Wikipedia:Otobiografi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Otobiografi

Anda harus menunggu orang lain menulis suatu artikel mengenai subjek yang melibatkan Anda secara pribadi. Ini berlaku untuk artikel mengenai diri Anda, keberhasilan Anda, bisnis Anda, publikasi Anda, situs web Anda, kerabat Anda, dan hal-hal lain yang melibatkan konflik kepentingan.

Wikipedia telah berulang kali mengalami perselesihan yang panjang mengenai kelayakan, keakuratan faktual, dan netralitas artikel-artikel semacam ini, termasuk artikel mengenai Jimmy Wales, pendiri Wikipedia [1]. Berkaca dari kejadian-kejadian itu, penting untuk menjaga posisi netral Wikipedia dan menghindari munculnya pemaksaan suatu sudut pandang. Namun, ini bukan berarti, bahwa tidak mungkin menulis suatu otobiografi yang netral dan dapat dipastikan, atau bahwa otobiografi sama sekali dilarang. Hanya saja, orang cenderung untuk mempromosikan diri mereka, baik secara nyata (seperti mengatakan “Saya hebat”) atau dengan cara yang lebih halus (seperti tidak menyertakan suatu kejadian negatif tapi penting dan dapat dipastikan dalam hidup mereka, atau menambahkan banyak hal positif tapi tak bersumber, atau memberikan terlalu sedikit perhatian pada hal-hal yang negatif). Karenanya, menulis suatu otobiografi sangat tidak disarankan. Jika seseorang ingin menulis otobiografi, disarankan untuk mendiskusikan hal itu dengan komunitas dan mendapatkan konsensus dulu.

Jika Anda telah mempublikasikan sesuatu di tempat lain mengenai suatu subjek, kami menerima Anda untuk berkontribusi ke artikel mengenai subjek tersebut di Wikipedia. Namun, setiap artikel Wikipedia diharapkan untuk meliput subjeknya dengan cara netral, adil, dan komprehensif untuk memajukan pengetahuan pada subjek tersebut secara keseluruhan. Artikel yang terutama hanya ditujukan untuk memajukan kontributornya akan dihapus.

Masalah dengan otobiografi[sunting | sunting sumber]

Beberapa masalah dengan otobiografi adalah:

  • Seringkali bersifat bias, biasanya hanya bersifat positif. Manusia memiliki kecenderungan untuk melebih-lebihkan jika berbicara mengenai diri mereka, dan membuat opini seolah sebagai fakta. Wikipedia tidak memberikan opini sebagai fakta. Sebagai contoh, jika Muhammad Ali menulis "I am the greatest" dalam artikel Wikipedia mengenai dirinya, maka hal tersebut tidak dapat diterima. Artikel Wikipedia harus ditulis dengan sudut pandang netral (yang bukan hanya berarti menulis dari sudut pandang orang ketiga).
  • Tidak dapat dipastikan. Jika satu-satunya sumber dari suatu fakta mengenai Anda adalah diri Anda sendiri, maka pembaca tidak dapat memastikannya. Pembaca tidak akan dapat memastikan harapan, mimpi, pemikiran, dan aspirasi Anda. Walaupun mungkin benar, jika pembaca tidak dapat memastikan hal tersebut, hal tersebut tidak layak ada di sini. Semua yang ada di artikel Wikipedia harus dapat dipastikan.
  • Mengandung riset asli yang belum pernah dipublikasikan (orisinal). Orang sering memasukkan informasi ke dalam otobiografi yang belum pernah diterbitkan di tempat lain, atau merupakan hasil dari pengetahuan dari tangan pertama. Informasi semacam ini mengharuskan pembaca untuk melakukan riset primer untuk dapat memastikannya. (Sebagai contoh: Kecuali jika ukuran sepatu Anda, untuk suatu alasan yang luar biasa, telah menjadi pengetahuan publik, memasukkan ukuran sepatu Anda ke dalam artikel mengenai diri Anda adalah riset orisinal, karena untuk memastikan hal itu mengharuskan pembaca untuk datang kepada Anda dan mengukur kaki Anda sendiri.) Wikipedia bukanlah penerbit, dan karenanya, riset orisinal tidak diizinkan di Wikipedia.

