Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip (Mar-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Artikel tak notable atau vanity

Bagaimana bila artikel-artikel yang tidak notable atau vanity, atau bukan personal, melainkan mengenai organisasi dipertahankan, tapi dikasih kategori:tidak notable. Pertimbangan: kadang sayang lihat tulisan yang banyak isinya, terus dihapus. Selain itu pula (soal artis misalnya) mudah sekali jadi notabel hanya karena pernah tayang sekali di media (bahkan kadang hanya online).

Maaf klo rada mengada-ada (lagi sakit kepala) --N/A(bicara) 15:28, 22 Maret 2007 (UTC)

Ide yang bagus. Di en.wikipedia selain ada skala kualitas artikel yang sudah kita terapkan di id.wikipedia, ada juga skala kelayakan artikel (en:Template:Importance Scheme). Idenya adalah memberikan kategori berdasarkan skala kelayakan, contohnya: (ini sekedar ide saja)
  • Mutlak: Artikel ini sangat penting. Artikel ini sangat layak secara internasional baik topik umumnya maupun bagiannya. Contoh: Australia
  • Penting: Artikel ini sangat penting, tetapi belum mencapai kelayakan secara internasional atau hanya layak dalam benua/negara tertentu saja. Contoh: Manchester City F.C.
  • Sedang: Artikel ini hanya penting atau layak dalam bidang tertentu saja. Contoh: Super Mario 64.
  • Rendah: Artikel ini tidak cukup layak bahkan dalam bidangnya atau wilayahnya. Contoh: Sakurta Ginting.

Bagaimana? borgx(kirim pesan) 00:49, 23 Maret 2007 (UTC)

Setuju sekali. Dengan demikian kita bisa meningkatkan kualitas artikel-artikel Wikipedia.Stephensuleeman 00:52, 23 Maret 2007 (UTC)
Ide bagus, tapi bagaimana bisa menetapkan apakah dan bagaimana pentingnya sebuah artikel? Yang saya tahu Wikipedia sudah memiliki daftar artikel wajib. Semua artikel yang didaftar di sini bisa memiliki predikat mutlak. Meursault2004ngobrol 03:24, 23 Maret 2007 (UTC)

Saya setuju dengan kriteria kelayakan yang diajukan Borgx di atas. Satu pertanyaan: "derajat kelayakan" tersebut dapat diberikan sejak awal (saat artikel masih berupa kembangkan) atau menunggunya sampai jadi rintisan, atau bahkan baru sesudah artikel tidak lagi rintisan? Saya masih menangkap bahwa elemen penting dari penilaian tersebut baru berupa keluasan tema yang dapat dicakup oleh judul artikel. Mohon dikoreksi.

Untuk pertanyaan Meursault2004, itu ada kaitannya dengan ide Borgx sebelumnya (latar belakang pendidikan atau kepakaran pengguna) bahwa (mungkin) hanya pengguna-pengguna yang bergerak dalam bidang bersangkutan dapat mengatakan bahwa artikel tertentu tidak notable atau notable, mengingat pada bidang2 yang sempit, bagi kita orang awam, bisa berarti bahwa semua yang belum kita pernah dengar dianggap "tidak notable".

Terima kasih --N/A(bicara) 09:26, 23 Maret 2007 (UTC)

Seharusnya skala kelayakan ini tidak tergantung panjangnya isi tetapi tergantung kepada judul artikel itu sendiri. borgx(kirim pesan) 02:24, 26 Maret 2007 (UTC)

gakuen alice & alice academy

dua2nya sama. cm beda judul. mao di-merge? blizzard_youkai 11:58, 17 Maret 2007 (UTC)

Setuju. Langsung saja digabung. dragunovadiscuss 13:43, 22 Maret 2007 (UTC)

psikologi indonesia

dear wikipedia tolong dong wikipedia menyediakan tentang psikologi indonesia karna saya mencari tentang psikologi and i cannot find it.

thanx b4.

regards

kitty blunt

Silakan anda membantu untuk menambahkannya. Terima kasih N/A(bicara) 15:06, 21 Maret 2007 (UTC)

