Wikipedia:Proyek sekolah dan universitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:TUGAS

Semua orang disambut di Wikipedia. Jika Anda adalah guru, dosen, pelajar, maupun mahasiswa, kami mendorong Anda untuk menggunakan Wikipedia dalam kegiatan proyek sekolah atau kampus untuk mendemonstrasikan bagaimana suatu situs isi terbuka bekerja (atau tidak bekerja). Kegiatan ini dapat mengembangkan pengetahuan siswa dan juga dapat membuat penambahan isi yang bermanfaat bagi wikipedia.

Kelebihan proyek-proyek seperti ini dibandingkan dengan tugas rumah biasa adalah bahwa siswa akan berhadapan dengan kondisi dunia nyata yang tidak hanya lebih mendidik tapi juga lebih menarik ("seluruh dunia dapat melihat karya saya"), yang mungkin akan membawa pada peningkatan dedikasi. Di samping itu, siswa juga mendapat kesempatan untuk berkolaborasi membuat catatan dan makalah, dan upaya tersebut akan selalu berada di Internet sebagai rujukan, tidak dibuang dan dilupakan sebagaimana biasa terjadi pada tugas sekolah biasa.

Halaman ini (dan subhalaman-subhalamannya) memberikan pedoman bagi guru atau dosen yang ingin memberikan tugas menulis di Wikipedia kepada siswanya. Halaman pembicaraan dapat digunakan untuk mengajukan pertanyaan pada sukarelawan Wikipedia.

Daftar proyek[sunting | sunting sumber]

Cantumkan proyek Anda di sini. Berikan nama sekolah atau universitas, nama proyek, rentang tanggal penugasan, dan deskripsi ringkas mengenai tugas yang diberikan.

Contoh:

Universitas Indonesia, Magister Teknologi Informasi, Mata Kuliah Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, Semester Gasal 2009/2010. Ditugaskan dosen untuk melengkapi artikel-artikel tentang teknologi jaringan komputer dan komunikasi data seperti WiMAX, 3G, dll.

Daftar proyek:

  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta, Sistem Informasi, Mata Kuliah Pengantar Teknonologi Informasi, Semester Gasal 2009/2010.
Nama Proyek = UPN Veteran SI Kelas A dan B
Rentang tugas = Satu semester gasal 2009/2010
Deskripsi tugas = Ditugaskan untuk mendaftar, dan melengkapi artikel-artikel berdasarkan kesukaan (hobby) mereka. Daftar lengkapnya akan menyusul.
Pembimbing = M. Misdianto
  • ...

Petunjuk bagi pengajar[sunting | sunting sumber]

  1. Pertanyaan pertama yang harus Anda ajukan pada diri sendiri adalah: "Apakah Wikipedia cocok untuk kelas Anda?" Seluruh isi Wikipedia harus dilepas dengan lisensi terbuka.
  2. Biasakan diri Anda dengan Wikipedia. Jika Anda menugaskan orang untuk melakukan sesuatu, Anda sendiri paling tidak harus mengerti bagaimana sesuatu itu bekerja.
  3. Daftarkan dan umumkan proyek Anda di sini agar kontributor lain menyadari adanya proyek Anda.

Petunjuk bagi siswa[sunting | sunting sumber]

  1. Jika belum terdaftar, daftarkanlah diri Anda terlebih dulu. Sebisa mungkin gunakan nama lengkap Anda agar mudah dikenali. JANGAN gunakan atau sertakan nomor siswa atau nomor mahasiswa karena identitas itu hanyalah sementara. Anda toh tidak ingin dikenang sebagai kontributor Wikipedia dengan nomor tersebut, kan?
  2. Selama mengerjakan tugas, cantumkan kotak pengguna {{pengguna tugas sekolah}} di halaman pengguna Anda untuk memberikan informasi bagi Wikipediawan lain. Dengan pemberian kotak pengguna ini, Wikipediawan lain akan lebih sabar menghadapi Anda.
  3. Baca petunjuk ringkas menggunakan Wikipedia dan lanjutkan dengan halaman bantuan untuk topik-topik yang lebih mendalam.
  4. Baca pedoman gaya penulisan untuk mengetahui gaya penulisan yang berlaku di Wikipedia.
  5. Sebelum Wikipedia:memulai halaman baru periksa dulu apakah artikel yang Anda buat sudah ada di Wikipedia. Gunakan kotak pencarian di sebelah kiri untuk mencari artikel.
  6. Jika mau, setelah membuat atau menyempurnakan artikel, Anda dapat menggunakan tag {{tugas sekolah}} di halaman pembicaraan artikel tersebut untuk menandainya.

Kesalahan yang sering dilakukan[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar kesalahan umum yang sering ditemukan dilakukan oleh pengguna baru yang mendapat tugas sekolah atau universitas untuk menulis Wikipedia.

