Wikipedia:Maraton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Maraton atau WikiMaraton adalah kompetisi yang ditujukan untuk menulis sebanyak mungkin artikel dalam waktu 72 jam.

Peraturan[sunting sumber]

Para penulis sudah tidak sabar untuk mulai membuat artikel di "London Marathon" 2011
  • Artikel yang dihitung adalah artikel yang dibuat pada periode 72 jam yang ditentukan di bawah
    • Artikel tersebut haruslah artikel baru (Anda pembuat artikelnya), (i.e. tidak boleh mengembangkan artikel rintisan)
    • Jika Anda mendaftar terlambat, tapi Anda memiliki artikel yang Anda buat baik pada kurun waktu periode I maupun periode II, setelah Anda mendaftar, artikel(-artikel) tersebut boleh didaftarkan (jika memenuhi syarat, lihat di bawah)
  • Satu artikel hanya boleh didaftarkan sekali
    • Artikel yang dibuat di periode I hanya boleh didaftarkan dalam total periode I, demikian pula artikel yang dibuat di periode II hanya boleh didaftarkan dalam total periode II.
  • Artikel baru harus setidaknya "rintisan panjang" (jumlah teks di dalam artikel, tanpa templat, kutipan, kategori, interwiki, dll) harus ≥ 750 kata dan memenuhi syarat-syarat kelayakan artikel. Informasi-informasi yang meragukan harus dapat dikonfirmasikan melalui sumber-sumber yang tepercaya.
  • Masing-masing partisipan mencatat sendiri artikel yang sudah ditulisnya.
    • Artikel yang tidak memenuhi syarat (poin 3) akan dicoret oleh juri
    • Partisipan masih boleh menambahkan artikel yang lupa dicantumkan paling lambat 1x24 jam setelah Maraton selesai. Setelah itu, tidak ada artikel yang boleh ditambahkan lagi.
  • Untuk masing-masing artikel yang memenuhi syarat di atas, partisipan menerima skor 1.
  • Partisipan diperbolehkan mengikuti salah satu atau kedua-dua maraton di bawah ini:
    • belum ditentukan waktu maraton selanjutnya
    Jika mengikuti kedua-dua maraton, hasil yang dihitung hanyalah yang terbaik di antara keduanya.
  • Hasil Maraton akan dinilai oleh para juri. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Bersenang-senanglah!

Hati-hati, ada penulis maraton!
Peringatan, mengikuti maraton dapat membuat badan Anda menjadi sehat, otak Anda semakin cerdas, dan Anda berkesempatan menjadi juara!

Pendaftaran ini terus dibuka selama Maraton berlangsung, dan hingga Maraton selesai. Jadi Anda tetap boleh mendaftar ketika Maraton tinggal sehari, misalnya, walaupun tentu saja kesempatan menang lebih kecil. Hanya peserta yang menyatakan diri ikut dalam Marathon ini yang berkesempatan menang. Semoga penyunting yang terbaik yang menang!

Para peserta wajib mencatatkan sendiri artikel-artikel yang Anda anggap layak mendapat poin. Juri tidak wajib mencari artikel-artikel tersebut dan memberi Anda poin. Juri hanya menentukan apakah artikel yang Anda ajukan layak mendapat poin.

INI HANYA CONTOH
Nama Daftar artikel periode 1 Daftar artikel periode 2 Poin
Sastro   Artikel A, Artikel B, Artikel C, Artikel D 4
Bejo Artikel 1, Artikel 2 Artikel 3, Artikel 4, Artikel 5 3
Wati Artikel I, Artikel II, Artikel III Artikel IV 3
2 2 7 Total

Dalam contoh di atas, Sastro adalah pemenangnya, walaupun secara total Bejo membuat 5 artikel dan Sastro hanya 4, karena 4 artikel Sastro ditulis dalam 1 periode, sedangkan dalam 1 periode, maksimal Bejo hanya membuat 3 artikel. Jadi, pilih dulu baik-baik periode yang ingin Anda ikuti sebelum bertanding.

Total artikel yang dibuat peserta selama 2 periode digunakan untuk menentukan posisi berikutnya maupun untuk menentukan pemenang apabila ada lebih dari 1 peserta dengan poin terbanyak yang sama. Misalkan Bejo dan Wati sama-sama mengumpulkan nilai 3 dalam satu periode, namun Bejo membuat total 5 artikel, sedangkan Wati 4 artikel, oleh karena itu Bejo menempati posisi 2, sedangkan Wati 3. Jika total artikel yang dibuat sama, untuk posisi 2 ke bawah maka dianggap seri, sedangkan jika posisi 1 ditempati oleh lebih dari 1 pemenang, maka keputusan akan ditentukan oleh para juri.

Lihat pula[sunting sumber]

Belum terpikir mau menulis tentang apa? Berikut beberapa halaman yang dapat dijadikan ide

Lihat pula[sunting sumber]