkembang menjadi tampilan yang lebih modern saat ini, terpilih dari 7 proposal.

Sumber: "Wikinews"

Setelah diterapkannya FlaggedRevs, Wikinews sekarang telah diakui dan terdaftar sebagai salah satu sumber Google News. Masih memerlukan upaya tambahan untuk memenuhi persyaratan Google mengenai nomor unik di alamat URL, sehingga saat ini baru artikel-artikel utama saja yang telah terdaftar. Sebelum ini, hanya mirror dari Wikinews yang didaftarkan.

Wiki Rusia

Pada 18 dan 19 Oktober, Moskwa akan menjadi tuan rumah dari konferensi wiki internasional kedua untuk bahasa Rusia, berkaitan dengan Wikipedia, ensiklopedia bebas, dan proyek-proyek Wikimedia lainnya. Registrasi telah dibuka.

Media

Swedia

Baru-baru ini, mantan perusahaan telepon negara Swedia (dan masih perusahaan telepon terbesar Swedia) meluncurkan iklan komersial internet selular mereka. Iklannya seperti ini: tiga orang duduk di sebuah bak mandi panas di udara terbuka dari kayu oak. Salah satunya memberitahu dua lainnya mengenai bagaimana raja terdahulu menanam pohon oak di Swedia. Kawannya berkata: "Wah, kau tahu banyak." Yang satunya lagi keluar dari air, pergi beberapa saat, kembali lagi dan menjelaskan secara komprehensif mengenai oak, termasuk nama Latinnya, sementara dua lainnya semakin lama semakin terkagum-kagum. Lalu muncul sebuah papan tanda yang bertuliskan: "Wikipedia in your mobile phone".

Laporkan mengenai wp dan menangkan hadiah

Wired.com memenangkan penghargaan $10.000 untuk laporan mereka mengenai Wikipedia dan pemindai-Wikipedia.

Jimmy

Sebuah berita klasik sekali lagi; wawancara dengan Jimmy Wales di TV. Kali ini TV Kanada.

Statistik

Tidak menarik?

Setelah pemblokiran Wikipedia bahasa Cina dibuka di Republik Rakyat Tiongkok, statistiknya tidak menunjukkan peningkatan berarti.

Wikipedia bahasa Spanyol

Mencapai 400.000 artikel pada hari Sabtu, 22 September. Wikipedia bahasa Spanyol adalah Wikipedia ke-9 terbesar di antara 256 bahasa Wikipedia.

Istimewa:Statistik

Halaman statistik di semua wiki sekarang menunjukkan jumlah pengguna aktif selama 30 hari terakhir. Untuk enwiki saat ini menunjukkan sekitar 153.000 pengguna aktif, dan idwiki sekitar 800 pengguna.

Jika para kontributor dibayar ...

Berapa biayanya? Besar.

Wikisource bahasa Bengali

Telah mencapai 1000 halaman pada 25 September 2008

Wikinews bahasa Inggris

Wikinews EN telah mencapai suntingan ke-700.000. Suntingan pertama adalah pemuatan versi draf logo oleh Tim Starling. Suntingan ke 700.000 dilakukan oleh 207.108.15.1 yang berkomentar mengenai bagaimana menghubungkan orang-orang yang fanatik dalam agamanya dengan "ekstrimis".

Berita lain

Deletionpedia

"Ke mana perginya artikel-artikel ketika dihapus?" Ke Deletionpedia.

Wikizine

Berita baiknya, Wikizine ID - versi bahasa Indonesia Wikizine telah kembali aktif setelah secara resmi ditutup pada April 2008. Wikizine ID aktif kembali setelah diupayakan meta:User:REX.
Berita buruknya, Wikizine DE - versi bahasa Jerman, telah ditutup secara resmi akibat kurangnya dukungan.

Wikisage

Wikisage, sebuah "ensiklopedia wiki generasi kedua", didirikan oleh Guido den Broeder. Pengguna aktifnya hampir semua memiliki latar belakang Wikipedia bahasa Belanda. Perbedaannya adalah, kontributornya dapat juga menulis esai, yang merupakan sudut pandang pribadi. Beberapa pengguna dapat dilabeli sebagai "expert" dan menjadi koordinator artikel-artikel tertentu. Pada dasarnya, suara para "expert" memiliki nilai lebih penting di sini ketimbang di Wikipedia. Proyek ini hadir dalam bahasa Belanda dan Inggris, tapi versi bahasa Belanda saat ini masih lebih besar.

Sinkronisasi Interwiki

Sebuah halaman di Meta telah dimulai untuk mendiskusikan masalah-masalah sinkronisasi interwiki.

681 entri pencarian Wikipedia

Merayakan hari ulang tahunnya yang ke-10, Google telah menyediakan secara daring basis data dump pada waktu bulan Januari 2001. Wikipedia dimulai pada 15 Januari 2001. Dalam Google Januari 2001, terdapat 681 entri hasil pencarian mengenai "wikipedia". Pada saat ini, terdapat 251 juta.

Apa itu?

Firefox dan Wiktionary

Ada sebuah ekstensi Firefox untuk mencari arti suatu kata di Wiktionary.
Pengguna Firefox dapat menginstalasi ekstensi WikiLook. Setelah diinstalasikan, kita hanya perlu menekan tombol "shift" dan mengarahkan tetikus ke sebuah kata. Akan tampil sebuah tampilan kecil arti dari kamus dan sebuah pranala untuk mencari tentang kata itu di Wikipedia. Ini hanya untuk edisi bahasa Inggris. Tapi dengan sifat Wiktionary yang multi-bahasa, ekstensi ini juga tetap berguna bagi pengguna non-bahasa Inggris.

Kutipan

"If a man speaks in a forest and there is no woman to hear him, is he still wrong?"

"Jika seorang pria berbicara di hutan dan tidak ada satupun perempuan yang mendengarnya, apakah dia masih bisa salah?"