Wikipedia:Kopi darat dengan Nic Hill (Jakarta 22-23 Februari 2007)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nic Hill adalah pemilik Underdog Pictures di San Fransisco. Ia sebagai sutradara dan produser, dan timnya yaitu Adam Hazard sang sound editor merangkap motion graphics artist, serta John Murillo si cameraman serta editor, sedang dalam perjalanan untuk membuat film dokumenter mengenai Wikipedia, "Truth in Numbers: The Wikipedia Story" di beberapa negara. Kota-kota yang sudah mereka kunjungi antara lain Tokyo-Jepang, Hong Kong, Taipei-Taiwan (khusus mengenai Wikimania 2007), dan Jakarta-Indonesia (22 Februari 2007-24 Februari 2007). Di Jakarta, rombongan Nic Hill melakukan pertemuan dengan beberapa Wikipediawan Indonesia.

Wikipedia Indonesia yang mendaftar[sunting | sunting sumber]

  1. Slamet Serayu 02:05, 21 Februari 2007 (UTC)
  2. Serenity 02:42, 21 Februari 2007 (UTC)
  3. ang 04:04, 21 Februari 2007 (UTC)
  4. Hariadhi - Ngobrol 12:09, 21 Februari 2007 (UTC) (tapi lihat tempatnya dulu ya...Kalau memungkinkan gw datang).
  5. dragunovadiscuss 12:35, 21 Februari 2007 (UTC)

Acara pertemuan[sunting | sunting sumber]

22 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

Underdog Pictures: Nic Hill, Adam Hazard, John Murillo

Wikipedia Indonesia: Borgx, Serenity, Meursault2004.

Makan siang[sunting | sunting sumber]

Pertemuan tanggal 22 Februari 2007 dimulai dengan pertemuan Borgx, Meursault2004 dan Serenity dengan Nic Hill dan timnya di hotel tempat mereka menginap. Dari situ rombongan berangkat untuk makan siang di rumah makan Padang.

Meursault2004 sebelumnya memberikan tur gratis merasakan nikmatnya kepadatan lalu lintas Jakarta kepada para tamu karena Meursault melewati rumah makan tersebut pada jalan satu arah sehingga rombongan harus memutar kembali.

Lokasi Hotel

Borgx sampai duluan di Hotel, Serenity dan Mersault sampai bersama, belum sempat masuk hotel kru Underdog sudah keburu keluar duluan bawa tas segede-gede gambreng. Nic terlihat agak bingung waktu salaman.
Nic: "Indonesian wikipedia is different..."
Serenity: "Different how? "
Nic: "You don't look like ****s "
Serenity ketawa.

Lokasi jalan depan RM Padang

Serenity: "Nah ini tempatnya, stop... stop..."
Mersault: "Aduh parkirnya susah"
Serenity: "Lah kita mau kemana, yah muter lagi? Tuh kan macet kan..."
Mersault: "Trus salah aku?"
Bule-bule bengong

Dalam perjalanan Nic dan krunya terlibat ngobrol santai dengan Serenity dan Meursault2004 yang fasih dalam bahasa Inggris. Borgx hanya mendengarkan dan manggut-manggut saja karena tidak lancar berbahasa Inggris. Akhirnya setelah memutar cukup jauh, rombongan tiba di rumah makan Padang. Nic dan krunya terlihat sangat menikmati masakan Padang.

Nic dan Adam menikmati masakan Padang di sebuah RM Padang, Sederhana, Sabang, Jakarta Pusat

Lokasi di RM Padang

Serenity: "Nic you look like Leonardo Di Cappucino!"
Mersault: "She's flirting with you"[1]
Serenity melihat Mersault dengan tatapan udah deh yang tukang blokir diem aja.
Nic: "Thank's, this is good.." (sambil makan otak)
Serenity: "Sure, it's a cow's brain"
Nic: "It's a... what? It's not chicken?"
Adam dan John ketawa.
Serenity: " You both should have one too before you know it."
From then on everytime they pick something out a plate they confirm what it is.
Nic: "This is great, did you order the whole plate or it just came out like this."
Serenity: "It came out like that. Look, they count it by plate, like sushi. They only counted the one that you took."
Nic: "What happened if you only took one out of two? Did they just give it to someone else?"
Serenity senyum penuh arti.
Nicnya agak keselek.

Kunjungan ke Monumen Nasional[sunting | sunting sumber]

Selesai makan siang, Meursault2004 menawarkan kunjungan ke Monumen Nasional dan langsung diiyakan oleh para tamu.

