Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/Juli 2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Pembicaraan pengguna

Uhum.... Selamat malam.... Para penghuni Wikipedia hehehe   2 d p0int aja.... Kayaknya agak capek juga jika tiap pengguna terdaftar halaman pembicara diberi templat {{sd}}, saya mengusulkan agar setiap pengguna baru yang terdaftar langsung terisi dan pengguna langsung ke halaman pembicaraannya ketika selesai mendaftar. Munkin templat tersebut di tambah beberapa tutorial wikipedia. Kemudian, ada kemungkinan jika templat {{sd}} di berikan secara manual munkin sang pengguna sudah keluar log karena terlambat diberikan atau hal pengguna tidak tau apa yang dia lakukan, sehingga tidak sempat dimbaca. Sekian koer-koer saya atas perhatian diucapkan selamat malam. Mohon tanggapan  M4srUd¡n 22:57, Sabtu, 3 Juli 2010 (WIT)

Dengan bot? ESCa :-)/ 16:01, 3 Juli 2010 (UTC)
emang cuman bot yang bisa ?  M4srUd¡n 09:56, Minggu, 4 Juli 2010 (WIT)
Aku hanya mencoba menanggapi. ESCa :-)/ 04:37, 4 Juli 2010 (UTC)
maaf bung ESCa kalau perkataan saya tidak enak di hati biasa aksen orang timur agak kasar memang . Kalau bot berarti haru ada orang stenbai trus dong untuk memfungsikannya walaupun akan berimbas pada jumlah penyuntingan yang secara otomati meningkatkan depth. Memang ada yang rela ? Yang lain pada sibuk ya....  M4srUd¡n 19:34, Minggu, 4 Juli 2010 (WIT)

Anda tampak sangat menyukai {{sd}}. Sementara aku konsen ke materi artikel, lagi ada yang asyik banget. ESCa :-)/ 17:48, 5 Juli 2010 (UTC)

Jadwal "jaga"

Kopi darat WBI pada 9 Januari 2009 silam memutuskan adanya jadwal jaga dan patroli yang dibagi ke dalam beberapa waktu tugas dan beberapa pengguna / pengurus yang bertugas. Namun, untuk perubahan terbaru pada dini hari, menurut saya sering tidak terpantau oleh pengurus. Menurut hasil kopi darat tersebut, jadwal jaga diambil oleh Ciko dan Pras, namun Ciko telah tidak aktif beberapa saat ini, sehingga sempat diusulkan untuk dicabut, sementara Pras berkonsentrasi untuk di WBJ. Begitu pun terkadang pada beberapa waktu lainnya. Maka, saya mengusulkan melalui ini, supaya disusun ulang lagi, waktu jaga dan patroli. Salam, Albertus Aditya (bicara) 13:37, 4 Juli 2010 (UTC)

Saya usulkan biar dibuat halaman tersendiri (seperti Wikipedia:Jadwal jaga) ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 13:52, 4 Juli 2010 (UTC)
Dapat saja dibuatkan halaman tersebut. Namun, saat ini sudah ada Wikipedia:Patroli sehingga mungkin saja dapat ditambahkan di sana, atau bagaimana nanti bisa diatur lah.. Albertus Aditya (bicara) 14:11, 4 Juli 2010 (UTC)

Bagaimana ? Apakah sepakat untuk disusun jadwal patroli yang baru atau bagaimana ? Albertus Aditya (bicara) 08:22, 5 Juli 2010 (UTC)

