Wikipedia:Permohonan pendapat/Visi dan Misi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:VM
WP:VISIMISI
WP:NOVISIMISI

Visi dan Misi[sunting | sunting sumber]

Mau tanya, bagian "Visi", "Misi" kemudian ada "Rencana Kerja", "Tujuan", "Sasaran" dari artikel organisasi, perguruan tinggi dll apakah layak dimasukkan ke dalam Wikipedia? Menurut saya kok kurang ensiklopedis gitu. Wikipedia seakan2 jadi kayak situs resminya organisasi/perguruan tinggi ybs. Bagaimana pendapat rekan2 sekalian? borgx(kirim pesan) 23:45, 2 Agustus 2006 (UTC)

Setubuh!kalau menurut gw memang tidak layak, wiki kan bukan ajang propaganda, ntar kalau PT boleh, partai-partai pas pemilu juga bakal naruh janji2 program :grin:. Cukup sebatas semboyan PT aja yang rsnya enak buat disertakan di Wiki Wiendietry Japri 02:49, 3 Agustus 2006 (UTC)

Iya, ane juga agak terganggu. Kalaupun kira kira layak disertakan kan bisa ditulis properly seperti; Misi perusahaan ini adalah -blablabla- dan dalam upaya mencapainya perguruan tinggi/ perusahaan ini mencoba untuk -blablabla- dengan cara -blablabla- Serenity 03:58, 3 Agustus 2006 (UTC)

Pada awalnya saya tertarik untuk mengembangkan proyek ini, dengan maksud memperkenalkan perti yang ada diindonesia yang kebanyakan website nya tidak ada,setidaknya sedikit infomasi dari perti tersebut, agar masyarakat yang mengakses wikipedia ini setidaknya tahu adanya perti.namun banyak yang diluar perkiraan, wiki ini dijadikan tempat promosi(sangat disayangkan), --Jagawana 18:28, 4 Agustus 2006 (UTC)

Kalau begitu, saya usulkan semua bagian "visi" dan "misi" dkk dihapus. borgx(kirim pesan) 01:39, 7 Agustus 2006 (UTC)

saya menyarankan untuk dibahas lebih lanjut di proyek ini, mana yang boleh dan yang tidaknya.. jadi ada keseragaman dan disana bisa menjadi acuan untuk pengembangannya . --Jagawana 01:43, 7 Agustus 2006 (UTC)

Bagaimana kalau di Wikipedia:Permohonan pendapat saja karena "visi" dan "misi" ini dimaksudkan bukan hanya yang ada di artikel perguruan tinggi. borgx(kirim pesan) 01:49, 7 Agustus 2006 (UTC)


Sebenarnya kalau mau dilakukan "versi capek"nya adalah visi dan misi di suatu artikel dibangun dengan contoh. Jadi lebih ilmiah dari pada kayak iklan. Ya kayak yang gue bilang diatas. Cuman ya, ada yang harus "membangun" visi/misi dan menyertakan implementasinya. Pertanyaannya balik lagi ke siapa... yang peduli ... tentu saja. Kalo dihapus sama sekali sih kayaknya extreme deh borgx , (Gosh put a leash on yourself - you might end up as a subject like above). Contohnya gue put visi and misi di disneyland tapi ngga keliatan kayak iklan tuh. Penulis kita musti belajar main cantik dong *wink* (serenity males login)

Suatu saat bisa jadi ada orang lain (anon) yang memberikan komentar dengan menambahkan (serenity males login). Anda tidak mau itu terjadi kan? :) makanya login saja. Jika mengacu kepada komentar Anda di atas berarti tidak akan ada penghapusan artikel, gambar yang tidak berlisensi karena "harus ada yang peduli untuk membersihkan/mengoreksi ini itu dan ini itu". Walaupun "harus ada yang membangun..mengoreksi ini itu" tetapi kita perlu membuat batasan, jika tidak bisa-bisa Wikipedia ini penuh dengan artikel ber-tag "rapikan", "terjemah" "perlu dibangun" "perlu dikoreksi" dsb..dsb.. borgx(kirim pesan) 02:03, 7 Agustus 2006 (UTC)

Borgx yang perlu dibangun,
Ngga bisa disamain dong artikel sama gambar copyright. Versi penuh harapannya kan "... lalu ada orang orang yang peduli (seperti saya yang males login) untuk mbenerin" . Ngga ada yang salah tentang itu. Ngga ada yang salah juga sama tag rapikan. (serenity masih males login)