Artikel pilihan

Baru aja baca ini, nggak deng, lihat doang, abis g ngerti. Gila bener. Benar2 artikel pilihan. --- mantap2. N/A(bicara) 16:09, 20 Maret 2007 (UTC)

Mau diterjemahin? Tapi kelihatannya lebih dari 32 kb ya? Meursault2004ngobrol 05:56, 21 Maret 2007 (UTC)

Saya mau usul agar semua serinya diterjemahkan: Edad Antigua, Edad Media, Edad Moderna, sampai Edad Contemporeana. Yang Abad Pertengahan sudah ada bahasa Indonesianya, tapi masih sangat singkat. Lain dari itu, kalau bisa beberapa edisi bahasa Wikipedia diperbandingkan untuk lebih melengkapi tulisannya.Stephensuleeman 06:35, 21 Maret 2007 (UTC)

Mau bantu tapi g ngerti seni. Saya fokus dulu aja ke air, di suatu bahasa ia sudah jadi artikel pilihan, jadi enak nambahinnya. Eh, g ada proyek artikel pilihan, ya? Maksudnya fokus dulu di nerjemahin artikel pilihan berbagai bahasa. Jadi kualitasnnya bisa dijamin. Atau jgn2 dah pernah ada ide seperti itu, tapi ya kendalanya harus orang yang banyak tahu soal artikel ybs. Terima kasih. --N/A(bicara) 07:37, 21 Maret 2007 (UTC)
Kalo gw nerjemahin artikel bwat artikel pilihan di sini, pasti dari featured article di en, karena uda lengkap, jadi gampang. Misalnya AK-47, Invasi Normandia, dan Tank. dragunovadiscuss 07:44, 21 Maret 2007 (UTC)
Kayaknya sih tidak melulu seni, tapi segala hal yang berkaitan dengan Zaman Modern, termasuk perkembangan ilmu pengetahuan, dll.Stephensuleeman 07:40, 21 Maret 2007 (UTC)

Artikel yang banyak atau yang ada isinya? (menjelang artikel 50.000)

Saya melihat artikel-artikel di wikipedia Indonesia ini jumlahnya banyak tetapi isinya sedikit. Kelihatan kalau para pengisi artikel tersebut bila mengambil isi dari wikipedia lain misal Inggris, cenderung hanya menterjemahkan beberapa paragraf utama saja. Isinya tidak informatif. Memang ada kebijakan untuk diberi tag kembangkan. Akan tetapi, tetap saja bila dilihat pada artikel-artikel yang tidak diberi tag itu isinya hanya sedikit. Saat ini sepertinya satu orang saja yang mengisi tiap artikel, yang lain hanya menambah kategori atau wikifisasi. Sedikit sekali yang memberi tambahan terhadap isi artikel tersebut. Saya hanya usul, ada tidak rencana untuk lebih mengembangkan isi suatu artikel. Sepertinya proyek menterjemahkan suatu artikel bersama-sama yang dahulu pernah dilakukan lebih baik diadakan lagi. Jadi isinya bisa menarik dan informatif.Arisdp 11:51, 31 Januari 2007 (UTC)

Setuju saja, dulu namanya Wikipedia:Kolaborasi minggu ini. Silakan coba diorganisasikan saja, Ris. Saya yakin asal ada yang mulai, pasti yang lain bisa diajak terlibat. • ivanlanin • 12:10, 31 Januari 2007 (UTC)

Untuk itu perlu diletakkan di halaman depan, sejujurnya cara bikin template untuk itu saya tidak tahu. Seperti kolom artikel pilihan, sehingga pengguna bisa dengan cepat tahu, artikel apa yang minggu ini dikerjakan. Arisdp 12:17, 31 Januari 2007 (UTC)

Halaman Utama atau Portal:Komunitas? Kalau menurut saya, lebih tepat di yang kedua. Btw, karena ini suatu proyek yang sudah pernah ada dan kemudian "mati suri", bagaimana kalau kita rancang dulu konsepnya dengan baik agar tak hilang lagi? • ivanlanin • 21:28, 31 Januari 2007 (UTC)
Gimana kalau kita ganti proyeknya jadi "Minggu pengembangan". Jadi dalam 1 minggu setiap bulannya (gw saranin di minggu pertama, supaya semangatnya tinggi), semua kontributor disarankan berhenti membuat artikel baru, dan fokus ke pengembangan.
Dengan begini bisa diarahkan supaya artikel berkualitas bisa mendekati 1/4 dari keseluruhan wikipedia. Hariadhi - Ngobrol 14:02, 2 Februari 2007 (UTC)