Saran saya, bagi pengguna yang berminat silakan tambahkan saja namanya pada jadwal di Wikipedia:Patroli tersebut. Biar tidak terlalu banyak halaman baru, toh sudah ada yang itu. Btw, Bung Albertus Aditya sepertinya berminat untuk "ronda" dini hari ya? Salam, Naval Scene (bicara) 11:35, 30 Juli 2010 (UTC)
Masalahnya, kebanyakan pengguna "senior" dan aktif kita hanya bisa berpatroli bebas (waktunya tidak bisa ditentukan). Itu yang menyebabkan saya mengajukan ini di Warkop. Kalau saya pribadi, sekarang hanya bisa berpatroli setelah jam 7 malam, dan paling telat pukul 23 malam, karena sudah mulai sekolah. Albertus Aditya (bicara) 11:41, 30 Juli 2010 (UTC)
Kalau saya pribadi melihat, justru tidak masalah. Pengurus/pengguna senior sudah "kelabakan". Semua yang minat patroli, pada waktu kapanpun, sangat "dialu-alukan". Pengguna senior/junior sih sama saja dalam hal ini (dalam hal lain juga..). Naval Scene (bicara) 13:55, 30 Juli 2010 (UTC)
Yang membedakan adalah pengetahuan dalam menjaga keakuratannya. Itu yang kadang pengguna senior lebih mengerti cara mengetahui yang benar dan yang salah, serta hal - hal teknis lainnya. Pengguna junior seperti saya mungkin melihatnya sebagai sesuatu yang benar, tetapi pengguna senior dapat melihat vandalismenya. Albertus Aditya (bicara) 14:13, 30 Juli 2010 (UTC)
Anda daftar pada tahun 2007 tapi menyatakan diri Anda sebagai junior, jadi kalau gitu saya tingkat apa ya ? (saya daftar tahun 2009) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 07:12, 31 Juli 2010 (UTC)
Apalagi saya (daftar akhir 2009). ΑΛΑΓΟΣ  07:27, 31 Juli 2010 (UTC)
Secara daftar mendaftar mungkin saya lebih dahulu, tetapi secara pengalaman dan ilmu, saya masih di tingkatan junior.. Albertus Aditya (bicara) 08:02, 31 Juli 2010 (UTC)
Sesuai dengan jumlah suntingan, jumlah suntingan Anda juga lebih banyak daripada punya saya. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:30, 31 Juli 2010 (UTC)

Jadwal jaganya jadi agak lucu karena perubahannya versinya masuk tertunda dan tidak bisa dilakukan oleh siapa saja bukan? Flag rev prematur related statement. Serenity (bicara) 16:56, 13 September 2010 (UTC)

Pemuatan gambar GFDL-self

Bagaimana kalau fasilitas memuat gambar dengan lisensi GFDL-self dan Creative Commons sebagai gambar lokal ditiadakan saja? Kedua lisensi tersebut lebih sering disalahgunakan. Kalau memang karya sendiri, bisa dimuat di Commons. Perhatikan juga artikel ini dipasang gambar-gambar GFDL-self yang lisensinya kemungkinan bermasalah di masa depan karena milik orang lain. Midori (bicara) 23:26, 5 Juli 2010 (UTC)