Sebenarnya yang saya harapkan adalah aturan mainnya,bagaimana untuk penulisan visi & misi ini.. (untuk semua artikel) mungkin bisa dijadikan pedoman, jadi bila ada pengurangan/penghapusan bagian, bisa menjadi acuannya, ok borgx,saya setuju di permohonan pendapat , atau mungkin di pedoman pembuatan artikel tentang organisasi,atur aja Man :). --Jagawana 12:47, 7 Agustus 2006 (UTC)

Kalau begitu bagaimana usulan Anda bung Jagawana? borgx(kirim pesan) 00:08, 8 Agustus 2006 (UTC)

Kalau dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain di Wikipedia en, kayaknya nggak ada satupun yang memuat visi dan misi. Yang dimuat adalah motto sekolah itu, dan itu singkat saja. Seperti UC Berkeley, miaslnya, mottonya adalah "Let there be light". Rasanya itu sudah mencakup keseluruhan wawasan dan misi sekolah itu dalam menghadirkan dan menciptakan pencerahan.Stephensuleeman 06:59, 8 Agustus 2006 (UTC)
Visi dan misi tidak usah dimasukkan karena tidak ensiklopedik. Bukan hanya di Wikipedia Inggris tapi juga di Britannica, Encarta dll tidak ditemukan. --...---...SOS 09:52, 8 Agustus 2006 (UTC)
Jika melihat visi & misi , harus dilihat juga dong POV , apakah bersifat memaksa,meninggikan satu pihak(provokatif),atau lebih ke sifat mengiklan?, dan menurut saya agak samar di artikel-artikel perguruan tinggi tentang "iklan" ini. contoh : satu perguruan tinggi mempunyai sekian banyak jurusan atau fakultas hingga memenuhi hampir 1/2 dari halaman, apakah informasi tersebut lebih penting dari keterangan (sejarah,visi,misi,tujuan) dari Perguruan tinggi yang sifatnya memperkenalkan pt tersebut?. BTW, intinya begini aja : Dalam suatu artikel ada informasi primer dan skunder , primer adalah informasi tentang : keberadaan topik artikel (bisa sejarah, atau tempat minimal), skunder (keterangan tambahan) : visi,misi,tujuan,fakultas/jurusan(dalam Perguruan Tinggi). Usulan saya (bila memungkinkan) Keterangan sekunder ini bisa di "sub page" aja atau disembunyikan. --Jagawana 17:25, 8 Agustus 2006 (UTC)
Tambahan : Untuk "sub page" ini dilarang untuk di Link selain ke halaman artikelnya. --Jagawana 21:45, 8 Agustus 2006 (UTC)
Menurut saya: yang perlu adalah sejarah, tempat, motto, dan nama-nama fakultas/jurusan --> relatif menarik untuk informasi ensiklopedik (after all, wikipedia is an encyclopedia). visi,misi, dan tujuan --> masuk "sub page", yaitu untuk orang2 yg mau tahu lebih dalam. Sekian: Naval Scene 17:45, 8 Agustus 2006 (UTC)
Setuju dengan Naval Scene. Nama2 jurusan lebih penting daripada visi/misi karena itu yang dicari lulusan SMTA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Kalau visi/misi sih biasanya mirip2 semua, mencerdaskan kehidupan bangsa lah, agama lah, Pancasila lah, klise. Semua orang juga tahu visi/misi sebenarnya adalah cari duit. --...---...SOS 21:50, 8 Agustus 2006 (UTC)

Saya tidak setuju untuk menyamaratakan pernyataan visi dan misi sebagai propaganda/iklan/promosi. Visi dan misi merupakan bagian yang lekat dengan suatu organisasi.

Menurut saya segala informasi yang relevan dapat dimasukkan sebagai bagian dari artikel dengan gaya penulisan yang sepantasnya (dan tentunya dapat melibatkan seluruh pembacanya). Kalau kita baca di NPOV, dinyatakan bahwa suatu artikel harus mewakili semua sudut pandang secara adil.

Kolaborasi dan komitmen para Wikiwan dan Wikiwati diperlukan untuk memastikan bahwa beragam sudut pandang (yang diketahui) mengenai subyek/obyek artikel dapat dimasukkan sebagai bagian dari artikel tersebut: dan ini termasuk visi dan misi sebagai salah satu cara pandang terhadap organisasi. Pandangan secara pribadi sepantasnya hanya diekspresikan di halaman diskusi.