Keputusan untuk ke Monas

Ketika berada di RM Padang, Serenity banyak bertanya pada kru film tentang apa yang mereka butuhkan dan bagaimana mereka akan melakukan syuting. Karena Mersault ada di Jakarta, kita memang merencanakan akan ada kumpul-kumpul hari Jumat, dan karena mereka disini, Serenity pikir Underdog hanya akan mengambil gambar selama 1 jam pada saat kumpul-kumpul.

Nic dengan tenang menjawab bahwa mereka akan langsung shoot, ia menjelaskan bahwa mereka akan mengikuti kita seharian, hari ini, dan besok pada saat kumpul-kumpul. Ia juga menjelaskan bahwa ini film dokumenter, jadi tidak akan ada yang dibuat-buat. Mereka mau ambil gambar bagaimana Wikiwan di Indonesia menyumbang untuk Wikipedia, apakah dari rumah? Kantor? Atau warnet? Dan mereka mau ambil gambar ditempat-tempat tersebut plus sekalian interview.

Nic: "So the best thing that we can do now is just take shots"
Serenity sempat kaget, "Sekarang?"

Nic mengiyakan, karena mereka tidak boleh buang-buang waktu. Di Indonesia, praktis waktu mereka cuman dua hari. Borgx sama Serenity pandang-pandangan, karena kita kan harus kembali ke kantor dan kru film dikantor kan tidak diperkenankan.

Serenity: "Kalau interview, kalian mau dimana? Apakah sebaiknya kita berada di dalam ruangan yang kedap suara?"
Nic: "Tidak harus, kalau begitu malah filmnya jadi membosankan karena latar belakang yang monoton. Lebih baik kalau di ruang terbuka dengan latar belakang Jakarta."
Mersault: "Yah, ke Monas kalau begitu."
Nic, John, dan Adam beserta Meursault2004 dan Borgx di Monas dengan di latar belakang Mesjid Istiqlal dan Gedung Pertamina

Serenity sebagai penunjuk jalan malah terlalu asyik ngobrol sehingga rombongan sempat memutar kawasan Monas sebanyak dua kali karena melewati pintu masuknya. Sebelum memasuki kawasan Monas, Meursault memutar arah untuk mempersilahkan John merekam adegan demonstrasi yang berjalan di depan salah satu gedung di dekat Monas. Rombongan kemudian berjalan kaki ke Monas, sambil jalan, Nic dan krunya mewawancarai Serenity, Meursault2004 dan Borgx mengenai pandangan mereka terhadap Wikipedia. Sebelum memasuki area Monas, Nic dan krunya sempat mewawancarai rombongan anak SD dan gurunya mengenai apakah mereka pernah menggunakan internet atau tidak. Di pintu masuk Monas, Nic dan krunya kembali mewawancarai murid-murid sekolah pariwisata yang sedang bertugas di Monas. Serenity kembali ke kantor. Borgx tinggal lebih lama sedikit. Mersault menjadi pemandu turis.

Syuting di Warnet[sunting | sunting sumber]

Hadiah Serenity untuk Meursault2004

Pada sore hari, setelah syuting di Monas, para kru menjemput Serenity yang telah selesai pekerjaannya di kantor. Sementara itu rombongan melaju menuju ke sebuah warung internet di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Di sana para kru membuat syuting sebuah warnet khas Indonesia. Lalu setelah itu acara dilanjutkan dengan makan malam di food court Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan.

Pada saat melaju ke Jakarta Selatan, ternyata Serenity membawa sebuah hadiah untuk Meursault2004 karena dia ngotot untuk menjadi penulis artikel yang ke-50.000. Hadiahnya ini berupa cangkir yang telah dicetak gambar logo khusus Wikipedia dengan jumlah artikel. Selain itu di situ tertera pula nama Meursault, gambar kopi darat 22 November 2006 dan juga sebuah teks: Komunitas ini merupakan sebuah komunitas rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia mengembangkannya.

23 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

Kunjungan ke Universitas Indonesia[sunting | sunting sumber]

Underdog Pictures : Nic Hill, Adam Hazard, John Murillo.

Wikipedia Indonesia : Meursault2004, Dragunova, Hariadhi.

Operator, can I help you?

Walaupun sudah diumumkan disemua halaman, dan mungkin juga karena mendadak, sayangnya peminat untuk kumpul bareng dan bertemu underdog pic sedikit.

Hariadhi dan Dragunova dihubungi keesokan harinya oleh Serenity – yang secara defacto diangkat jadi system operator untuk hari itu.