  1. Menambahkan nama pengguna, nomor induk pelajar/mahasiswa di badan artikel. Sebuah halaman di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi dari para penulisnya, sehingga tidak ada yang namanya kepemilikan pada artikel tertentu.
  2. Menggunakan kapitalisasi judul yang berlebihan atau tidak pada tempatnya. Misalnya dengan menulis huruf pertama pada setiap kata dari judul artikel atau judul subbagian dengan huruf besar. Konsensus wikipedia mengatakan bahwa kecuali untuk nama diri, judul artikel dan judul subbagian artikel menggunakan kapitalisasi kalimat, yaitu hanya huruf pertama dari kata pertama yang dibuat dengan huruf besar.
  3. Menimpa artikel yang sudah ada secara keseluruhan atau menghapus suntingan pengguna lain tanpa penjelasan yang memadai. Wikipedia adalah proyek bersama.
  4. Membuat artikel yang sudah ada atau serupa. Sebaiknya melihat dahulu apakah suatu artikel sudah ada. Jika ada, siswa bisa menambahkan informasi di artikel yang sudah ada secara rapi.
  5. Membuat artikel yang cakupannya terlalu sempit. Sebuah lema ensiklopedia seyogyanya cakupannya seluas mungkin. Lihat pula: Wikipedia:Kelayakan.
  6. Menulis artikel dengan gaya penulisannya yang tidak ensiklopedis. Seperti menulis dengan gaya esei atau karangan makalah.
  7. Menuliskan isi riset asli. Artikel Wikipedia tidak boleh mengandung hasil penelitian sendiri yang belum dipublikasikan. Lihat Wikipedia:Bukan riset asli
  8. Menulis artikel dengan menggunakan gaya bahasa naratif.
  9. Menghapus tag-tag pemeliharaan yang diberikan pengguna lain tanpa ada upaya perbaikan yang memadai. Tag-tag pemeliharaan diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dari artikel yang bersangkutan.
  10. Kurang berkomunikasi dengan pengguna-pengguna lainnya yang sudah mapan di Wikipedia. Seyogyanya para siswa berkomunikasi dengan para pengguna yang sudah mapan atau para pengurus. Jika tidak karya mereka bisa dianggap vandalisme dan segera dihapus. Selain sayang, hal seperti ini bisa merusak suasana di Wikipedia.
  11. Tidak mencantumkan teks untuk pranala luar dan hanya memberikan URL. Dengan mencantumkan teks keterangan, pengguna bisa lebih paham apa yang ada di URL tersebut tanpa harus terlebih dulu mengeklik pranala tersebut. Seringkali juga pengguna hanya mencantumkan pranala luar ke halaman utama sebuah situs padahal seharusnya menuju ke halaman yang khusus membahas artikel yang dimaksud. Dalam beberapa kasus, seringkali juga pengguna mencantumkan pranala luar dari situs web yang seakan-akan berhubungan tetapi sebenarnya tidak membahas isi artikel sama sekali.
  12. Menggunakan istilah-istilah bahasa asing secara berlebihan, yang sebenarnya sudah memiliki padanannya dalam bahasa Indonesia.

Panduan[sunting | sunting sumber]

Berikut rencana kerja proyek sekolah dan universitas yang mungkin dapat diterapkan.

Rencana kerja
Fase A: Persiapan 1. Rekrut fasilitator.
2. Pikirkan tujuan apa yang ingin dicapai oleh siswa Anda. Gunakan pengalaman dari fasilitator Anda untuk memeriksa kelayakannya.
3. Ciptakan rencana kerja: time table dan daftar tugas atau artikel.
Fase B: Pelatihan 4. Ajarkan dasar-dasar Wikipedia: persyaratan formal, penyuntingan, manajemen mutu, tutorial untuk pelajar tingkat lanjut. Jika Anda mengundang pembicara publik, akan ada perasaan yang lebih konstruktif: "bahwa ada orang yang berkualitas dibalik ini; kerjasama menghasilkan konten yang lebih baik". Durasi pelatihan 90 menit.
5. Eksekusi dan pantau semua fase dan terapkan/laksanakan di Wikipedia (dorong siswa selama proses berlangsung, hadapi setiap kelemahan).
Model Model: Sarjana di Amerika Serikat
  • Siswa Anda dapat bekerja pada topik yang komprehensif
  • Formasi kelompok: Disamping artikel individu mereka, siswa Anda seharusnya bekerja pada artikel kolaboratif untuk melatih kerjasama dan manajemen soft skill.
  • Tujuan untuk menciptakan konten yang berorientasi pada kriteria artikel bagus atau artikel pilihan adalah bukti yang nyata.
    1. Dosen menyiapkan daftar tugas (misalnya daftar artikel untuk disunting); yang kemudian diserahkan kepada siswa/peserta proyek.
    2. Kelompok kerja ditetapkan: 3-5 siswa harus mengerjakan satu tema; yang idealnya: bertopik ilmiah (dipilih secara akurat dan memiliki sumber terpercaya).
    3. Siswa mengambil tema yang mereka pilih dan menuliskan artikel (3 minggu).
    4. Wikipedia Peer-review (2 minggu)
    5. Tinjauan ulang oleh dosen
Face C: Kesimpulan 6. Anda mengevaluasi proyek Anda (menyelesaikan proyek Anda, memberikan umpan balik kepada siswa Anda dan kepada Wikipedia)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]