Wikipedia:Pengembangan artikel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan pedoman di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang harus diikuti oleh semua pengguna, meskipun sebaiknya dipahami dengan akal sehat, dan pengecualian dapat berlaku sewaktu-waktu. Segala penyuntingan substansial yang dilakukan di halaman ini harus menggambarkan konsensus. Jika Anda ragu, diskusikan terlebih dahulu di halaman pembicaraan.

Beberapa artikel Wikipedia telah lengkap sejak dibuat, tapi sebagian besar dimulai sebagai rintisan dan idealnya akan berkembang menjadi artikel yang ditulis dengan baik dan komprehensif.

Halaman ini menjelaskan tahapan perkembangan suatu artikel, dan memberikan cara-cara bagaimana Anda dapat membantu mengembangkan artikel ke tahapan selanjutnya. Melewati suatu tahap tidak hanya diizinkan, bahkan dianjurkan! Kategori berikut dapat memberikan bayangan bagi Anda bagaimana umumnya suatu artikel berkembang di Wikipedia.

Tahapan perkembangan artikel

Artikel yang belum dibuat

Setiap artikel dimulai sebagai ide dalam pikiran seorang kontributor. Anda dapat membuat artikel mengenai apapun yang Anda minati, sepanjang layak dimasukkan ke dalam Wikipedia. Sebaiknya lakukan pencarian, sehingga Anda yakin bahwa artikel mengenai subjek tersebut belum ada; jika sudah ada, suatu pengalihan mungkin dapat dibuat. Jika Anda melihat pranala merah yang menarik perhatian Anda, buatlah artikelnya! Untuk usulan cara-cara lain mengenai subjek yang dapat Anda sumbangkan, baca Berkontribusi untuk Wikipedia.

Sebelum memulai, ada baiknya Anda membaca pedoman dan tutorial mengenai pembuatan artikel baru untuk memberikan gambaran apa yang harus Anda perhatikan seperti lingkup, format, referensi, dan sudut pandang netral dalam artikel Wikipedia.

Rintisan

Jika Anda tidak punya waktu untuk menulis suatu artikel yang lengkap, pertimbangkan untuk menulis suatu "rintisan". Rintisan adalah artikel yang sangat pendek, yang umumnya hanya terdiri dari beberapa kalimat.

Mengembangkan artikel

Setelah suatu rintisan memiliki isi, tulisan tersebut telah dianggap sebagai artikel. Sebagian besar artikel masuk dalam kategori ini. Mereka memiliki kekurangan, dan Anda didorong untuk memperbaiki, dan jika Anda memiliki pengetahuan cukup, menambahkan isinya.

Artikel pilihan

Artikel pilihan adalah artikel-artikel yang kami percaya merupakan artikel terbaik dari Wikipedia. Sebelum dipromosikan menjadi artikel pilihan, suatu artikel dinilai di kandidat artikel pilihan dari sudut prosa, keakuratan, netralitas, dan kelengkapan, sesuai kriteria artikel pilihan kami. Seluruh Wikipediawan bangga akan artikel pilihan yang ikut mereka kontribusikan.

Bagaimana mengembangkan artikel

Jika Anda ingin menciptakan artikel Wikipedia kelas satu, atau bahkan sempurna yang layak dicantumkan dalam artikel pilihan (yang secara konsensus dianggap sebagai artikel terbaik Wikipedia), maka Anda harus memenuhi kriteria artikel pilihan. Berikut adalah pedoman untuk mencapainya.

Riset

Jika Anda telah menetapkan suatu topik, gunakan mesin pencari Wikipedia untuk menemukan bahan terkait yang telah ada. Dengan cara itu, Anda akan menemukan apa yang telah ada dan selanjutnya dapat membuat pranala yang cocok, dari dan ke artikel yang relevan.

Riset tambahan biasanya dibutuhkan untuk membuat artikel yang bagus. Suatu artikel yang bagus harus dapat dipastikan dan mengutip sumber tepercaya yang idealnya mencakup buku atau artikel jurnal dengan penilaian sejawat. Pertimbangkan untuk mengunjungi perpustakaan kampus atau umum untuk mengidentifikasi dan mengkaji sumber-sumber terbaik. Pertimbangkan juga untuk mencari di Wikipedia dalam bahasa lain, menggunakan hasil dari mesin pencari seperti Google, serta membaca artikel relevan dari ensiklopedia lain, untuk membangun ide mengenai topik apa yang harus dicantumkan, dan sedalam apa, untuk mennghasilkan suatu simpulan yang komprehensif. Situs-situs berikut mungkin dapat membantu Anda: Encyclopedia.com, AllRefer Reference, Factmonster, serta Encyclopaedia Britannica School & Library Site.

Menuliskan

Mulailah artikel Anda dengan bagian pembuka atau pengantar yang ringkas dan padat yang menjelaskan topik dan menyebutkan poin-poin terpenting. Pembaca harus dapat memperoleh gambaran yang baik dengan hanya membaca pembuka, yang harus terdiri antara satu sampai empat paragraf, tergantung panjang artikel. Lihat Wikipedia:Bagian pembuka.

Sentuhan akhir

Sebagai sentuhan akhir, Anda dapat memberikan gambar atau grafik yang relevan bagi artikel. Lihat tutorial gambar untuk petunjuk bagaimana melakukannya.

Jangan lupakan bagian Pranala luar dan Referensi. Bahan yang paling berguna dan akurat yang dapat Anda temukan dari pencarian di Internet dapat menjadi pranala yang berguna pula bagi para pembaca. Dan kadang ada suatu karya standar yang selalu dirujuk berkaitan dengan topik Anda. Sertakan pula itu, dengan pengarang dan tanggal penerbitannya. Lebih jauh lagi, carilah rujukan tersebut dan gunakan untuk mengecek bahan yang dituliskan dalam artikel.

Ingat pula untuk membuat pranala ke artikel Anda dari artikel atau subjek yang terkait. Ini mencakup semua pengalihan yang dibutuhkan artikel Anda, contohnya pengalihan dari berbagai kapitalisasi judul artikel, singkatan, bentuk jamak, alternatif atau kesalahan ejaan yang umum terjadi. Hal ini menolong orang untuk menemukan artikel Anda dan bahkan menolong Anda menemukan artikel yang terkait yang telah ada. Anda dapat pula membuat pengalihan dari subjek atau subtopik yang terkait yang belum memiliki artikel sendiri.

Penilaian sejawat

Anda juga didorong untuk meminta umpan balik mengenai kualitas suatu artikel kapanpun. Mintalah pendapat para sejawat penyunting, buat daftar isu yang belum terpecahkan dan kemungkinan-kemungkinan pengembangan pada halaman pembicaraan, serta ajak penyunting lain untuk terlibat. Membina jaringan untuk mengidentifikasikan Wikipediawan lain yang memiliki minat yang sama adalah salah satu aspek terpenting (dan menyenangkan) dari suatu proyek. Lebih baik untuk memiliki suatu artikel yang telah cukup berkembang sebelum melakukan ini, sehingga orang-orang yang menyampaikan umpan balik memiliki sesuatu yang cukup substansial untuk di analisis. Wikipedia:Penilaian sejawat adalah suatu jalur yang umum ditempuh untuk evaluasi artikel.