Wikipedia:ProyekWiki Minggu pengembangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Terima kasih telah tertarik untuk ikut serta dalam minggu pengembangan! Dalam minggu pertama dari setiap bulan, kita semua akan lebih banyak berpartisipasi dalam pengembangan kualitas artikel daripada membuat artikel baru. Tetapi proyek ini tidak terbatas waktu. Anda dipersilakan jika ingin melanjutkan pengembangan di luar minggu tersebut.

Hal yang menyenangkan dari proyek ini adalah memiliki kebebasan memilih artikel manapun yang menjadi keahlian anda. Termasuk memberi keterangan-keterangan detail dari sumber tepercaya.

Silakan lihat kategori berikut:

kemudian pilih artikel yang menarik minat anda.

Siap? Kita akan mulai!

Apa yang harus dilakukan?[sunting sumber]

Pertama kali, beri tanda {{Minggu pengembangan}} ke bagian awal artikel jika anda akan melakukan banyak penyuntingan.

Melengkapi isi artikel[sunting sumber]

Tidak ada batasan cara anda melengkapi keterangan di masing-masing artikel. Tetapi cobalah untuk memulai dari buku, artikel, atau guntingan kliping. Bacalah dengan cermat setiap keterangan di buku tersebut, pahami, dan buat kembali dalam kalimat anda sendiri. Jangan lupa memberi tanda kutipan dan catatan kaki agar pengguna lain bisa memeriksa ulang keterangan yang anda berikan.

Satu-satunya hal yang terlarang untuk dilakukan hanyalah menyalin secara utuh dan besar-besaran isi sumber yang anda baca. Tetapi sebaliknya mengambil satu atau dua kalimat sebagai kutipan untuk mempertegas pernyataan adalah hal bagus.

Memberi ilustrasi gambar[sunting sumber]

Buat ilustrasi apapun yang bisa memperkuat isi artikel yang anda kembangkan. Pastikan hal tersebut asli buatan anda sendiri dan kemudian bebaskan lisensinya di bawah domain umum, GFDL, atau berhak cipta bersyarat.

Jika membuat ilustrasi sendiri tidak memungkinkan, carilah sumber-sumber gambar di internet. Tetapi ada satu hal yang harus diingat, bahwa gambar-gambar di internet sering memiliki hak cipta atau lisensi yang menghalangi pemuatannya di Wikipedia. Muat gambar tersebut hanya jika anda yakin gambarnya dibebaskan untuk dimuat ulang ke Wikipedia. Jika meragukan, tinggalkan. Ada banyak pengguna lain yang akan dengan senang hati membuatkannya di masa depan secara gratis dan bebas. Jika mendesak, mintalah secara khusus melalui halaman diskusi.

Bagaimanapun, gambar yang buruk tetapi dibuat sendiri lebih baik daripada gambar bagus tetapi dibajak dari situs lain.

Penyelesaian[sunting sumber]

Tekan tombol pratayang lalu bacalah kembali seluruh tulisan. Periksa jika terdapat kesalahan pola kalimat, salah ketik, atau tidak rapi. Selain itu tambahkan kategori dan interwiki. Hapus kembali tanda {{Minggu pengembangan}}.

Saat semuanya sudah terlihat baik, baru tekan tombol simpan.

Ingatlah selalu bahwa proyek minggu pengembangan ini dibuat untuk memperbaiki kualitas artikel. Yang berarti bahwa tulisan-tulisan harus memiliki data ensiklopedis. Kerapian adalah hasil sampingan yang juga ingin dicapai. Jika anda tidak yakin penulisan seperti apa yang rapi, bacalah pedoman gaya, atau hubungi salah seorang pengguna untuk merapikannya untuk anda. Mereka akan dengan senang hati membantu.

Laporkan perubahan yang Anda lakukan[sunting sumber]

Selesaikah seluruh pekerjaan? Belum! Kembalilah ke daftar artikel pengembangan, dan beri komentar perubahan yang Anda lakukan di samping nama artikelnya. Atau setidaknya beri tanda tilde empat kali untuk memberikan tandatangan Anda.

Jika seluruh hal-hal di atas telah selesai, maka kita semua akan dengan senang hati mengatakan: Selamat! Anda telah berpartisipasi dalam Minggu perbaikan. Salah seorang pengguna akan memberi komentar di halaman diskusi Anda terhadap sumbangan yang telah dilakukan.

Proyek-proyek wiki yang lain dapat dilihat dalam daftar proyek wiki.

Lihat pula[sunting sumber]