Wikipedia:WikiPolisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Departemen WikiPolisi
SingkatanWPD
Ikhtisar
Dibentuk2001
Personel<100
AnggaranRp.999

Seorang WikiPolisi yang sedang tidur
Sepatung WikiPolisi

WikiPolisi adalah instansi kepolisian yang ada di wikipedia, hanya memiliki kewenangan di wikipedia untuk menangkap dan menjerat para wikipediawan yang telah berbuat kesalahan, namun dari beberapa wikipediawan yang telah ditangkap dan diadili di meja hijau kebanyakan dari mereka ialah tidak bersalah karena tidak cukup bukti dan alibi yang kuat sehingga mereka kembali dibebaskan.

Apakah kamu telah berbuat kejahatan? Bersiaplah ditangkap oleh wikipolisi.

Tugas-tugas WikiPolisi[sunting sumber]

Seorang WikiPolisi harus menjalankan tugas-tugas wajib demi ketenteraman dunia wikipedia, di antaranya ialah:

  1. Berpatroli memeriksa setiap perubahan dalam dunia Wikipedia, dan selalu mengecek setiap gerak-gerik para pengguna wikipedia. Wikipolisi harus selalu berhati-hati pada setiap anon yang bisa merusak dan berganti-ganti IP serta kaum vandal yang datang silih berganti tanpa henti;
  2. Memeriksa helai demi helai dokumen-dokumen seperti SIM dan STNK yang dibawa oleh setiap pengendara pengguna Wikipedia. WikiPolisi akan menilang setiap pelanggaran dengan cara memberikan peringatan {{kelayakan}}, {{rapikan}}, {{wikifisasi}} dan lain sebagainya untuk kesalahan yang ringan, dan peringatan {{hapus}}, dan {{vandal}} pada setiap pelanggaran berat yang dilakukan pengendara pengguna Wikipedia, terutama pengguna baru dan anon;
  3. Merazia setiap pendatang baru. Memeriksa setiap dokumen-dokumen yang ada seperti nama dan KTP, apabila tidak layak digunakan, maka WikiPolisi akan memperingatkan dengan cara memberikan peringatan {{nama terlarang|Alasan}} atau {{NamaTakSesuai}} disertai alasan yang jelas agar pendatang baru memperbaiki dokumen yang ada sehingga sah untuk menjadi penghuni Wikipedia.

Perekrutan[sunting sumber]

Setiap pengguna Wikipedia bahkan seonggok patung pun berhak untuk menjadi seorang WikiPolisi. Tes pertama yang dilakukan ialah menjalani tes dasar menjadi seorang WikiPolisi. Jika pelamar berhasil melakukan tes, maka ia akan diterima dan diberikan bintang jasa Wikipedia, namun jika gagal maka pelamar akan mendapat tamparan, siksaan dan peringatan yang diberikan oleh para senior.

Pengaduan[sunting sumber]

Menjadi seorang WikiPolisi tidak mudah dan juga tidak sulit, lah jadi? Seorang WikiPolisi harus mampu melayani dan mengayomi setiap pengguna, terutama anon dan pengguna baru. Jangan berpikir bahwa WikiPolisi kebal akan hukum, seorang WikiPolisi pun bisa terkena hukuman. Pengaduan atas tindakan WikiPolisi yang sewenang-wenang bisa diadukan kepada Polisi Militer dan birokrat Wikipedia dan/atau berikan tamparan keras berupa {{trout}} atau {{tampar}} pada halaman pembicaraan WikiPolisi yang bersangkutan.

Peraturan dasar[sunting sumber]

Bagaimanapun juga seorang WikiPolisi memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi yang tercantum dalam Undang-undang Dasar Wiki dan tata krama masyarakat Wiki. Namun beberapa di antaranya memiliki poin-poin penting:

  1. Jangan mudah memberikan hukuman kepada setiap pelanggar; seperti hukuman {{vandal}} dan {{mohon diblokir}}. Hukuman tersebut boleh digunakan, asalkan pelanggar telah diberikan 3 (tiga) kali arahan, petunjuk dan peringatan ringan, atau telah melakukan kesalahan yang sangat berat.
  2. Jangan mudah menolak dan menghapus dokumen yang diberikan; seperti peringatan {{hapus}}. Ingatlah bahwa setiap pengguna berhak untuk menyumbangkan pendapat dan ilmu mereka untuk Wikipedia, dan setiap pengguna berhak untuk mendapatkan pelayanan dan pengarahan, agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Kotak pengguna[sunting sumber]

Seorang WikiPolisi tentunya akan lebih disegani oleh masyarakat Wiki, berikan kotak pengguna WikiPolisi agar pengguna lain mengetahui bahwa Anda adalah seorang WikiPolisi.

Meletakkan kontak pengguna tersebut mengidentifikasikan bahwa Anda adalah anggota dari kesatuan WikiPolisi, gunakan {{Pengguna wikipedia/WikiPolisi}}.