Ini Indonesia, tak semua penggunggah gambar di WBI bisa berbahasa Inggris dan mengerti di commons. Hanya kita yang sudah cukup lama saja yang tahu di commons. Atau sekalian saja hilangkan fasilitas unggah berkas di WBI biar semua diunggah di commons. Ezagren गपशप 02:20, 6 Juli 2010 (UTC)
Ezagreen, meniadakan semua pemuatan gambar tidaklah mungkin. Gambar berhak cipta sebagai gambar lokal, penting untuk penggunaan wajar. Lalu, pemuatan gambar ke Commons tidak perlu bisa/mengerti bahasa Inggris. Formulir pemuatan berkas sudah ada dalam bahasa Indonesia.
Maaf sekadar bertanya, Berkas:Gereja-tugu.jpg apakah memang karya sendiri? Bagaimana dengan gambar ini, mengapa GFDL bisa berubah menjadi fairuse?
Bagaimana pula dengan foto sarung Samarinda? Hak cipta gambar ini dijelaskan dengan pernyataan di bawah situs Pemerintah Kota Samarinda "©1998-2007. Permission is granted to copy, distribute, and/or modify this webpage provided this notice is preserved." Apakah lisensi ini masih sesuai dengan lisensi gambar bebas (GFDL/CC)? Midori (bicara) 23:34, 14 Juli 2010 (UTC)
Waktu itu saya kurang paham mengenai pengunggahan karena baru mengunggah foto dan baru muncul di Wk setelah vakum. Kalau sekarang, paham. Gereja Tugu bukan karya saya, tetapi bukan saya yang mencantumkan pembuatnya adalah Ezagren. Yang mengunggah ke commons itu yang mencantumkan itu. Mengenai foto Sarung Samarinda, sebenarnya itu kesalahpahaman karena waktu itu juga masih belum paham mengenai pengunggahan. Sekarang paham. Foto itu boleh dipakai kok asalkan mencantumkan sumber (saya lupa Perda-nya mengenai penggunaan apa yang ada di dalam situs Pemkot Smd). Bisa Anda ganti lisensi yang cocok. Soal Masjid Bayan Beleq, entahlah. Silahkan saja usulkan hapus. Nanti saya minta teman saya untuk mendaftar di Commons dan mengunggah foto Masjid hasil karya dia itu. Bagaimana, puas? (Coba saja sewaktu Anda di Gunung Rinjani, fotoi Masjid ini sekalian Ngarep...) Ezagren गपशप 03:46, 15 Juli 2010 (UTC)
Kalau gitu harusnya lisensi Sarung Samarinda diganti jadi "berhak cipta dengan syarat (blah...blah...)" Hariadhi - Ngobrol 05:47, 15 Agustus 2010 (UTC)
Melalui Alat Commons Helper, kita bisa memindahkan berkas dari Wiki lokal ke Commons (Contohnya en.wiki : masih banyak sekali pengguna yang mengunggah gambar ke Wiki lokal dengan lisensi bebas) ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 02:45, 6 Juli 2010 (UTC)
Kenrick, pemuatan gambar lokal di Wikipedia lain memang masih banyak. Tapi itu di Wikipedia lain dengan jumlah pengguna aktif yang banyak. Di sini, pengguna lain yang pernah memuat gambar lokal karya sendiri tidak banyak (Bkusmono, Aldo Samulo, Alamnirvana). Commons Helper pastinya bukan untuk memindahkan berkas-berkas bermasalah milik wiki lokal ke Commons. Midori (bicara) 23:34, 14 Juli 2010 (UTC)

Walah Midori, itu artikel bermasalah banget, sekilas aja udah ketemu beberapa yang fatal bahkan tanpa hitungan gambarnya. Urun nimbrung sedikit, selain masalah bahasa untuk Commons, secara teknis, sulit dan memakan waktu untuk mengunggahnya. Banyak yang frustasi. Disamping itu dulu waktu WP ID hendak di dump di CD melalui Chip majalah, gambarnya ngga bisa ikut dari Commons karena itu pekerjaan dua kali. Borgx waktu itu sudah kirim - apa tuh namanya - spider - tapi bahkan setelah 4 bulan masih jalan tanpa bisa mengidentifikasi mana-mana saja gambar di commons yang ada di WP ID. Jadi satu-satunya jalan harus di beri tanda secara manual. Sementara kalau sudah di unggah di WP ID gambarnya, walaupun sama aja, sedikit banyak mempermudah penempatannya apabila ada proyek luar jaringan seperti CD lagi. Jadi ya, saya kalau ditanya commons atau WP ID, jawabnya masih ragu. Serenity (bicara) 17:28, 14 Juli 2010 (UTC)

Serenity, terima kasih pendapatnya. Sebagian besar pengguna baru kemungkinan tidak mengerti soal GFDL/Creative Commons. Maaf bukan maksud untuk mengkritik, kontribusi pengguna 85Raditia hanya sekadar contoh. Setelah diberi tahu di Commons, gambar lain yang juga (berhak cipta) kembali dimuat sebagai gambar lokal (Berkas:JEita.jpg) dengan lisensi GFDL/CC. Soal proyek CD berikutnya, ada banyak sekali pengurus di Commons, salah satu dari mereka mungkin bisa ditanya soal gambar. Midori (bicara) 23:34, 14 Juli 2010 (UTC)


Wa ha ha, saya sudah bertemu Raditia, diajari dan di kritik pedas sekalipun tidak manjur, tiga kali baru manjur. Saya hanya minta Midori percaya bahwa upaya untuk memberitahu sudah dilakukan, tapi kalau orangnya "ngga nangkep" juga, apa daya? Sabar ya Midori, nanti saya akali lagi bagaimana bisa biar langsung "suk" "nyek" ngerti, seharusnya ada sesi tes ditempat kali ya *hmm* tapi terima kasih untuk masukannya sebagai evaluasi.