Jika Wikipedia telah memiliki artikel mengenai Anda[sunting | sunting sumber]

Sulit untuk menulis hal yang netral mengenai diri sendiri. Karenanya, di Wikipedia, dianggap sepantasnya membiarkan orang lain membuat tulisan. Berikan bahan atau buat usulan di halaman pembicaraan artikel tersebut, dan biarkan penyunting independen untuk menuliskannya ke dalam artikel itu.

Namun, dalam suatu kasus yang jelas, diizinkan untuk menyunting halaman yang berhubungan dengan diri Anda. Jadi, Anda dapat mengembalikan vandalisme; tapi tentu saja harus berupa suatu vandalisme sederhana yang jelas, dan bukan perselisihan mengenai isi. Anda juga dipersilahkan untuk mengkoreksi kesalahan atau fakta yang kadaluwarsa mengenai diri Anda, seperti status pernikahan, atasan terkini, tempat kelahiran, dan lain-lain. Tapi, bersiaplah bahwa jika fakta tersebut memiliki interpretasi yang berbeda, orang lain mungkin akan menyuntingnya.

Karena Wikipedia adalah suatu ensiklopedia, ia harus merupakan sumber sekunder atau tersier. Ini berarti bahwa Wikipedia tidak boleh memiliki informasi atau teori "baru" (lihat Wikipedia:Bukan riset asli) dan semua informasi harus mengutip referensi dari pihak ketiga. Fakta, penuturan kembali peristiwa, dan klarifikasi yang mungkin ingin Anda tambahkan pada suatu artikel mengenai diri Anda haruslah dapat dipastikan.

Wikipedia tidak ingin memiliki artikel yang tidak akurat mengenai diri Anda. Kebijakan sudut pandang netral kami berarti bahwa kami ingin memiliki artikel yang seimbang dan adil. Tujuan kami bukanlah untuk memberikan opini Anda sendiri, tapi hanya untuk secara akurat menuliskan kembali opini orang lain, yang harus bersumber dan dikutip. Anda dapat menolong dengan menunjukkan pada kami sumber lain yang dapat memberikan pandangan yang lebih berimbang untuk ditampilkan.

Jika Anda tidak suka foto yang ada, Anda dapat membantu dengan mengkontribusikan foto yang baik sesuai lisensi isi bebas yang sesuai.

Jika artikel tentang Anda di Wikipedia bermasalah[sunting | sunting sumber]

Cara termudah untuk melaporkan suatu masalah adalah dengan mengirimkan surat elektronik ke info-id-q@wikimedia.org dengan detil lengkap permasalahannya.

Wikipedia tidak ingin mempunyai sebuah artikel yang tidak akurat tentang diri Anda. Wikipedia ingin agar artikel tentang Anda dibuat seakurat mungkin, adil, berimbang, dan senetral mungkin. Tujuan Wikipedia adalah untuk mendokumentasikan pendapat orang, yang harus dicantumkan sumbernya. Anda dapat membantu kami dengan cara memberikan sumber-sumber yang dapat membantu menyeimbangkan pandangan di dalam artikel tersebut.

Jika Anda merasa bahwa Anda cukup terkenal untuk memiliki sebuah artikel tersendiri namun artikel tentang Anda tersebut memiliki masalah dan Anda tidak tahu bagaimana cara membetulkannya, Anda dapat memohon bantuan lewat Warung Kopi dengan memaparkan permasalahannya dan keinginan Anda dengan jelas.

Jika Anda tidak suka dengan foto yang digunakan di artikel tentang Anda tersebut, Anda dapat membantu Wikipedia dengan menyediakan foto diri yang menurut Anda lebih baik dengan lisensi bebas. Jika Anda memiliki sebuah foto promo yang Anda tidak berkeberatan untuk menggunakannya di bawah lisensi bebas, foto tersebut adalah foto yang ideal bagi Wikipedia dan Anda.

Jika Anda menganggap privasi Anda terganggu, Anda dapat memintakan perhatian pengurus untuk membantu Anda memecahkan masalah tersebut tanpa melanggar pedoman Wikipedia. (untuk pengurus, lihat pula ini)

Jika terdapat permasalahan hukum dengan materi yang ada di dalam artikel tentang Anda tersebut, silakan kirimkan surat elektronik ke info-en-q@wikimedia.org secepatnya dengan detil yang lengkap.

