Wikipedia:ProyekWiki Anime dan Manga/Pedoman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini adalah bagian dari pedoman gaya di Wikipedia bahasa Indonesia.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang harus diikuti oleh semua pengguna, meskipun sebaiknya dipahami dengan akal sehat, dan pengecualian dapat berlaku sewaktu-waktu. Segala penyuntingan substansial yang dilakukan di halaman ini harus menggambarkan konsensus. Jika Anda ragu, diskusikan terlebih dahulu di halaman pembicaraan.

Halaman ini merupakan pedoman gaya untuk artikel bertopik anime, manga, dan artikel terkait lainnya. Panduan ini ditulis agar dapat mudah dipahami para kontributor baru, yang menjadi kelompok mayoritas dalam menyunting halaman terkait anime dan manga. Pedoman gaya ini menetapkan bentuk standar untuk artikel bertopik seri anime dan manga, waralaba, dan karakter. Halaman ini menjelaskan pedoman penamaan yang disepakati untuk artikel seri, daftar istilah, serta karakter anime dan manga dengan dan tanpa terjemahan bahasa Indonesia yang resmi. Halaman ini juga menunjukkan bagaimana cara mengembangkan artikel yang tepat dari bagian atas ke bawah, dari sekumpulan artikel ensiklopedis tentang waralaba media Jepang yang sangat besar. Yang terakhir, panduan ini memiliki pranala yang terhubung ke kebijakan dan pedoman lain yang sesuai di mana pun membantu.

Cakupan

Pedoman gaya ini diterapkan untuk artikel bertopik anime, manga, dan artikel terkait lainnya, serta merupakan subpedoman khusus topik dari beberapa Pedoman gaya berikut ini:

Untuk panduan yang lebih umum tentang kebijakan penyuntingan, lihat Wikipedia:Pedoman gaya. Untuk terjemahan yang telah distandarisasikan dan romanisasi dari beberapa istilah bahasa Jepang, lihat:

Untuk membuat diskusi, meminta bantuan, dan kolaborasi penyuntingan terkait artikel bertopik anime dan manga, lihat pula Wikipedia:ProyekWiki Anime dan Manga.

Para pengguna juga harus mengingat pedoman yang ditetapkan oleh ProyekWiki Televisi atau ProyekWiki Film, karena kebijakan tersebut berhasil dengan baik untuk media yang berlanjut, termasuk manga.

Nama artikel dan disambiguasi

Gunakan nama terbitan versi Indonesia yang paling dikenal sebagai nama artikel dan tambahkan transliterasi bahasa Jepang pada baris pertama artikel. Jika nama tersebut mengandung simbol/karakter khusus (seperti ♥), jangan ditambahkan ke judul artikelnya. Jika sebuah karya telah diterjemahkan, judulnya biasanya merupakan terjemahan resmi di Indonesia. Jika judul resminya lebih dari satu, gunakan satu nama yang paling dikenal yang diketahui orang di Indonesia. Peraturan ini diterapkan untuk seri manga dan anime, artikel tentang karakter, dan artikel tentang elemen fiksi. Lihat pula: WP:NAME: TV | Buku | Film.

Jika ada beberapa artikel memiliki nama yang sama, gunakan pedoman penamaan halaman Wikipedia:

  • Artikel tentang film anime – judul (film)
  • Artikel tentang serial anime – judul (serial TV)
  • Artikel tentang manga – judul (manga)
  • Artikel tentang novel ringan – judul (novel)
  • Artikel tentang permainan video – judul (permainan video)
  • Artikel tentang novel visualjudul (novel visual)
  • Drama/tokusatsu aksi langsung (live action) – judul (serial TV)
  • Artikel tentang musikal – judul (musikal)

Dalam kasus di mana judul disambiguasi dibutuhkan untuk beberapa artikel yang terkait dengan sebuah properti intelektual yang sama, artikel tentang karya aslinya pada umumnya dijadikan sebagai halaman "dasar". Sebagai contoh, artikel Yu-Gi-Oh! berisi tentang seri manga, dengan subbagian dan sebuah halaman disambiguasi yang jika diklik, akan menampilkan subjek lain dengan judul artikel yang serupa.

Pedoman pendahulu seharunya harus mengatasi sebagian besar contoh yang berkaitan dengan disambiguasi, namun Anda dipersilakan untuk mengunjungi ProyekWiki Anime dan Manga atau halaman pembicaraan Disambiguasi jika memiliki pertanyaan lebih lanjut.

Pengalihan

Sesuai dengan Pedoman gaya (Artikel bertopik Jepang), jangan lupa untuk selalu membuat pengalihan sebagai nama alternatif dari judul, terutama apabila judul tersebut menggunakan tanda garis makron atau karakter lainnya yang berbeda jika diketikkan dengan papan ketik. Ingat bahwa pengalihan ke sebuah artikel dapat ditujukan ke subbagian tertentu apabila dibutuhkan.