Hariadhi: " Sere, ini ketemunya dimana? Jadinya jam berapa?"
Dragunova: " Kak, ngga bisa tuh kalo jam segitu, keluar kantor habis sholat Jumat."
Mersault: " Bisa telpon si Nic ngga? Ke UInya jadi tuh, udah Ok. Jam 11:00 dijemput."
Hariadhi: " Gue udah disini, yang lain mana? Kok gue sendirian dikepung tiga bule?"
Mersault: " Haduh aku agak telat nih, bilang Nic sebentar lagi, masih macet. "
REX: " Rumahnya Mersault dimana ya?"
Borgx: " Elo tau ngga daerah situ? "
Dragunova: "Ya udah kalau gitu gue langsung aja ke UI ketemu Bapak Mersault, kak "

Akhirnya Underdog Pic, Mersault2004, dan Hariadhi berjalan ke Universitas Indonesia dengan mobil Meursault2004 pukul 13:00. Nic Hill dan John berkali-kali tertawa melihat suasana lalu lintas Indonesia. Pukul 14:00 rombongan sampai di Fakultas Ilmu Budaya, bertemu Dragunova dan disambut dosen-dosen di sana. Beberapa dosen diwawancarai mengenai internet dan pendidikan Indonesia. Selanjutnya berbicara mengenai Wikipedia.

Setelah makan siang di kantin "Bloc" Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang lebih sejuk (hampir semua kru dokumentasi wajahnya berubah merah karena suhu Depok yang panas), wawancara dilanjutkan dengan pemakai internet wireless di sekitar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Mengejutkan karena cukup banyak pengguna Wikipedia di sini dibanding hari sebelumnya.

Dragunova minta izin pulang pada pukul 15:00 karena memiliki acara sendiri. Kemudian pada pukul 16:00 rombongan menuju rumah Meursault2004.

Pertemuan sore hari[sunting | sunting sumber]

Anggota: Nic Hill, Adam Hazard, John Murillo, Borgx, Serenity, Meursault2004, Hariadhi, Ciko dan Slamet Serayu

Pertemuan sore diadakan di rumah Meursault yang dimulai sekitar jam 17:30. Pertemuan diawali dengan rapat yang membahas mengenai kunjungan rombongan ke Universitas Indonesia siang harinya. Selain itu dibicarakan pula rencana untuk mengkonversikan semua berkas lambang-lambang kabupaten dan kota di Indonesia menjadi berkas svg dan menaruh semuanya di commons. Nic dan timnya kemudian mewawancarai para wikipediawan sambil terus direkam. Nic kemudian mewawancarai Slamet Serayu secara khusus mengenai kontribusinya di Wikipedia bahasa Indonesia dan Wikipedia bahasa Banyumasan. Nic juga mewawancarai Hariadhi mengenai kontribusinya di Wikipedia khususnya mengenai keahliannya dalam bidang disain grafis. Selesai pertemuan dilanjutkan dengan makan malam.

Film dokumenter "Truth in Numbers: The Wikipedia Story"[sunting | sunting sumber]

Truth in Numbers: The Wikipedia Story adalah sebuah film dokumenter yang menyoroti bangkitnya teknologi internet dan bangkitnya Wikipedia sebagai sebuah ensiklopedia kolaborasi online di mana setiap orang dapat memberikan kontribusinya dan dapat menyunting secara bebas melalui teknologi "Wiki".

Film ini mendokumentasikan perjalanan Jimmy Wales, pendiri Wikipedia, ke seluruh dunia, di mana ia bertemu dengan para pemimpin yang penting, membicarakan masa depan situsnya, dan perjuangan untuk memberikan akses global bagi pengetahuan secara bebas. Film ini juga diisi dengan interaksi para kontributor Wikipedia dari China, Korea, Taiwan, Indonesia, India, Inggris, Amerika, Afrika, dan Kroasia;[2] memperlihatkan bagaimana mereka mempergunakan situs tersebut dan bagaimana Wikipedia telah mengubah mereka. Film ini juga akan memperlihatkan sejarah Wikipedia secara kronologis, perkembangannya, dan representasinya di media-media besar, dan mengenai masa depan Wikipedia.

Film dokumenter ini rencananya akan dirilis secara luas pada tahun 2008 di seluruh dunia. Pada awalnya mereka (Underdog Pictures) akan langsung merilis filmnya dengan izin creative commons, namun berubah pikiran karena bila langsung menggunakan izin ini, mereka takut tidak ada yang melihat. Akhirnya mereka akan melepas film ini ke pasar selama beberapa waktu, dan setelah lewat beberapa lama, mereka akan melepasnya dalam izin creative commons.

Proyek pembuatan film ini sepenuhnya adalah proyek independen dan didanai oleh para donatur. Wikipedia atau Jimmy Wales sama sekali tidak terlibat dalam pendanaan proyek ini.

Publikasi tambahan tentang Truth in Numbers[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Percakapan ini ternyata terekam dan bisa didengarkan di YouTube Podcast
  2. ^ Jadwal pengambilan gambar untuk dokumentasi "Truth in Numbers: The Wikipedia Story"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lain-lain[sunting | sunting sumber]