Whoops, soal CD berikutnya, ya itu salah satu usulan pengurus commons, menambah kategori pada tiap gambar di commons "gambar digunakan di wikipedia bahasa Indonesia" agar gampang untuk di dump (itu bukan usul saya, itu usul mereka). Tapi kan Midori: 125 0000 artikel, entah berapa gambarnya, sakit jarinya nanti kalau dikategorikan satu-satu. Serenity (bicara) 16:34, 15 Juli 2010 (UTC)

Kalau gitu dihapus dulu aja. Biasanya orang baru ngeh diajari saat udah protes sumbangannya dihapus :). Omong2 ada ga yang mau mondifikasi gambar ini jadi templat pemberitahuan? Harusnya lebih mudah menjelaskan GFDL atau {c} dengan ini.

Hariadhi - Ngobrol 08:55, 16 Agustus 2010 (UTC)

Usul "Portal Sepak Bola"

Di Halaman Portal:Komunitas, terdapat banyak portal yang berhubungan dengan sesuatu yang banyak digemari, seperti Portal Animanga, Portal Mitologi, Portal Formula Satu, dan lain-lain. Tetapi, mengapa disana tidak ada Portal Sepak Bola? Padahal sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari di dunia. Oleh karena itu, saya punya usul: Bagaimana bila kita sama-sama membuat halaman Portal Sepakbola? Di portal tersebut, dibahas mengenai apa saja tentang sepak bola, baik nasional maupun internasional. Bila sedang ada turnamen-turnamen besar (sayang Piala Dunia 2010 sudah lewat), di Portal Sepak Bola dimuat artikel/bahasan mengenai kompetisi/turnamen tersebut. Saya yakin banyak anggota Wikipedia Indonesia yang suka sepak bola, oleh karenanya saya ingin kita sama-sama menyukseskan proyek Portal Sepak Bola. Terima Kasih. --Maung Bandung (bicara) 07:42, 20 Juli 2010 (UTC)

Silakan saja buat. Sebaiknya Anda saja yang merintis terlebih dahulu. Lihat Portal sepak bola versi WBInggris di en:Portal:Association football. Erik Anggara ███ 07:57, 20 Juli 2010 (UTC)

Iya, tapi rasanya kan tidak mungkin kalau yang merintis hanya satu orang. Lagipula masih banyak anggota Wikipedia Indonesia yang jauh lebih senior dari saya. Sementara saya hanya pengguna yang belum terlalu tahu seluk-beluk pembuatan artikel/portal agar menjadi portal yang menarik. Saya kan belum lama jadi anggota . --Maung Bandung (bicara) 05:41, 21 Juli 2010 (UTC)

Protes... Animanga kok tidak digemari ? Anggota ProyekWiki Animanga itu suka animanga kok... Mitologi Yunani disukai Alagos, F1 disukai F1fans, dan lain- lain disukai dan lain- lain. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 09:15, 21 Juli 2010 (UTC)
Khusus saya, Animanga sebatas menggemari Doraemon, Crayon Sinchan, Ninja Hattori (dulu, waktu SD), Bakabon (dulu, waktu SD), dan Detektif Conan (dulu, sekarang tak bisa). Upin & Ipin (dulu, sekarang bosan karena diulang-ulang terus), Scooby-Do (kadang). Ezagren गपशप 13:28, 21 Juli 2010 (UTC)
Sebagai informasi... Scooby Doo bukanlah animanga karena animanga itu kartun Jepang. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14:23, 21 Juli 2010 (UTC)
Ralat! Selesai YaY Ezagren गपशप 14:38, 21 Juli 2010 (UTC)

Hi Maung Bandung coba dirintis dahulu untuk Portal Sepak Bola nya. Jika sudah dimulai, pasti akan ada yang membantu. --Andri.h (bicara) 07:23, 23 Juli 2010 (UTC)

Telah dibuat, Portal Sepak Bola. Dirintis oleh Made Adiputra. --Ezagren רעדן 14:42, 3 September 2010 (UTC)