Membuat artikel mengenai diri Anda[sunting | sunting sumber]

Membuat artikel mengenai diri Anda sangat tidak dianjurkan.

Bertentangan dengan prinsip kelayakan[sunting | sunting sumber]

Jika Anda membuat artikel semacam itu, kemungkinan besar akan didaftarkan pada usulan penghapusan. Belum tentu dihapus, tapi banyak orang yang berpendapat bahwa Anda tidak boleh memulai artikel mengenai diri Anda sendiri. Ini karena pembuatan yang independen akan mendorong validasi independen mengenai kelayakan dan kepastian isi. Semua suntingan pada artikel harus mengikuti prinsip Wikipedia:Bukan riset asli, Wikipedia:Sudut pandang netral, dan Wikipedia:Pemastian.

Wikipedia bukanlah penyedia layanan situs web personal[sunting | sunting sumber]

Jika Anda bukanlah orang yang terkemuka dan layak menurut pedoman Wikipedia, membuat artikel mengenai diri Anda dapat melanggar kebijakan bahwa Wikipedia bukanlah penyedia layanan situs web personal, dan karenanya dapat diperlakukan sebagai kandidat penghapusan langsung. Jika keberhasilan Anda dapat dipastikan dan benar-benar layak, dan karenanya pantas dimasukkan ke Wikipedia, orang lain kemungkinan akan membuat artikel mengenai diri Anda cepat atau lambat.

Kontroversi artikel layak atau tidak[sunting | sunting sumber]

Harap dicatat bahwa apapun yang Anda masukkan dapat disunting oleh orang lain. Beberapa artikel otobiografi telah menjadi sumber kemarahan penulis aslinya setelah disunting oleh komunitas, dan pada beberapa kejadian bahkan telah diusulkan oleh penulis aslinya. Pada beberapa kasus, artikel tersebut tetap dipertahankan, bahkan jika penulis asli meminta dihapus. Orang umumnya tidak dapat menentukan apakah profil mereka sendiri bersifat ensiklopedik.

Bantuan yang dapat Anda lakukan[sunting | sunting sumber]

Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu kontributor Wikipedia adalah, jika Anda telah memiliki situs pribadi, tolong pastikan bahwa informasi yang Anda inginkan ada di artikel Wikipedia mengenai Anda ada di situs tersebut. Sepanjang hal tersebut bukan berupa klaim berlebihan seperti, "Saya adalah yang pertama menciptakan hal ini," atau "Buku saya merupakan buku terlaris tahun itu," suatu situs pribadi dapat digunakan sebagai referensi untuk informasi biografi umum. Seperti dinyatakan oleh prinsip pemastian Wikipedia: Sumber terbitan sendiri dan sumber publikasi lainnya yang bersifat meragukan dapat digunakan sebagai sumber artikel mengenai seseorang . . . sepanjang informasi tersebut layak, tidak berlebihan, dan tidak berlawanan dengan sumber terpublikasi lainnya.

Berubah pikiran demi kenyamanan[sunting | sunting sumber]

Wikipedia adalah sebuah dokumentasi yang terkspos oleh komunitas Internet. Hal ini berarti apapun yang tertulis di dalamnya dilihat oleh jutaan orang di dunia. Anda mungkin akan merasa tidak nyaman dengan hal ini, atau mungkin tiba-tiba anda menyadari kebenaran hal-hal yang telah diungkapkan sebelumnya, anda mungkin suatu saat akan berubah pikiran mengenai artikel otobiografi yang telah anda buat.

Untuk alasan ini, anda disarankan secepatnya menyatakan keberatan atas keberadaan artikel tersebut dan meminta penghapusannya dari Wikipedia. Selanjutnya, secara konsensus, akan diputuskan apakah artikel tersebut layak atau tidak berada di wikipedia, dan tentunya juga akan mempertimbangkan kepentingan privacy anda.

Sadari bahwa dalam hitungan detik, artikel yang anda buat mungkin telah disaksikan, diunduh, atau dipublikasi ulang oleh pihak lain. Jika publikasi ulang tersebut telah terjadi, sangat sulit untuk membatalkannya, karena tidak lagi berhubungan dengan kewenangan Wikipedia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]