Wikipedia:Tetap merendah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini adalah sebuah esai di Wikipedia bahasa Indonesia.
Esai ini berisi nasihat atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor di Wikipedia. Halaman ini bukan merupakan kebijakan atau pedoman Wikipedia, karena belum benar-benar disepakati oleh komunitas. Beberapa esai dapat menunjukkan norma yang berlaku secara luas; sedangkan yang lainnya mewakili sudut pandang minoritas.
Mohon, tetaplah merendah.

Tetap merendah adalah sebuah pendekatan untuk berurusan dengan masalah editor dan situasi bermasalah. Ketika mencari solusi, pilihlah solusi nyata yang bisa diterapkan. Lakukan dalam berbagai kemungkinan yang sebenarnya dan sumber daya yang ada.

  • Jangan coba-coba berharap seorang mentor muncul ke tempat di mana tidak ada orang yang melangkah maju, kecuali Anda siap untuk menjadi mentor.
  • Jangan mencoba untuk mengatur kompromi yang membutuhkan kerja sama masalah editor, ketika masalah editor tersebut jelas-jelas tidak dapat diselesaikan dengan bekerja sama.
  • Jangan mencoba untuk menimpakan masalah kepada orang-orang yang tidak menawarkan diri untuk menyelesaikan masalah itu, atau ke dalam proses yang tidak dirancang untuk menanganinya.

Gunakan sumber daya yang benar-benar tersedia. Jika sumber daya tersebut dalam keadaan terbatas dan tidak memuaskan, bekerja sama-lah dengan pengguna yang bersedia, atau tawarkan diri Anda sendiri.

Lihat juga[sunting sumber]