Terima kasih, sekarang mohon partisipasinya untuk melengkapi bagian "berita" dan "tahukah anda" secara rutin agar isinya up to date, oke? --Maung Bandung (bicara) 13:36, 10 September 2010 (UTC)

Artikel INAICTA & APICTA

Halo teman-teman, mau usul nih, setelah ikut ke acara lokakarya di JCC yaitu INAICTA 2010 (dapet ide), gimana kalau di buat artikel ttg INAICTA beserta lomba-lomba yang telah masuk 5 besar per kategori lomba? setelah saya cari INAICTA tetapi halaman terlalihkan ke artikel APICTA. Kalau di pisahkan antara APICTA dan INAICTA artikelnya bagaimana menurut kalian?

Salam

㊴∆g∪ℕG | ✉ bicara 18:07, 24 Juli 2010 (UTC)

Ide bagus. --Maung Bandung (bicara) 08:24, 29 Juli 2010 (UTC)
Setuju Setuju ΑΛΑΓΟΣ  15:45, 29 Juli 2010 (UTC)

Usulan tentang riset dan artikel terkait.

  1. Melihat kebijakan pemerintah Indonesia yang "kurang" tanggap dalam hal riset dan masalah yang terkait.
  2. Sulitnya mencari artikel, makalah, journal, yang berkaitan dengan materi riset terutama di Indonesia, memang ada dan banyak tapi bagi para pemula, mahasiswa dan pelajar akan kesulitan mencarinya, karena tidak ter"sentralisasikan" pada suatu situs atau portal tertentu.
  3. Sulitnya mencari partner, sponsor, dana hibah untuk pembiayaan sebuah riset yang potensial. Terutama untuk periset mandiri yang bukan ilmuwan, dan tidak tergabung pada intitusi perguruan tinggi.
  4. Padahal banyak potensi periset mandiri [kalau boleh dibilang penemu] tentang teknologi di Indonesia ini. Mereka bukan ilmuwan, mungkin sekolahnya hanya sampai smk, tapi seorang teknisi atau praktisi yang sangat berpengalaman. Mereka menemukan konsep teknologi yang hebat tapi tidak punya [tidak tahu] cara merealisasikan.

Untuk alasan2 tersebut diatas saya mengusulkan pada wikipedia untuk menambah satu portal yang spesifik khusus untuk riset beserta pernak-perniknya. Demikian usulan saya semoga bisa menjadi bahan pertimbangan. Terimakasih. Saya Boedi Harjo.[boediharjo@yahoo.com]

Boediharjo (bicara) 05:29, 29 Juli 2010 (UTC)

Bagaimana tanggapan pengguna lain ? --Maung Bandung (bicara) 08:22, 29 Juli 2010 (UTC)
Bagaimana tanggapan Maung Bandung sendiri?
βέννγλιν 09:49, 29 Juli 2010 (UTC)
Tanggapan saya? Karena saya merasa kurang tahu soal riset, jurnal, atau makalah, jadi saya tidak punya tanggapan . --Maung Bandung (bicara) 10:17, 29 Juli 2010 (UTC)
Tanggapan Benny Lin sendiri gimana? ESCa :-)/ 10:39, 29 Juli 2010 (UTC)
Waduh... semuanya (kecuali Maung Bandung) tunggu- menunggu tanggapan. Menurut saya, boleh saja dibuat Portal:Riset atau Portal:Penelitian (nama lain dari "Riset" mungkin "Penelitian"). Asalkan setelah dibuat jangan ditelantarkan seperti Portal:Politik. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:14, 29 Juli 2010 (UTC)
Tapi sebagian besar portal justru tertelantarkan. ΑΛΑΓΟΣ  15:44, 29 Juli 2010 (UTC)
5. Sulitnya mencari periset (kajian literatur) yang mandiri, serius dll dll dll. Jika memang ada, kebutuhan akan portal tersendiri akan muncul dengan sendirinya. ESCa :-)/ 22:25, 29 Juli 2010 (UTC)
Banyak portal-portal yang ditelantarkan, salah satunya adalah Portal Jabodetabek. --Maung Bandung (bicara) 08:29, 30 Juli 2010 (UTC)