Wikipedia:Kopi darat/Jakarta (Social Media Festival 2013)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tiga sukarelawan Wikipedia di hari kedua Social Media Festival 2013: Alven (bicara), Ricky Setiawan (bicara), dan Affandy Murad (bicara)

Social Media Festival (SMF) 2013 merupakan rangkaian acara workshop, pertunjukan, dan pengenalan komunitas sosial yang diselenggarakan di Jakarta pada 12-13 Oktober 2013. SMF 2013 merupakan SMF ketiga yang pernah dilaksanakan, dan tahun ini mengambil tema "dare to share." Komunitas Wikipedia mengambil bagian dalam acara ini dengan membuka booth, berkolaborasi bersama komunitas PESxWE dan Sentral Komunitas IT.

Topik yang dijelaskan[sunting sumber]

Topik yang dijelaskan dalam booth Wikipedia antara lain:

  • Wikipedia adalah ensiklopedia yang bisa disunting dan disebarkan secara bebas. Wikipedia ditulis secara sukarela, dana operasionalnya pun didapatkan dari sumbangan sukarela, bukan dari iklan atau kegiatan komersial.
  • Wikipedia memiliki 30 juta artikel di lebih dari 280 bahasa. Dalam bahasa Indonesia sendiri kini terdapat lebih dari 300.000 artikel dengan kurang lebih 1400 pengguna aktif.
  • Wikipedia selalu berusaha menjaga reliabilitasnya. Pada faktanya, Wikipedia lebih dapat diandalkan keakuratannya dibanding ensiklopedia cetak karena sifatnya yang selalu terbaharui. Namun demikian, Wikipedia tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai rujukan dalam karya ilmiah.
  • Kegiatan-kegiatan komunitas Wikipedia

Selain itu, dijelaskan pula cara untuk mendaftar, menyunting, serta hal-hal lain yang ditanyakan oleh pengunjung.

Hasil dan tindak lanjut[sunting sumber]

Hasil dan tindak lanjut dari acara ini adalah:

  • 54 orang mengisi form permintaan untuk mendapatkan informasi tentang acara komunitas Wikipedia bahasa Indonesia.
  • Total donation pledge terkumpul Rp.100.000
  • Ide untuk mengadakan kumpul rutin komunitas
  • Beberapa komunitas mengajukan gagasan kerjasama dengan komunitas Wikipedia bahasa Indonesia, antara lain dari komunitas Courserian, Khan Akademi, FiksiMini, dan beberapa komunitas pendidikan lainnya. Detail bentuk kerjasama sedang dijajaki.

Selain itu pameran ini juga digunakan sebagai kesempatan untuk melakukan wawancara dan memperdalam pemahaman atas hasil survey yang dilakukan oleh komunitas Wikipedia sebelumnya (hasil survey akan dipublikasikan dalam waktu dekat). Dari pendalaman tersebut, didapatkan hasil berikut:

  • Berdasarkan survey sebelumnya, sekitar 50% responden menyatakan tidak tahu bahwa Wikipedia dikerjakan secara sukarela. Dari pameran ini diketahui bahwa mereka menganggap dana Wikipedia didapatkan secara komersial dan seluruh penulis Wikipedia dibayar.
  • Para pengguna merasakan adanya kesulitan dalam mendaftar. Mereka mengira bahwa untuk menjadi penulis Wikipedia, seseorang harus melewati seleksi tertentu. Ditemukan pula bahwa tombol "membuat akun" kurang terlihat.

Souvenir[sunting sumber]

Sebagai hadiah games, Wikipediawan menyediakan souvenir sebagai berikut:

  1. CD Wikipedia bahasa Indonesia luar jaringan
  2. Pin Wikipedia

Sukarelawan[sunting sumber]

Sukarelawan yang terlibat dalam acara ini adalah:

Karena berbentuk kolaborasi, komunitas Wikipedia juga dibantu oleh Sentral Komunitas IT Bekasi dan Komunitas PESxWE. Selain itu beberapa pengguna turut hadir mengunjungi booth ini:

Lihat pula[sunting sumber]