Wikipedia:Kopi darat/Jakarta (17 Maret 2007)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Para peserta seminar Wikipedia bahasa Indonesia

Kopi darat Jakarta 17 Maret 2007 adalah pertemuan dalam rangka seminar bertemakan Wikipedia yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Nusantara Jakarta pada Sabtu 17 Maret 2007 di Hall Lt.8, Kampus Anggrek Jakarta Barat. Pembicaranya adalah Meursault2004, Borgx dan Rex. Serenity yang sedianya bergabung sebagai pembicara, telah mengundurkan diri sebelumnya.

Pertemuan para Wikipediawan[sunting | sunting sumber]

Para Wikipediawan berfoto bersama
Dari kiri ke kanan: REX, Ciko, Serenity, Borgx, Anggorogunawan, dan Houshuang

Pada seminar ini dari 7 Wikipediawan yang tadinya mendaftar akan ikut, hanya 2 pengguna yang hadir yaitu Ciko dan Ang. Slamet Serayu batal karena ada urusan mendadak, demikian juga dengan Andri.h, Gombang, dan Hariadhi yang membatalkan sebelum hari-H.

Wikipediawan Tjamboek Berdoeri dan Lan Lan yang menandatangani daftar hadir, tidak memperkenalkan diri pada akhir acara kepada para Wikipediawan lainnya.

Para Wikipediawan yang saling bertemu adalah Meursault2004, Borgx, Rex, Serenity, Ciko, Ang, dan seorang pengguna asal Norwegia, Houshuang.

Seminar[sunting | sunting sumber]

Seminar dihadiri oleh sekitar 90 orang pendaftar yang berasal dari beragam latar belakang; terbanyak adalah mahasiswa Universitas Bina Nusantara sendiri termasuk beberapa alumni dan dosen, mahasiswa dari Universitas lain, umum, dan pengguna Wikipedia. Acara ini diliput juga oleh beberapa media massa dan stasiun televisi.

Seminar dimulai pada sekitar pukul 13.30, terlambat sekitar 30 menit dari rencana, dikarenakan molornya waktu dari acara di aula yang sama sebelum seminar ini. Menurut panitia, persiapan aula untuk keperluan seminar pun akibatnya menjadi agak terburu-buru. Terlihat juga dari baru siapnya kursi-kursi dan proyektor sesaat sebelum acara dimulai.

Dipimpin oleh dua orang pembawa acara yang merupakan mahasiswa di UBiNus, seminar ini dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara dan dimoderatori oleh Ketua Panitia Seminar, Wilson.

Panitia menyediakan akses internet Wi-Fi melalui jaringan lokal nirkabel Binus-Access, sehingga pembicara dapat menampilkan Wikipedia bahasa Indonesia secara live on-line.

Sesi seminar[sunting | sunting sumber]

Para pembicara seminar
Dari kiri ke kanan: REX, Meursault2004, Borgx

Pembahasan seminar ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu:

  • Perkembangan Wikipedia, Wikipedia Nusantara, dan Komunitas Wikipedia - oleh Meursault2004
  • Kebijakan dan Pengurus Wikipedia - oleh Rex
  • Pengguna Wikipedia - oleh Rex, menggantikan Serenity
  • Proyek Yayasan Wikimedia dan Software MediaWiki - oleh Borgx
Para wikipediawan berfoto bersama panitia seminar

Setiap kali sebuah bagian selesai disampaikan oleh pembicara, ada sesi tanya jawab dan kuis yang disertai hadiah sponsor.

Sesi pertama: Meursault2004[sunting | sunting sumber]

Meursault2004 menjelaskan mengenai apakah itu Wikipedia, disertai dengan sejarah situs Wikipedia dan situs pendahulunya, Nupedia dan Bomis. Juga dijelaskan mengenai sejarah Yayasan Wikimedia, edisi-edisi Wikipedia Internasional, dan edisi Wikipedia Nusantara.