Jadi, saya memandang lebih penting untuk membuat pedoman/arahannya ketimbang mengusulkan untuk menghapusnya. Rex 07:57, 10 Agustus 2006 (UTC)

sebagaian Usulan pedoman:
  1. melihat NPOV
  2. Mencantumkan nara sumber
  3. Dengan format italic
  4. Menjorok kedalam (lihat Bank Negara Indonesia)
--Jagawana 15:30, 10 Agustus 2006 (UTC)

Visi dan Misi di Bank Negara Indonesia rasanya masih bisa diterima karena cuma 1-2 baris. Bagaimana pendapat Jagawana dan Rex mengenai Visi dan Misi beserta kawan-kawannya di The Regional Autonomy Center? Kemudian apa yang dimaksud dengan nara sumber? Kemudian sebaiknya pedoman/arahan yang bagaimana yang diusulkan Rex? borgx(kirim pesan) 23:42, 10 Agustus 2006 (UTC)

*membayangkan borgx berkata-kata dengan cepat, bernada tinggi, plus banyak tanda tanya** :D
Pendapat saya: sejauh beragam sudut pandang terhadap suatu subyek di dalam artikel dapat diterima, bukan sekedar membenarkan atau menyalahkan, maka "pernyataan visi dan misi" dapat diterima.
Saya pribadi, akan membaca visi dan misi tersebut sebagai bagian yang melekat dari organisasi tersebut. Panjangnya "visi dan misi", baik hanya 1-2 baris ataupun lebih (biasanya sih "visi misi" toh memang naturally pendek), bukanlah hal untuk disetujui atau tidak disetujui. Fakta bahwa "visi dan misi organisasi 'X" adalah bla-bla-bla" seharusnya tetap menjadi fakta: tidak dikurangkan apalagi dilebihkan. Jadi, sejauh visi dan misi di The Regional Autonomy Center adalah fakta yang melekat pada organisasi itu, maka fakta itu tidak boleh dikurangkan.
Mungkin yang dimaksud nara sumber oleh Jagawana adalah sumber dari mana artikel tersebut didapatkan? (Bisa dituliskan dalam bentuk catatan kaki, ataupun pranala luar)
Mungkin yang perlu konsensus terlebih dahulu adalah bagaimana cara penyampaian "pernyataan visi dan misi" di Wikipedia. Sebagai contoh, visi dan misi di artikel Bank Negara Indonesia masih bisa diterima, tapi kurang sreg dengan The Regional Autonomy Center. Jadi, perlu dicapai konsensus mengenai:
Apakah "Pernyataan Visi dan Misi" disetujui untuk boleh dituliskan dalam Artikel Wikipedia Indonesia?
  1. Setuju
    Dan bila disetujui, bagaimana cara menuliskan "Pernyataan Visi dan Misi":
    1. Sebagai "Bagian" maupun "Sub-Bagian" (heading) tersendiri
    2. Tidak sebagai "Bagian" maupun "Sub-Bagian", melainkan sebagai suatu pernyataan di dalam suatu "Bagian", seperti yang disampaikan Serenity di atas ("Misi perusahaan ini adalah -blablabla- ...")
    3. Bisa kedua-duanya (Tidak mempermasalahkan bentuknya)
  2. Tidak Setuju
Rex 02:24, 12 Agustus 2006 (UTC)

Usul: dihapus[sunting | sunting sumber]

Usul saya: semua visi dan misi, rencana kerja, (apa-kek istilahnya) (kalau mau lihat contoh yang lebih konkrit, nih dia contoh yang bagus) tidak boleh dicantumkan di Wikipedia karena bersifat propaganda, iklan, promosi dan tidak ensiklopedis sehingga harus dihapus. borgx(kirim pesan) 04:16, 9 Agustus 2006 (UTC)

Setuju per penjelasan saya di atas. --...---...SOS 11:03, 9 Agustus 2006 (UTC)
setuju. Hapus saja, sifatnya propaganda/tidak netral, dan--terutama--tidak ensiklopedis. --kandar 05:07, 23 Agustus 2006 (UTC)

Usul ke-2[sunting | sunting sumber]

Sepertinya tidak semua setuju "visi dan misi" ini dihapus. Untuk mengakomodir semua pihak, saya mengajukan usul baru sbb:

  1. Kita definisikan dulu satu istilah untuk mengacu kepada "Visi dan Misi" ini, sebutlah "Visi". "Visi" adalah visi, misi, rencana kerja dsb dari suatu lembaga/organisasi (untuk lebih jelasnya lihat contoh yang satu ini).
  2. "Visi" ini tidak boleh ditempatkan di halaman artikel pada ruang nama utama.
  3. Kita akan membuat sebuah ruang nama semu (pseudo namespace) untuk menampung "Visi" ini. Contoh: "Visi" dari artikel "PT. ABC" akan ditaruh di halaman "Visi:PT. ABC", "Visi" dari "Institut Teknologi Bandung" akan ditaruh di "Visi:Institut Teknologi Bandung" dsb dsb. Dengan demikian artikel utamanya relatif "tidak tercemar" dari bahan non ensiklopedis.
  4. Pranala/link ke sebuah halaman "Visi" hanya bisa berasal dari halaman artikelnya sendiri. Contoh: "Visi:Institut Teknologi Bandung" hanya bisa dilink dari "Institut Teknologi Bandung".
  5. Akan diset pada robots.txt untuk Wikipedia Bahasa Indonesia (WBI) untuk mengabaikan semua halaman yang berawalan "Visi:". Ini bertujuan agar semua halaman "Visi" tersebut tidak akan muncul pada hasil pencarian search engine seperti Google, Yahoo! dsb. (Penjelasan: "Visi" itu bersifat promosi dan tidak ensiklopedis. "Visi" ditaruh di WBI hanya sebagai pelengkap artikel utamanya sehingga wajar jika bahan promosi tidak menggunakan WBI sebagai sarana promosinya.)
  6. Semboyan atau motto yang relatif lebih pendek dibandingkan "Visi" (mungkin 1-2 kalimat) diperbolehkan untuk ditaruh di artikel utama. "Visi" itu lebih berbutir-butir.

Demikian. borgx(kirim pesan) 05:47, 23 Agustus 2006 (UTC)

Keterangan: butir #5 belum pasti akan disetujui oleh developer Wikipedia karena bertentangan dengan asas Wikipedia yang open-content.

Alternatif : Bila memang usulan ini banyak yang menerima, namun bila menemukan kendala tidak bisa diterapkan dengan butir #5 ,saya usul untuk :

  1. membuat pengguna Visi ("virtual pengguna")
  2. menempatkan isi Visi di subpage "Virtual pengguna" ini (Pembicaraan pengguna:Visi/) ,bisa dilihat di The Kingdom of GI, dimana tulisan yang tidak termasuk artikel wikipedia di simpan di sub halaman Pengguna:Vladislav Voronin di bagian DGI (Teknisnya saya serahkan ke Borgx). Terimakasih -- Jagawana 13:11, 25 Agustus 2006 (UTC)

Setuju[sunting | sunting sumber]

  1. -- Jagawana 16:33, 24 Agustus 2006 (UTC)
  2. Naval Scene 12:48, 25 Agustus 2006 (UTC). Bahkan bila point no.5 tidak bisa diterima, mungkin saja bisa diadakan artikel Daftar visi & misi organisasi di Indonesia >:P

Abstain[sunting | sunting sumber]

  1. --Andri.h 23:11, 26 Agustus 2006 (UTC) . Koq menurut saya Visi dan Misi lebih tepat ditaruh di Wikisource ya (apa saya salah ya????)

Tidak Setuju[sunting | sunting sumber]

  1. Kembangraps 06:07, 27 Agustus 2006 (UTC). Usul ini hanya menjadi beban bagi admin. Visi dan misi PT atau lembaga swasta sebagai pasal tersendiri dari artikel tidak berterima untuk dimuat karena subjektif dan tidak informatif ("tidak ensiklopedik"). Visi-misi itu lebih bersifat internal. Publik menilai suatu lembaga dari kepentingan publik (eksternal) dan wikipedia (seharusnya, sebagai ensik.) mewakili sisi ini. Saya usul hapus saja dan berikan pranala ke laman lembaga (PT atau perush.) ybs. kalau ada.
  2. Hayabusa future (bicara) 06:19, 27 Agustus 2006 (UTC) Daripada ditempatkan di Wikipedia, mungkin sebaiknya kita berikan link ke halaman "Visi dan Misi" di situs web perusahaan tersebut saja di kolom "Pranala luar".

Voting[sunting | sunting sumber]

Mari kita membuat pemungutan suara agar secara resmi dapat dibuat kebijakan mengenai isu ini. borgx(kirim pesan) 03:47, 28 Agustus 2006 (UTC)

Setelah menerima sekian banyak usulan, pendapat dan komentar, kita harus menentukan sikap apa yang harus dilakukan terhadap isu ini.

Definisi[sunting | sunting sumber]

"Visi" adalah visi, misi, rencana kerja, isilah-istilah lainnya dari suatu lembaga/organisasi (untuk lebih jelasnya lihat contoh yang satu ini) yang bersifat promosi dan non-ensiklopedis.

Pilihan-pilihan[sunting | sunting sumber]

Pilihan #1 - Menerima untuk ditempatkan di Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Semua "Visi" diperbolehkan untuk ditempatkan di halaman artikel pada ruang nama utama tanpa syarat.