Pedoman struktur artikel

Berikut adalah pedoman yang dapat digunakan editor untuk menyunting artikel bertopik anime dan manga agar bisa diklasifikasikan sebagai artikel yang baik.

Ketentuan umum

  1. Jangan terbebani aturan!
  2. Selalu gunakan judul artikel sesuai manga atau anime versi Indonesianya (bila ada). Baca pula: Wikipedia:Pedoman pemberian nama artikel
  3. Wikipedia dikunjungi oleh orang-orang yang berusaha mencari tahu tentang hal yang asing bagi mereka, jadi selalu asumsikan bahwa pembaca belum pernah mendapat informasi sedikitpun tentang artikel yang Anda buat.
  4. Gunakan cetak-miring untuk menulis judul buku/manga/anime. Contoh: One Piece.
  5. Gunakan cetak-miring untuk istilah-istilah yang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia.
  6. Nama diri selalu diawali dengan huruf kapital. Baca pula Wikipedia:pedoman ejaan#huruf kapital
  7. Artikel utama harus jelas dan berisi semua hal-hal mendasar tentang hal yang sedang dibahas sehingga pembaca mendapatkan informasi-informasi dasar artikel tersebut dengan hanya membaca artikel utamanya saja.
  8. Buat halaman peralihan (redirect) untuk nama dan judul alternatif, terutama jika judul artikel tersebut menggunakan mācron.
  9. Bubuhkan kategori di setiap artikel. Untuk keterangan dan cara membubuhkan kategori pada sebuah artikel, baca: Bantuan:Kategori.
  10. Tidak membuat seksi trivia dalam artikel. Integrasikan trivia-trivia itu ke dalam artikel utama.
  11. Jangan pernah menuliskan hal-hal spekulatif yang tidak memiliki referensi, karena Wikipedia bukanlah bola kristal.
  12. Jangan lupa untuk mengelompokan artikel-artikel tersebut sesuai dengan skala kualitasnya.

Manga, OVA atau anime

Bagian

  1. Kotak info (infobox). Untuk lebih jelasnya, silakan baca Templat: Infobox animanga
  2. Bagian pembukaan. Di bagian ini Anda dapat menuliskan garis besar artikel yang Anda buat; Jangan terlalu panjang dan jangan pula mengandung spoiler. Penjelasan lebih lengkap dapat Anda temukan di artikel Wikipedia:Bagian pembuka.
    • Tuliskan judul artikel dalam bahasa Indonesia diikuti dengan judul artikel dalam bahasa aslinya pada baris pertama artikel.
    • Jika bahasa asli artikel tersebut adalah bahasa Jepang, gunakan templat {{nihongo}}. Berikan pula penjelasan bahwa artikel tersebut adalah judul sebuah manga/anime. Contoh: "Naruto (ナルト) adalah judul sebuah serial manga dan anime yang [...]."
    • Tuliskan pula nama pengarang atau pencipta, penerbit dan tahun terbit (di Indonesia dan di negara asalnya).
  3. Sinopsis atau plot cerita. Pada bagian ini, Anda harus menuliskan setidaknya minimal bagian awal cerita sebuah serial atau film.
    • Jika plot yang ada terlalu panjang, pertimbangkan untuk memisahkannya menjadi sebuah artikel yang berbeda. Tetapi meskipun telah dipisahkan, garis besar plot cerita harus tetap ditulis di artikel utama. Dilarang menyisipkan templat {{spoiler}} di awal bagian ini.
    • Perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam versi bahasa Indonesia jika dibandingkan dengan versi bahasa lain juga dapat dituliskan di bagian sinopsis ini.
  4. Daftar tokoh utama. Tuliskan deskripsi yang paling mendasar dari karakter tersebut dan, jika ada, tuliskan pula pengisi suaranya.
    • Nama tokoh harus sama dengan yang tertulis dalam anime atau manga versi Indonesianya, jika ada.
    • Pada bagian ini, nama karakter yang dibahas harus dicetak tebal, jangan menggunakan format subbagian karena hal itu hanya akan membuat bagian 'Daftar isi' terlihat terlalu panjang.
    • Tokoh minor juga boleh dituliskan pada bagian ini dengan tetap memperhatikan panjang artikel. Jika terlalu panjang, pertimbangkan untuk memisahkannya menjadi halaman tersendiri dengan format judul artikel Daftar tokoh dalam (nama).
    • Jika deskripsi sebagian besar tokoh hanya terdiri dari satu atau dua kalimat, Anda sebaiknya menggunakan bullet list (senarai dengan tanda *) untuk memisahkan deskripsi setiap tokoh. Lain halnya jika deskripsi sebagian besar karakter terdiri dari satu paragraf atau lebih, gunakan 'markah definisi' (;nama tokoh: deskripsi).
  5. Sambutan masyarakat atau resepsi terhadap manga/anime tersebut juga patut ditulis dalam artikel.
  6. Daftar media judul setiap episode, daftar manga, lagu tema, dll., sebaiknya diletakan di bagian akhir artikel. Jika bagian ini terlalu panjang, pertimbangkan untuk memisahkannya ke dalam artikel baru dengan format judul artikel Daftar media dalam (judul). Baca pula: Wikipedia:Daftar berdiri sendiri.
  7. Terminologi, beberapa artikel membutuhkan bagian tersendiri untuk menjelaskan terminologi atau istilah yang ada di dalamnya. Tuliskan daftar istilah-istilah itu dengan 'markah definisi' (;istilah: definisi). Baca pula Wikipedia:Jelaskan jargon.
  8. Catatan kaki, kutipan dan referensi ditaruh di bagian akhir artikel. Baca pula: Bantuan:Catatan kaki.
  9. Pranala luar ke situs resmi anime atau manga yang sedang dibahas.
    • Tidak diizinkan membuat pranala ke situs fan (fansite).
    • Tuliskan pranala secara spesifik dan langsung diarahkan ke halaman yang membahas subjek artikel tersebut.