Penjelasan Wikipedia Nusantara memberikan pengetahuan mengenai edisi-edisi Wikipedia dalam bahasa-bahasa Nusantara serta posisinya di antara proyek-proyek Wikimedia, yakni:

Dalam pembahasan mengenai komunitas Wikipedia Internasional, Meursault2004 memberikan penjelasan mengenai pengalamannya di Wikimania 2005 di Jerman, kopi daratnya dengan Wikipediawan Belanda, serta pengalamannya dalam persahabatan antar bangsa dalam Wikimania-Wikimania selanjutnya.

Meursault2004 juga memaparkan mengenai publisitas WBI di media-media di Indonesia atau yang berbahasa Indonesia, seperti di Sinar Harapan, Majalah Tempo, Detik.com, SDA-Asia, Gatra, Kompas, Tokoh Indonesia, Radio 68H, Majalah Chic, dan Radio Singapura.

Meursault2004 mengakhiri paparannya dengan menjelaskan misi dirinya:

Ingin menyajikan informasi yang berbobot yang sebelumnya belum ada atau sulit dicari dalam bahasa Indonesia sehingga bahasa Indonesia bisa bersanding dengan bahasa-bahasa penting lainnya di dunia, terutama bahasa-bahasa Eropa Barat dan bahasa Jepang. Tidak hanya bersanding dengan bahasa Inggris namun terutama juga dengan bahasa Jerman (secara kualitas Wikipedianya yang terbaik), Belanda, dan Perancis.

Sesi kedua: Rex[sunting | sunting sumber]

Rex menjelaskan mengenai kebebasan Wikipedia dan batasan-batasan kebebasan itu sendiri dalam lingkup kebijakan Wikipedia, yang berasal dari:

Rex juga memaparkan mengenai tugas-tugas Pengurus dan fungsi seorang Pengurus (Sysop) sebagai status yang tidak lebih tinggi dari pengguna lainnya, melainkan merupakan sekedar status teknis dan bersifat tugas tambahan saja untuk mereka yang dianggap sudah cukup mengerti budaya komunitas Wikipedia.

Paparan ini dilanjutkan dengan penjelasan mengenai jenis-jenis pengguna di proyek Wikimedia, mulai dari pengguna anonim, pengguna terdaftar, pengurus, birokrat, oversight, checkuser, steward, dan developer.

Sesi ketiga: Serenity[sunting | sunting sumber]

Sesi kedua segera dilanjutkan Rex dengan pemaparan mengenai bagian presentasi yang seharusnya dibawakan oleh Serenity. Dalam sesi ini, dijelaskan mengenai profil Serenity sebagai pengguna wanita di Wikipedia dan artikel Playboy edisi Indonesia sebagai sumbangan pertamanya.

Dibahas juga mengenai masalah yang akan dihadapi oleh para pengguna baru, yakni masalah kode HTML dan gaya penulisan yang dimiliki Wiki sendiri.

Pemaparan dilanjutkan dengan istilah "Wikipedia Indonesia" atau "Wikipedia bahasa Indonesia". Rex menjelaskan bahwa Wikipedia sebetulnya tidak mengenal politik, dan betul-betul merupakan proyek untuk mereka yang mempergunakan bahasa Indonesia. Jadi, istilah yang tepat adalah Wikipedia bahasa Indonesia.

Kopi darat yang telah beberapa kali dilakukan oleh para pengguna Wikipedia bahasa Indonesia juga ditampilkan, dan diakhiri dengan misi Serenity sebagai salah satu pengguna Wikipedia:

Ingin menyajikan informasi yang siap saji secara gratis dan membagikannya kepada para pelajar yang kurang mampu di sekolah-sekolah demi pencerdasan bangsa. Cara pembagiannya ialah dalam bentuk CD-ROM atau dalam bentuk cetak.

