Wikipedia:Kebijakan penghapusan/Proposal 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kebijakan penghapusan halaman adalah salah satu kebijakan pemeliharaan Wikipedia yang mengatur mengenai bagaimana halaman-halaman yang tidak memenuhi kriteria yang relevan dapat dihapuskan dari Wikipedia bahasa Indonesia.

Alasan-alasan penghapusan halaman termasuk tapi tidak terbatas pada pelanggaran hak cipta, isi artikel yang bukan merupakan artikel ensiklopedia, isi yang tidak dapat dipastikan asal sumber tepercayanya, dan isi negatif yang tidak ada referensinya di biografi tokoh yang masih hidup. Dalam operasi normal di Wikipedia bahasa Indonesia, para Opsis menghapuskan sekitar 50 halaman setiap harinya.

Sedapat mungkin, kita perlu untuk menghindari penghapusan suatu artikel yang subyeknya layak sebagai artikel Wikipedia. Pengguna Wikipedia yang sudah cukup lama didorong untuk membantu memperbaiki artikel-artikel seperti ini ketimbang mengusulkannya untuk dihapuskan. Namun demikian, permulaan yang buruk untuk sebuah artikel, misalnya penggunaan kata-kata kotor atau penghinaan sebagai isi artikel, sekalipun subyeknya layak, dapat langsung dihapuskan atau diusulkan untuk dihapus segera.

Bantuan Anda[sunting sumber]

Penghapusan suatu artikel Wikipedia akan menghilangkan versi sekarang dan seluruh versi terdahulu dari akses publik. Tidak seperti pengosongan halaman yang dapat dibatalkan oleh pengguna mana pun dengan segera, penghapusan hanya dapat dilakukan oleh Opsis. Para Opsis juga dapat melihat isi halaman-halaman yang dihapuskan dan mengembalikan artikel-artikel yang telah dihapuskan. Seluruh tindakan Opsis ini dicatat dalam log penghapusan.

Anda dapat turut membantu para opsis untuk mengidentifikasikan artikel mana saja yang layak dihapus, dengan cara membubuhkan templat {{hapus}}. Secara otomatis, halaman artikel itu akan masuk dalam Kategori:Artikel yang layak untuk dihapus. Setiap penyuntingan yang dibuat oleh pengguna di Wikipedia ini dapat dilihat di daftar perubahan-perubahan terbaru.

Dengan menambahkan sebuah baris baru {{hapus}} di bagian atas suatu artikel, akan muncul pesan sebagai berikut di artikel tersebut:

{ {hapus|kat=no} }

Anda juga harus menuliskan alasan mengapa penghapusan halaman tersebut diperlukan. Anda dapat memberikan pendapat Anda di halaman diskusi atau dengan mengetikkan melalui templat seperti ini: {{hapus|Alasan anda}}. Penulisan alasan melalui templat tersebut akan menghasilkan pesan berikut:

{ {hapus|Alasan anda|kat=no} }

Artikel yang layak dihapus[sunting sumber]

Langsung dihapus[sunting sumber]

  • Isi yang jelas-jelas bukan merupakan artikel ensiklopedia
    • Artikel yang berisikan omong kosong atau merupakan uji coba, contohnya isi seperti test atau Masukkan: ā ī ū ṛ ḷ ě ṃ ṇ ṅ ḍ ṭ ṣ ś ḥ Ā Ī Ū Ṇ Ṅ Ñ Ṣ Ś Ḍ Ṭ Ṛ Á á É é Í í Ó ó Ú ú À à È è Ì ì Ò ò Ù ù Â â Ê ê Î î Ô ô Û û Ä ä Ë ë Ï ï Ö ö Ü ü ß Ã ã Ñ ñ Õ õ Ç ç Ģ ģ Ķ ķ Ļ ļ Ņ ņ Ŗ ŗ Ş ş Ţ ţ Ć ć Ĺ ĺ Ń ń Ŕ ŕ Ś ś Ý ý Ź ź Đ đ Ů ů.
    • Artikel dengan kalimat singkat yang berupa pertanyaan, penghinaan, kata-kata kotor, pendapat pribadi, dan lain-lain yang tidak sesuai dengan ensiklopedia.
    • Artikel yang cukup panjang, relatif terlihat cukup baik, tapi nyata-nyata ditulis dengan kaidah penulisan yang tidak sesuai dengan ensiklopedia.
  • Artikel yang 100% berbahasa asing
    Tag {{terjemah}} hanya layak digunakan jika sudah ada setidaknya satu paragraf pembukaan yang diterjemahkan.