Setuju #1[sunting | sunting sumber]

(untuk pendukung pilihan #1, klik disini untuk memilih pilihan #1)

  1. Yosri 12:21, 1 September 2006 (UTC) Visi adalah matlamat/ aliran organisasi. Dari visi bisa diketahui apakah ia kearah khidmat/ produk/ pendidikan/ dll. Pencarian Google mampu menyingkir dengan meletakkan -Visi / -Misi.

Pilihan #2 - Menerima untuk ditempatkan dengan syarat[sunting | sunting sumber]

Semua "Visi" diperbolehkan untuk ditempatkan di Wikipedia dengan syarat:

  1. "Visi" ini tidak boleh ditempatkan di halaman artikel pada ruang nama utama.
  2. Kita akan membuat sebuah ruang nama semu (pseudo namespace) untuk menampung "Visi" ini. Contoh: "Visi" dari artikel "PT. ABC" akan ditaruh di halaman "Visi:PT. ABC", "Visi" dari "Institut Teknologi Bandung" akan ditaruh di "Visi:Institut Teknologi Bandung" dsb dsb. Dengan demikian artikel utamanya relatif "tidak tercemar" dari bahan non ensiklopedis.
  3. Pranala/link ke sebuah halaman "Visi" hanya bisa berasal dari halaman artikelnya sendiri. Contoh: "Visi:Institut Teknologi Bandung" hanya bisa dilink dari "Institut Teknologi Bandung".
  4. Akan diset pada robots.txt untuk Wikipedia Bahasa Indonesia (WBI) untuk mengabaikan semua halaman yang berawalan "Visi:". Ini bertujuan agar semua halaman "Visi" tersebut tidak akan muncul pada hasil pencarian search engine seperti Google, Yahoo! dsb. (Penjelasan: "Visi" itu bersifat promosi dan tidak ensiklopedis. "Visi" ditaruh di WBI hanya sebagai pelengkap artikel utamanya sehingga wajar jika bahan promosi tidak menggunakan WBI sebagai sarana promosinya.)
  5. Semboyan atau motto yang relatif lebih pendek dibandingkan "Visi" (mungkin 1-2 kalimat) diperbolehkan untuk ditaruh di artikel utama. "Visi" itu lebih berbutir-butir.

Setuju #2[sunting | sunting sumber]

(untuk pendukung pilihan #2, klik disini untuk memilih pilihan #2)

  1. Naval Scene 15:58, 30 Agustus 2006 (UTC)
  2. Andri.h 15:27, 1 September 2006 (UTC)
  3. -- Jagawana 16:01, 1 September 2006 (UTC)
  4. Andreas Erick 13:01, 2 September 2006 (UTC)
  5. geboy 13:07, 2 September 2006 (UTC)
  6. Leo 03:32, 7 September 2006 (UTC)

Pilihan #3 - Menolak untuk ditempatkan di Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Semua "Visi" tidak diperbolehkan untuk ditempatkan di Wikipedia sehingga harus dihapus.

Setuju #3[sunting | sunting sumber]

(untuk pendukung pilihan #3, klik disini untuk memilih pilihan #3)

  1. --Smiley.png Ciko bicara 08:45, 28 Agustus 2006 (UTC)
  2. Stephensuleeman 18:13, 28 Agustus 2006 (UTC)
  3. •• ivanlanin •• 18:23, 28 Agustus 2006 (UTC)
  4. borgx(kirim pesan) 23:16, 28 Agustus 2006 (UTC)
  5. Hayabusa future (bicara) 08:34, 29 Agustus 2006 (UTC)
  6. Meursault2004 08:36, 29 Agustus 2006 (UTC)
  7. Wiendietry Japri 11:10, 29 Agustus 2006 (UTC)
  8. Chaerani 03:32, 30 Agustus 2006 (UTC)
  9. Rinto Jiang 08:11, 30 Agustus 2006 (UTC)
  10. Kembangraps 08:46, 30 Agustus 2006 (UTC)
  11. roscoe_x 00:59, 2 September 2006 (UTC). Saya pikir untuk sementara belum perlu.
  12. N/A 17:56, 3 September 2006 (UTC)
  13. sentausa 12:00, 7 September 2006 (UTC)

Keputusan[sunting | sunting sumber]

Pemungutan suara akan berlangsung selama 2 minggu dan akan ditutup pada 11 September 2006.

Berdasar suara terbanyak maka keputusannya adalah sesuai dengan pilihan no.3 yaitu "tidak memperbolehkan adanya visi dan misi sehingga akan dihapus". borgx(kirim pesan) 04:24, 11 September 2006 (UTC)