Karakter anime/manga/OVA

  1. Bagian pembukaan. Di bagian ini Anda dapat menuliskan garis besar artikel yang Anda buat; Jangan terlalu panjang dan jangan pula mengandung spoiler. Jelaskan dari anime atau manga apa karakter ini berasal dan apa peran utamanya di cerita itu. Jika karakter tersebut adalah karakter dalam sebuah anime/OVA, tuliskan pula nama pengisi suara (seiyu) karakter di bagian ini. Penjelasan lebih lengkap dapat Anda temukan di artikel Wikipedia:Bagian pembuka.
  2. Penokohan dan perwatakan. Di bagian ini Anda dapat menjelaskan sifat, kepribadian, ciri fisik dan penokohan karakter yang sedang dibahas. Tulis pula kemampuan-kemampuan atau kekurangan dan kelebihannya.
  3. Latar belakang. Jika ada, tuliskan kehidupan masa lalu karakter.
  4. Riwayat. Kemunculan karakter di dalam anime/manga/OVA bersangkutan. Ceritakan seluruh peristiwa dan kejadian yang dialami karakter di anime/manga/OVA tersebut.

Tokoh

Untuk artikel tentang seiyū (pengisi suara), animator, sutradara, mangaka, dll. yang masih hidup, ikuti panduan Wikipedia:Biografi tokoh yang masih hidup. Hal-hal yang harus dimuat dalam artikel tentang tokoh adalah:

  • Nama dalam huruf kanji dan huruf latinnya.
  • Tanggal lahir (dan tanggal wafatnya ia telah meninggal)
  • Karya-karya terkenalnya
  • Dampak karya-karyanya terhadap masyarakat (jika ada)

Pengelompokkan artikel

  1. Bandingkan artikel- artikel tersebut, apakah itu artikel bagus, kelas-A, kelas-B, kelas awal, atau rintisan (lihat WP:SKALA)
  2. Taruh kode {{Hp}} di halaman pembicaraan artikel ybs.
  3. Taruh kode {{anime}} di halaman pembicaraan artikel ybs.
    1. Taruh kode {{anime|perbaiki}} untuk kategori artikel yang perlu diperbaiki
    2. Taruh kode {{anime|awal}} untuk kategori artikel kelas awal
    3. Taruh kode {{anime|B}} untuk kategori artikel kelas B
    4. Taruh kode {{anime|A}} untuk kategori artikel kelas A
    5. Taruh kode {{anime|bagus}} untuk kategori artikel bagus
    6. Taruh kode {{anime|pilihan}} untuk kategori artikel pilihan
  4. Jika artikel itu dikelompokkan sebagai rintisan, tambahkan kode {{manga-stub}} ke artikel yang bersangkutan.

Perusahaan dan organisasi

Lihat Wikipedia:Perusahaan, korporasi dan informasi ekonomis untuk panduan dasarnya. Tuliskan tahun pendirian dan pembubaran (jika ada) dan karya terkenal yang dikeluarkan oleh organisasi tersebut. (Dalam praktiknya, karya terkenal biasanya dijadikan artikel daftar yang komprehensif.) Untuk perusahaan yang terkait dengan anime, tambahkan Kategori:Perusahaan anime, Kategori:Studio animasi, atau keduanya apabila memungkinkan.

Konvensi

Kotak info standar untuk artikel yang terkait dengan konvensi anime adalah {{Infobox Convention}}. Kotak info tersebut menyediakan sekumpulan data singkat mengenai konvensi yang bersangkutan. Untuk informasi penggunaan, termasuk informasi selengkapnya tentang parameter pilihan yang beragam, klik Templat:Infobox Convention. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah dengan kotak info ini, Anda dapat mendiskusikannya di halaman pembicaraan dari templat tersebut.