Wikipedia:Kelayakan berarti memiliki dampak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Meteor ini memiliki dampak; apakah subjek artikel Wikipedia Anda juga memilikinya?

Kebijakan kelayakan Wikipedia dapat membingungkan dan sulit untuk dijelaskan, terutama untuk pengguna baru. Kebijakan pedoman kelayakan umum untuk cakupan yang signifikan dalam sumber-sumber tepercaya yang independen hanya sebuah pendekatan untuk memutuskan apakah sebuah topik dikategorikan layak untuk memiliki artikel.

Konsep kelayakan juga dapat digambarkan sebagai ukuran dampak topik ini, terutama dengan artikel biografis. Berpikir di luar pencarian hanya untuk beberapa sumber-sumber tepercaya yang independen dari subjek. Sebaliknya, cobalah untuk berpikir seperti seorang sejarawan: Mengapa topik ini akan diingat? Bagaimana itu mempengaruhi masyarakat? Apa yang berbeda sekarang karena hal ini terjadi? Bagaimana pengetahuan tentang topik ini membantu kita untuk menjelaskan dunia di sekitar kita? Kelayakannya-membuktikan bahwa dampak tidak harus menjadi pergeseran paradigma secara keseluruhan dalam pemikiran manusia. Singkatnya: siapa yang peduli dan mengapa?

Ketika mengevaluasi kelayakan dari seseorang yang mungkin dikenal hanya untuk satu peristiwa, bisakah informasi dari biografi orang tersebut membantu orang lain memahami peristiwa itu? Jika demikian, ia mungkin terkenal dan layak memiliki artikel. Jika ia hanya seorang yang terlibat dalam peristiwa itu sendiri, orang itu mungkin tidak penting.