Wikipedia:Pengguna anonim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:ANON

Pengguna anonim atau disebut juga para Anon adalah para pengguna Wikipedia yang belum/tidak masuk log. Para pengguna anon dapat menyunting halaman-halaman di Wikipedia, sejauh bukan halaman yang dilindungi secara semi ataupun perlindungan penuh. Sama seperti pengguna terdaftar, suntingan pengguna anonim juga akan dicatat di riwayat penyuntingan bersama-sama dengan alamat IP mereka.

Perbedaannya dengan pengguna terdaftar, para pengguna anonim tidak dapat melakukan beberapa hal yang merupakan fitur Wikipedia, seperti memindahkan halaman, memuatkan berkas, atau memiliki sebuah daftar pantauan.

Ada beberapa kerugian sebagai pengguna anonim:

  • Fitur teknis
    Anon tidak dapat memindahkan halaman, memuatkan berkas, atau memiliki sebuah daftar pantauan.
  • Artikel baru
    Kebijakan di Wikipedia bahasa Inggris serta Wikipedia bahasa Iran (فارسی atau Persian), dan juga sudah diberlakukan pada Wikipedia bahasa Indonesia, bahwa pengguna anonim tidak dapat lagi membuat halaman/artikel baru. Mereka hanya dapat membuat halaman pembicaraan baru.
  • Halaman pengguna
    Dikarenakan alamat IP seringkali bersifat dinamis, halaman pengguna berbasis IP biasanya tidak praktis, dan tidak diizinkan di beberapa wiki.
  • Pembatasan partisipasi dalam diskusi
    Pengguna anonim juga tidak diizinkan berpartisipasi dalam berbagai proses seperti pemungutan suara, dan hanya boleh berpartisipasi secara sangat terbatas (misalnya, hanya memberikan komentar, tapi tidak boleh memberikan suara).
  • Opsi suntingan kecil
    Pengguna anonim juga tidak dapat memilih opsi suntingan kecil ketika melakukan penyuntingan.
  • Alamat IP diketahui publik
    Dalam kasus hukum yang ekstrim, alamat IP yang digunakan oleh pengguna anonim dapat diidentifikasikan melalui kontak dengan penyedia jasa internet (ISP), yang berujung pada identifikasi fisik pengguna yang bersangkutan. Dalam kasus seperti ini, pengguna "anonim" secara fakta justru lebih "tidak anonim" ketimbang pengguna terdaftar yang tidak menampilkan informasi pribadi.
  • Kerugian yang terbesar adalah bahwa pengguna anonim tidak dapat membuat halaman/artikel baru dan tidak dapat melakukan penggunggahan berkas pada artikel.

Statistik[sunting | sunting sumber]

Secara keseluruhan, per Februari 2010 pengguna anonim telah membuat 229.033 suntingan artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia, atau 12% dari total 1.964.737 suntingan artikel.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]