Melalui diskusi[sunting sumber]

Anda dapat menominasikan penghapusan dengan menggunakan tag (templat) bagi artikel-artikel yang memenuhi setidaknya salah satu syarat di bawah ini. Pengurus dapat langsung menghapuskan artikel-artikel yang nyata tidak memenuhi unsur kelayakan dan artikel-artikel yang melanggar hak cipta.

Subyek tidak layak[sunting sumber]

Kebijakan Wikipedia:Kelayakan artikel digunakan sebagai rujukan. Karena notabilitas (kelayakan) suatu topik kadang tidak bisa ditentukan dengan pasti, maka jelaskanlah alasan nominasi Anda di halaman pembicaraan supaya dapat dipertimbangkan pengguna lainnya.

Tidak berbobot[sunting sumber]

Artikel yang isinya terlalu singkat sehingga tidak memberikan informasi yang cukup dapat dipertimbangkan untuk dihapus, misalnya jika dalam artikel Gunung Mahameru hanya ada kalimat 'Mahameru adalah sebuah gunung'. Artikel yang bisa dikatakan tidak singkat tetapi secara keseluruhan isi tidak jelas mengenai apa, juga dapat dipertimbangkan untuk dihapuskan. Tentu saja jika dapat segera dikembangkan oleh pengguna lainnya maka artikel ini tidak perlu dinominasikan untuk dihapus.

Tidak rapi[sunting sumber]

Artikel-artikel yang digolongkan tidak rapi atau tidak dirapikan adalah artikel yang tidak mengikuti kaidah penulisan artikel Wikipedia atau dengan kata lain, isi artikel tidak diwikifikasikan. Juga artikel yang cara pengerjaan dan penulisannya dilakukan secara asal-asalan dan sembarangan. Misalkan penggunaan huruf-huruf besar dan tanda-tanda baca tidak diindahkan.
  • Templat yang digunakan: {{rapikan}}

Tidak memiliki referensi[sunting sumber]

Kebijakan kelayakan, sumber tepercaya, dan pemastian mengharuskan agar sebuah artikel memiliki minimal satu sumber referensi untuk membantu memastikan bahwa subyek artikel yang dimaksud adalah layak sebagai sebuah artikel Wikipedia.
Untuk pemeliharaan kualitas Wikipedia bahasa Indonesia, maka artikel-artikel baru yang tidak memiliki minimal satu referensi atau satu pranala luar ke sumber tepercaya, dapat digolongkan sebagai "tidak layak" atau "tidak dapat dipastikan".

Pelanggaran hak cipta[sunting sumber]

Artikel-artikel baru yang diduga melanggar kebijakan hak cipta Wikipedia dapat diusulkan untuk dihapuskan. Artikel-artikel yang digolongkan dalam kategori ini mungkin memiliki isi yang dikopi-paste atau dijiplak mentah-mentah dari suatu sumber primer. Sumber primer yang dimaksudkan bisa berupa situs web lain (mayoritas kasus) atau dari media cetak.
Artikel yang memiliki isi yang berasal dari bukan domain umum dapat dihapuskan.
Templat yang digunakan: {{copyvio}}

Jangka waktu[sunting sumber]

Artikel-artikel baru yang dinominasikan untuk dihapus menurut proses di atas harus didaftarkan jadwal penghapusannya pada halaman Wikipedia:Warung Kopi/Hapus yang dahulu dipindahkan dari Wikipedia:Warung Kopi/Kembangkan dengan jangka waktu sebagai berikut:

  • Dua minggu, untuk nominasi artikel-artikel yang tergolong tidak memenuhi kelayakan, tidak berbobot, tidak rapi, dan tidak memiliki sumber referensi.
  • Satu minggu, untuk artikel yang diduga melanggar kebijakan hak cipta.

Artikel-artikel lama yang telah ada sebelum kebijakan ini berlaku, dan hendak dinominasikan untuk dihapuskan, diberikan jangka waktu dua kali lipat dari jangka waktu di atas.

Mengembalikan artikel yang telah dihapus[sunting sumber]

Kontributor atau pengguna lain mungkin tidak setuju akan penghapusan suatu artikel. Anda dapat meminta agar artikel yang telah dihapuskan untuk dikembalikan oleh Opsis melalui halaman pembicaraan mereka atau di Warung Kopi, asalkan alasan untuk melakukan tindakan ini adalah jelas dan Anda dapat membuktikan bahwa artikel tersebut memang layak.

Lihat pula[sunting sumber]