Kalau konsepnya adalah pengembangan artikel yang sudah ada, saya setuju aja. Dengan adanya satu periode khusus di mana para pengguna aktif diminta untuk berkontribusi pada pengembangan artikel dan bukannya artikel baru.Arisdp 23:59, 4 Februari 2007 (UTC)

Sepertinya ide Hariadhi di atas mengenai pembagian tugas mengembangkan stub dan merapikan artikel per topik yang digemari bagus juga. Mungkin kita disuruh mengembangkan dan merapikan artikel yang bukan keahlian kita agak susah, tetapi kalau mengembangkan dan merapikan artikel sesuai topik yang kita gemari kan tidak sulit. Malah kalau ada pengguna yang membuat artikel baru yang sesuai topik yang kita gemari tsb tetapi tidak rapi atau tidak berbobot, kita menjadi gregetan dan akhirnya kita perbaiki. Kita tidak bisa memperbaiki dan mengembangkan semua artikel stub, tetapi paling tidak kita dapat mengembangkan dan memperbaiki artikel pada topik yang kita suka. Bayangkan: tim seni dipimpin Hariadhi, tim zoologi dipimpin Stavenn dan Wie146, tim Jepang dipimpin Midori, tim militer dipimpin Dragunova dsb. Malah saya berpikir kita bisa membuat semacam progress report per bulannya.
Tim s/d bulan lalu penambahan bulan ini diperbaiki bulan ini Total
stub yang harus diperbaiki stub yang harus diperbaiki stub yang harus diperbaiki stub yang harus diperbaiki
Seni 100 200 31 34 46 31 85 203
Zoologi 123 198 0 34 47 12 76 220
Militer                
Jepang                

nb: tentu saja tim kecamatan dan kelurahan di Indonesia yang bakal kewalahan :)

Kemudian setiap tim memiliki halaman khusus seperti Wikipedia:Kelompok seni, Wikipedia:Kelompok zoologi, dsb. Isinya:

  • Daftar artikel yang belum dikembangkan
  • Daftar artikel yang belum dirapikan
  • Daftar artikel yang butuh diverifikasi (bagian ini menjadi tool bagi pengguna lain untuk meminta pengecekan dari ahlinya atas artikel tertentu)

Bagaimana pendapat wikipediawan sekalian? borgx(kirim pesan) 01:47, 11 Februari 2007 (UTC)

Setuju aja, tapi gw bingung kalau udah disuruh bikin daftar, hehehehe.

Minggu pengembangan! Pada minggu ini para kontributor disarankan berhenti membuat artikel baru, selanjutnya berkonsentrasi memperbaiki kualitas artikel-artikel yang sudah ada. keterangan lebih lengkap

Hariadhi - Ngobrol 05:28, 11 Februari 2007 (UTC)

Coba liat di sini Hariadhi - Ngobrol 14:12, 11 Februari 2007 (UTC)

Menarik juga nih. Kapan dimulai? :D sentausa 06:09, 19 Februari 2007 (UTC)
Saya juga tertarik sih. Mungkin memang ditentukan sebelumnya seperti Wikiproject dulu. Meursault2004ngobrol 08:00, 19 Februari 2007 (UTC)
Kalo begitu saya mulai dulu deh> Wikipedia:ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik teknologi informasi borgx(kirim pesan) 05:01, 9 Maret 2007 (UTC)
Wikipedia:ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik seni. (Masih copy paste sih...)Hariadhi - Ngobrol 16:48, 13 Maret 2007 (UTC)
Another: Wikipedia:ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik anime dan manga oleh rickyS.Hariadhi - Ngobrol 19:43, 13 Maret 2007 (UTC)

Eh, jadi udah mulai nih? Jadinya lewat ProyekWiki aja? sentausa 02:04, 14 Maret 2007 (UTC)