Sesi keempat: Borgx[sunting | sunting sumber]

Borgx memaparkan mengenai proyek-proyek Yayasan Wikimedia selain Wikipedia, yakni Wiktionary, Wikibooks, Wikiquote, Wikisource, Wikimedia Commons, Wikispecies, Wikinews, dan Wikiversity. Seluruh proyek ini dijelaskan secara singkat dan padat akan kegunaan dan disertai alamat aksesnya. Dijelaskan bahwa dari proyek-proyek ini, Wikinews dan Wikiversity belum memiliki edisi bahasa Indonesia.

Borgx melanjutkan dengan memaparkan mengenai perangkat lunak MediaWiki yang berada di balik seluruh proyek-proyek Wikimedia tersebut, penjelasan mengenai fungsi MediaWiki sebagai free content management system yang multiuser dan memiliki fitur revision history. Borgx juga menjelaskan bahwa perangkat lunak ini dapat diunduh dan diinstalasi untuk keperluan pribadi.

Penjelasan ini dilanjutkan dengan live demo dari penggunaan perangkat lunak MediaWiki di departemen di perusahaan di mana Borgx bekerja.

Borgx menampilkan juga hasil pengunduhan Wikipedia bahasa Indonesia edisi offline yang dapat dibakar di keping DVD.

Kesaksian: Houshuang[sunting | sunting sumber]

Houshuang mengambil alih mikrofon dari borgx
Houshuang duduk di kursi REX

Houshuang, seorang pengguna asal Norwegia yang fasih berbahasa Indonesia, bergabung di Wikipedia sejak April 2004, kebetulan berada di Indonesia selama satu tahun di sebuah organisasi non pemerintah. Ia memberikan kesaksian dan semangat bagi para Wikipediawan untuk menjadi kontributor di Wikipedia.

Houshuang atau Setian (secara humor ia berkata bahwa di Indonesia menjadi Setianto) menceritakan artikel pertamanya yang dibuat ketika ia kuliah di Kanada. Pada saat itu, Desember 2004, ia dan kawan-kawannya sedang mencari bahan ujian, khususnya mengenai Podsol, sejenis tanah yang biasa berada di daerah yang lembab dan dingin, dan umum berada di Kanada. Ternyata pada saat itu di Wikipedia bahasa Inggris belum ada artikel tersebut. Ia kemudian membuat halaman rintisan mengenai podsol yang berasal dari buku teks yang digunakannya.

Rintisan yang dibuatnya hanya berupa artikel dengan 8 kalimat pendek, dan pada saat ini sudah menjadi sebuah artikel yang lengkap dan bagus yang disumbangkan oleh banyak pengguna.

Dari pengalaman ini, ia mengajak para hadirin untuk tidak segan-segan menyumbangkan artikel, pendek sekalipun, yang suatu hari dapat berkembang menjadi sebuah artikel yang bagus, seperti yang dialaminya ini.

Pemutaran video dokumentasi Nic Hill di Jakarta[sunting | sunting sumber]

Screenshot video

Setelah selesai seluruh tanya jawab dengan hadirin, acara dilanjutkan dengan pemutaran video dokumentasi Wikipediawan oleh Nic Hill di Jakarta. Para peserta seminar sempat tertawa sewaktu mendengar penjelasan Nic ketika mereka pada akhirnya membatalkan rencana untuk memuat video yang dibuat selama di kota Taipei (Taiwan) ke Internet karena kecepatan Internet dial-up di Indonesia yang pelan. Para hadirin juga tertawa ketika melihat bagian "kucing di bandara".

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Meursault2004 berpendapat bahwa edisi ini lebih mencerminkan edisi Melayu dialek Malaysia. Bahasa Melayu adalah sebuah nama kelompok dialek-dialek Melayu yang berbeda-beda dan bentuk bakunya jelas tidak diwakili ragam bahasa Melayu yang dipertuturkan di Kerajaan Malaysia. Bahasa Indonesiapun sejatinya adalah sebuah dialek bahasa Melayu

Pranala luar[sunting | sunting sumber]