Wikipedia:Tanya jawab (Administrasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tanya jawab seputar Wikipedia Crystal 128 khelpcenter.png

Halaman ini menjawab mengenai pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Pengurus Wikipedia.

Tentang kebijakan[sunting | sunting sumber]

Bagaimana kebijakan-kebijakan ditetapkan?[sunting | sunting sumber]

Halaman Kebijakan dan pedoman menggambarkan bagaimana Wikipedia menetapkan kebijakan dan pedomannya melalui sebuah proses diskusi dan konsensus, dan tidak ditentukan oleh satu orang maupun satu kelompok saja. Diskusi ini dapat dimulai di mana saja, salah satunya di halaman permohonan pendapat.

Bagaimana cara mengubah suatu kebijakan?[sunting | sunting sumber]

Anda dapat mendiskusikannya terlebih dahulu melalui warung kopi atau halaman permohonan pendapat.

Tentang kepengurusan[sunting | sunting sumber]

Apa itu Pengurus/Administrator/Opsis?[sunting | sunting sumber]

Ketiganya adalah hal yang sama. Seorang pengurus adalah Wikipediawan yang memiliki hak akses ke fungsi-fungsi Wikipedia yang terbatas, antara lain: (1) menghapus artikel dan berkas, (2) melindungi dan menghapus perlindungan suatu halaman, serta (3) memblokir dan membuka blokir suatu alamat IP atau seorang pengguna. Para pengurus cenderung memiliki sifat yang ramah dan pasti mau membantu Anda, kapan saja Anda menulis di "halaman pembicaraan" mereka. Untuk daftar pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, silakan lihat di daftar pengurus.

Apa itu Birokrat, Pemeriksa, Pengawas, Steward?[sunting | sunting sumber]

Birokrat, Pemeriksa, Pengawas, dan Steward adalah para pengurus Wikipedia dengan hak-hak yang lebih tinggi lagi dan bervariasi. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi halaman masing-masing.

Apa itu Editor dan Peninjau?[sunting | sunting sumber]

Editor jangan dikacaukan dengan seorang penyunting Wikipedia biasa. Pengguna dengan status Editor atau Peninjau adalah pengguna yang memiliki hak khusus untuk menilai kelayakan sebuah artikel.

Bagaimana cara menjadi pengurus?[sunting | sunting sumber]

Pertama, Anda harus memiliki sebuah akun atau nama penguna. Kemudian, jadilah penyunting yang baik selama beberapa waktu, supaya komunitas dapat menilai apakah Anda ada di sini dengan niat baik. Syarat-syarat untuk menjadi pengurus dan tempat untuk mengajukan diri dapat ditemukan di halaman permohonan status pengurus. Jika Anda menjadi Pengurus, pastikan Anda telah membaca dan mengerti: Wikipedia:Pengurus bukanlah, Wikipedia:Pedoman pengurus, Wikipedia:Kebijakan dalam menghapus halaman, Wikipedia:Kebijakan melindungi halaman, dan Wikipedia:Kebijakan pemblokiran. Setelah Anda menjadi seorang pengurus, mohon gunakan hak-hak pengurus Anda dengan arif. Pengurus yang menyalahi aturan atau tidak aktif dapat dinominasikan untuk dicabut hak-haknya oleh komunitas.

Siapa yang mengangkat dan memberhentikan seorang pengurus?[sunting | sunting sumber]

Hanya birokrat dan steward yang dapat mengangkat serta memberhentikan seorang pengurus.

Siapa yang mengawasi tindak tanduk seorang pengurus?[sunting | sunting sumber]

Para pengurus saling memonitor di antara mereka. Hampir semua hak-hak istimewa pengurus dapat dibatalkan oleh pengurus lainnya (termasuk penghapusan halaman, pelindungan halaman, dan pemblokiran). Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia juga memiliki kekuasaan untuk memonitor pengurus proyek-proyek Wikimedia.

Saya diblokir/artikel saya dihapus/saya tidak bisa menyunting halaman yang dilindungi. Bagaimana saya dapat mengajukan banding terhadap tindakan pengurus?[sunting | sunting sumber]

Cara paling mudah adalah menghubungi pengurus tersebut secara langsung dan bicarakan baik-baik. Jika Anda diblokir, Anda dapat menghubungi pengguna lain melalui jalur-jalur di luar Wikipedia, seperti Facebook atau Milis. Jika cara tersebut tidak berhasil, Anda dapat membawanya terlebih dahulu ke warung kopi untuk didiskusikan dengan Wikipediawan yang lain, atau Anda dapat melakukan salah satu cara di bawah ini:
  • Jika Anda tidak setuju dengan penghapusan suatu artikel/gambar, Anda dapat mengusulkan penghapusan tersebut dievaluasi ulang melalui Wikipedia:Evaluasi penghapusan
  • Jika sebuah artikel dikunci (dilindungi) dan Anda ingin menyuntingnya, Anda dapat meminta supaya kunci/perlindungannya dibuka melalui halaman pembicaraan artikel tersebut atau halaman Wikipedia:Permintaan perhatian pengurus
  • Jika Anda diblokir karena alasan yang tidak tepat atau kurang kuat atau salah pemblokiran sehingga Anda tidak dapat menyunting halaman apa pun, maka satu-satunya cara adalah menghubungi Wikipediawan lain melalui jalur di luar WBI.