Wikipedia:Tanya jawab (Pembaca)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tanya jawab seputar Wikipedia Crystal 128 khelpcenter.png

Halaman ini berisikan hal-hal yang mungkin ditanyakan oleh seorang pembaca mengenai Wikipedia.

Bagaimana cara mencari sesuatu di Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Tampilan "kotak pencarian"
Di sebelah kanan atas pada layar Anda, terdapat kotak pencarian berjudul "Cari". Ketikkan apa yang Anda cari di kotak pencarian tersebut dan tekan Enter. :Cara lainnya adalah dengan mempergunakan Google. Klik pada pranala di bawah ini untuk mencari di:
Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat di halaman: Wikipedia:Pencarian.

Bagaimana cara saya mulai menjelajah di Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Salah satu cara untuk menjelajahi Wikipedia adalah dengan memantau halaman perubahan terbaru. Ini adalah halaman yang mendaftarkan artikel-artikel yang detik ini diubah oleh pengguna lain. Cara ini efektif untuk menjelajahi halaman-halaman apa saja yang sedang aktif disunting oleh Wikipediawan.
Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat di halaman Wikipedia:Perubahan terbaru

Bagaimana cara mengutip atau melakukan riset dengan Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Salah satu yang perlu Anda ingat adalah mencantumkan pranala permanen suatu halaman.
Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat di halaman Wikipedia:Mengutip Wikipedia. Informasi dan pertanyaan lengkap mengenai hak cipta dapat Anda lihat di halaman Wikipedia:Hak cipta dan Wikipedia:Tanya jawab (Hak cipta).

Apa itu hak cipta?[sunting | sunting sumber]

Hak cipta adalah hak yang dimiliki oleh pembuat suatu karya agar orang lain tidak dapat meniru/menyalin karyanya serta mengakunya. Tidak seperti paten, Anda tidak perlu mendaftarkan suatu karya untuk memperoleh hak cipta - Anda memperolehnya setiap kali Anda membuat suatu karya.

Apakah Wikipedia berhak cipta?[sunting | sunting sumber]

Artikel-artikel Wikipedia seluruhnya adalah isi terbuka dan diberi lisensi GNU Free Documentation License (GFDL). Seluruh karya yang ditambahkan ke dalam Wikipedia dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi/Berbagi Serupa Creative Commons 3.0 atau yang lebih baru, dan para kontributor harus menyetujui untuk melepas kontribusi mereka di bawah lisensi tersebut agar kontribusi mereka dapat disunting dan didistribusikan ulang.
Perlu diingat bahwa layanan Wikipedia bahasa Indonesia diberikan oleh Yayasan Wikimedia di Amerika Serikat dan karenanya mengikuti hukum yang berlaku di sana. Semua keterangan yang Anda temukan di halaman ini didasarkan pada hukum yang berlaku di negara tersebut.
Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat di halaman: Wikipedia:Hak cipta dan Terms of Use.

Bagaimana cara menyebutkan sumber artikel Wikipedia dalam sebuah dokumen?[sunting | sunting sumber]

Lakukan sebagaimana biasanya dengan situs web lainnya. Anda tidak perlu menyebut nama penulisnya, tapi Anda perlu untuk menyebutkan tanggal berapa Anda mendapatkan artikel tersebut.
Sumber kutipan secara otomatis dalam beragam gaya dapat Anda temukan di pranala "Kutip artikel ini" dalam kotak peralatan. Lihat juga: Wikipedia:Mengutip Wikipedia.

Dapatkah saya melakukan mirror atas seluruh bagian Wikipedia di situs saya?[sunting | sunting sumber]

Anda dapat melakukan mirror atau mengutip sebanyak yang Anda inginkan, sejauh Anda mempertahankan lisensi GFDL atas teks yang Anda kutip itu.

Dapatkah saya menggunakan kembali isi Wikipedia di tempat lain?[sunting | sunting sumber]

