Wikipedia:Pedoman gaya/Halaman disambiguasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Halaman disambiguasi (atau "disambiguation pages" atau "halaman homonim") dirancang untuk membantu pembaca menemukan artikel Wikipedia di topik yang berbeda yang dapat dirujuk oleh istilah pencarian yang sama, seperti dijelaskan dalam panduan Disambiguasi. Halaman-halaman disambiguasi bukan artikel, mereka adalah alat bantu dalam pencarian.

Pedoman gaya ini bertujuan untuk membuat pencarian lebih efisien, dengan memberikan halaman disambiguasi sebuah tampilan yang konsisten dan menghindari informasi yang membingungkan. Singkatnya, halaman disambiguasi harus berisi konten disambiguasi saja, entah apakah judul halaman tersebut menggunakan "(disambiguasi)" atau tidak. (Pedoman ini tidak berlaku untuk artikel topik utama, bahkan jika artikel tersebut diawali dengan catatan atas "Lihat pula" atau sejenisnya di bagian atas halaman.)

Penamaan halaman[sunting sumber]

Untuk aturan mengenai cara pemberian judul halaman disambiguasi (khususnya, apakah akan menyertakan tag (disambiguasi)), lihat bagian Penamaan halaman disambiguasi dari pedoman Disambiguasi.

Pada bagian atas halaman[sunting sumber]

Pranala ke Wiktionary[sunting sumber]

Daripada memasukkan definisi kamus dari sebuah kata, sebaiknya buatlah link-lintas (cross-link) ke Wiktionary, salah satu proyek saudari Wikimedia. Untuk melakukan hal ini, gunakan salah satu templat link Wiktionary ini pada baris pertama:

  • {{Wiktionary}} – {{wiktionary|KATA|KATA2|...|KATA5}} – sampai dengan lima parameter opsional; berguna untuk menghubungkan entri kamus dengan banyak kapitalisasi (bintang, Bintang, dan BINTANG).
  • {{Wiktionary pipe}} – {{wiktionary pipe|KATA|nama tampilan opsional}} – tanpa parameter, default untuk menggunakan nama halaman aktual.

Periksa pranala yang dibuat dengan templat ini, karena Wiktionary bersifat case-sensitive pada huruf pertama, gunakan kapitalisasi yang tepat untuk entrinya, tidak seperti Wikipedia yang menggunakan huruf pertama kapital untuk setiap nama halaman.

Pranala ke sebuah topik utama[sunting sumber]

Ketika suatu halaman menggunakan judul "(disambiguasi)" - yakni suatu halaman disambiguasi dari sebuah istilah untuk suatu topik utama yang telah ditentukan - pengguna cenderung tiba di sana dengan mengklik pada sebuah pranala di atas artikel topik utama, yang dihasilkan oleh templat {{disambig info}} (atau {{kegunaanlain}}). Sebagai contoh, artikel Sekolah yang berisi catatan atas:

Karena tidak mungkin bahwa makna utama adalah apa yang pembaca cari jika mereka mencapai halaman disambiguasi, maka janganlah dicampur dengan link lainnya. Disarankan bahwa link kembali ke topik utama muncul di bagian atas, seperti ini:

Sekolah adalah sebuah institusi yang dirancang untuk belajar-mengajar. Sekolah dapat mengacu pada beberapa hal berikut:

Baris pendahuluan[sunting sumber]

Istilah yang disambiguasi harus dalam huruf tebal (bukan miring). Dan harus dimulai dengan sebuah fragmen kalimat yang diakhiri dengan titik dua (:), dan dilanjutkan dengan daftar bernomor:

Bumi dapat mengacu kepada hal-hal di bawah ini:


Simon dapat mengacu kepada:

atau

Simon adalah nama dari:


ABC dapat mengacu kepada:

atau

ABC adalah singkatan dari:

Jika beberapa varian dari sebuah istilah adalah disambiguasi bersama, maka varian yang signifikan mungkin dapat dimasukkan dalam kalimat pendahuluan. Sebagai contoh:

Boom atau BOOM dapat mengacu kepada hal-hal di bawah ini:

Angus McKay, MacKay atau Mackay dapat mengacu kepada hal-hal di bawah ini:

Namun, tidak perlu untuk menuliskan variasi kapitalisasi minor, tanda baca atau diakritik. Sebagai contoh, "AU dapat mengacu kepada:" adalah lebih baik daripada "AU, au, Au atau "A-U dapat mengacu kepada:" dan "Saiyuki dapat mengacu kepada:" adalah lebih baik daripada "Saiyuki, Saiyūki atau Saiyûki dapat mengacu kepada".

Entri individual[sunting sumber]

Jenis entri tertentu[sunting sumber]

Pranala luar[sunting sumber]

Pranala luar tidak boleh dimasukkan atau digunakan pada halaman disambiguasi.

Bahasa asing[sunting sumber]

Untuk istilah bahasa asing, pastikan artikelnya ada atau dapat ditulis untuk kata atau frase dalam pertanyaan. Biasanya ini berarti bahwa istilah tersebut setidaknya sebagian telah diadopsi ke dalam bahasa Indonesia atau digunakan oleh spesialis.

Hindari menambahkan kata-kata atau frasa asing yang hanya terjemahan dari istilah bahasa Indonesia. Pertimbangkan untuk menggunakan pranala ke Wiktionary

Pranala merah[sunting sumber]

Sebuah pranala ke artikel yang tidak ada ("link merah") hanya dapat disertakan pada halaman disambiguasi ketika ada artikel (bukan hanya halaman disambiguasi itu) yang juga memuat pranala merah itu. Jangan membuat pranala merah ke artikel yang tidak pernah ditulis, atau mungkin dihapus karena tidak cukup penting. Untuk mengetahui apakah ada artikel menggunakan pranala merah, klik pada pranala itu, dan kemudian klik "Pranala balik" pada kotak peralatan di sisi kiri halaman.

Jika hanya halaman disambiguasi yang menggunakan link merah tersebut, lakukan salah satu tindakan dari berikut ini:

  • Hapuslah pranala pada entri tersebut namun tetap pertahankan pranala biru pada deskripsinya. Jangan sampai hanya pranala merah saja yang menjadi satu-satunya pranala dalam entri tersebut; Buatlah pranala juga menuju artikel yang sudah ada, sehingga pembaca (sebagai lawan dari editor) akan punya tempat untuk bernavigasi menuju informasi tambahan. Artikel terkait harus berisi beberapa informasi yang berguna mengenai istilah itu.
  • Mulailah sebuah artikel baru untuk link merah, dengan menggunakan deskripsi pada halaman disambiguasi.
  • Buatlah sebuah pengalihan menuju halaman di mana item tersebut dijelaskan (lihat Pemipaan dan pengalihan di atas).