Isi teks Wikipedia adalah materi berhak cipta, tapi Anda dapat mempergunakannya kembali di bawah persyaratan lisensi kami, secara singkat dijelaskan di bawah ini.
Teks di Wikipedia, tidak termasuk kutipan, telah dirilis di bawah Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (atau berada di dalam domain publik), dan karenanya boleh dipergunakan kembali jika Anda merilis karya turunan tersebut di bawah GFDL juga. Lisensi ini mensyaratkan, antara lain, bahwa Anda harus menyebutkan para penciptanya dan mengizinkan orang lain untuk menyalin karya Anda secara bebas.
(Ini adalah ikhtisar singkat, lihat teks lisensi lengkapnya untuk detail yang persis. Bila ada perbedaan pemaknaan dengan teks bahasa Inggris yang juga disertakan di sana, maka yang dipergunakan adalah pengertian menurut teks dalam bahasa Inggris).
Jika Anda tidak mau atau tidak dapat mempergunakan GFDL untuk karya Anda, maka Anda tidak boleh mempergunakan isi Wikipedia. Kutipan pendek dari isi Wikipedia, dengan menyebutkan nama sumbernya, diizinkan menurut klausa penggunaan wajar di dalam hukum hak cipta Amerika Serikat. Lihat Wikipedia:Mengutip Wikipedia untuk informasi mengenai bagaimana cara mengutip artikel dengan benar.
Gambar-gambar yang dipergunakan di Wikipedia mungkin memiliki skema lisensi masing-masing yang sama sekali independen. Periksa halaman deskripsi gambar tersebut dengan cara mengeklik pada gambar yang diinginkan. Anda akan menemukan status hak cipta dari gambar tersebut. Banyak gambar yang ada di dalam domain poblik atau dilisensikan di bawah lisensi copyleft (misalnya, GFDL), tetapi banyak juga gambar yang sesungguhnya berhak cipta, dan dipergunakan di Wikipedia di bawah klausa penggunaan wajar dalam hukum hak cipta Amerika Serikat. Lihat pula: Wikipedia:Gambar.

Dapatkah saya memakai gambar dari artikel Wikipedia yang ditulis pengguna lain, di dalam artikel yang saya buat/sunting?[sunting | sunting sumber]

Boleh, asalkan gambar tersebut adalah gambar berlisensi GFDL atau lisensi bebas yang setara. Jika gambar tersebut merupakan penggunaan wajar, maka kemungkinan Anda tidak boleh menggunakannya.

Apakah saya bisa mengunduh Wikipedia atau mendapatkannya dalam bentuk CD?[sunting | sunting sumber]

SOS Children telah mempublikasikan Wikipedia CD Selection yang dapat diunduh secara bebas di wikipedia cd download page.
Informasi mengenai pengunduhan database dapat Anda temukan di halaman pengunduhan basis data, tetapi untuk dapat mempergunakannya, Anda masih perlu untuk menginstalasi sebuah server web, PHP, MySQL, dan perangkat lunak wiki MediaWiki.

Apakah saya harus menggunakan lisensi GFDL untuk pranala dari situs saya ke Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah "tidak". Sebuah pranala bukanlah hal yang diatur oleh hak cipta, jadi lisensi GFDL tidak berlaku untuk itu.

Bagaimana jika saya mengutip beberapa kalimat singkat (tiga atau empat kalimat)?[sunting | sunting sumber]

Jawabannya juga "tidak" karena hal ini dilingkupi dengan doktrin penggunaan wajar.

Bagaimana jika saya mengutip seluruh artikel?[sunting | sunting sumber]

Anda mungkin perlu berkonsultasi juga dengan penasihat hukum Anda, atau lisensikan situs Anda di bawah lisensi GFDL. Bagaimanapun, para Wikipediawan berusaha untuk menganggap bahwa semua orang memiliki niat baik. Jadi, sedikit pelanggaran hak cipta tampaknya tidak akan menyebabkan Anda dituntut secara hukum.

Saya menemukan banyak sekali artikel pendek tentang kecamatan dan desa di Indonesia. Apa yang dapat saya lakukan mengenai ini?[sunting | sunting sumber]

Ya, jika Anda mempergunakan pranala halaman sembarang, memang ada banyak artikel mengenai mulai dari desa/kelurahan, kecamatan, hingga kota-kota di Indonesia. Jika artikel-artikel ini tidak menarik minat Anda, silakan klik lagi pranala halaman sembarang itu hingga artikel yang menarik untuk Anda muncul.

Apa yang harus saya lakukan jika saya menemukan kesalahan fakta di Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Silakan langsung perbaiki saja. Kontribusi sukarela dari orang-orang yang percaya bahwa pengetahuan harus diberikan secara bebas bagi semua oranglah yang membentuk Wikipedia, dan komunitas ini selalu siap untuk menyambut siapa pun yang mau bergabung.
Karena Wikipedia adalah proyek sukarela yang dapat disunting oleh setiap orang, kesalahan atau kelalaian dapat dan selalu bermunculan. Ini harus selalu diingat ketika kita membaca suatu artikel: jangan mempercayai semua informasi seratus persen, lihat juga sumber-sumber dari mana penulis Wikipedia mengutip.

Apa yang harus saya lakukan jika saya menemukan pelanggaran hak cipta di Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Kami memandang masalah seperti ini dengan sangat serius. Kami berupaya keras untuk menjaga agar tidak ada pelanggaran hak cipta di Wikipedia, tetapi memang selalu saja ada yang lolos dari pengamatan. Jika Anda adalah pemegang hak cipta dari berkas atau teks tersebut, silakan segera laporkan di Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan).