Wikipedia:Gambar pilihan/Binatang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gambar bertopik binatang yang pernah menjadi gambar pilihan.

Arwana Asia[sunting | sunting sumber]

Arowana.jpg

2006/14

Arowana.jpg

Arwana Asia (Scleropages formosus), adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Spesies ini termasuk jenis spesies langka yang masuk red list IUCN tahun 2004.

St. Bernard[sunting | sunting sumber]

St Bernard with barrel.JPG

2006/25

St Bernard with barrel.JPG

St. Bernard adalah tipe anjing yang awalnya ditujukan untuk anjing pekerja dan untuk pertolongan. Jantannya dapat tumbuh sampai seberat 68 sampai dengan 90 kg. St. Bernard dikenal karena kesetiaannya, ketajamannya dan toleran terhadap anak-anak dan hewan lainnya sehingga anjing St. Bernard sering dijadikan anjing keluarga. St. Bernard juga merupakan anjing penjaga yang baik karena ukurannya yang besar.

Bangkong serasah[sunting | sunting sumber]

Leptob hasselt 060615 7455 jbrti ed resize.jpg

2006/33

Leptob hasselt 060615 7455 jbrti ed resize.jpg

Bangkong serasah (leptobrachium hasseltii) adalah sejenis kodok dari suku Megophryidae. Bangkong ini bertubuh sedang, antara 50-70 mm. Jantannya umumnya lebih kecil daripada yang betina. Gendut pendek dengan kepala bulat dan besar, lebih besar daripada tubuhnya; mata besar dan melotot. Bangkong ini hanya didapati di hutan, kebanyakan di pegunungan, terutama di tempat yang tidak jauh dari sungai. Aktif di malam hari (nokturnal), bangkong serasah tidur di siang hari atau bersembunyi di balik serasah hutan. Dengan kaki yang pendek, kodok ini melompat pendek-pendek dan sering pula merayap perlahan-lahan di kayu atau batu dengan tubuh diangkat.

Harimau Siberia[sunting | sunting sumber]

Siberischer tiger de edit02.jpg

2006/43

Siberischer tiger de edit02.jpg

Harimau Siberia adalah subspesies langka harimau yang merupakan hewan alami terbesar dalam suku Felidae. Jenis harimau ini juga dikenal dengan nama Harimau Amur, Korea, Manchuria, atau Tiongkok Utara. Harimau Siberia saat ini terancam punah. Kini subspesies ini telah hampir punah total dari Korea Selatan dan sebagian kecil hidup di Rusia, Manchuria dan Korea Utara.

Lumba-lumba hidung botol[sunting | sunting sumber]

Bottlenose Dolphin KSC04pd0178.jpg

2006/48

Bottlenose Dolphin KSC04pd0178.jpg

Lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) adalah spesies lumba-lumba yang paling umum dan paling dikenal orang. Habitatnya berada di perairan hangat di seluruh dunia dan dapat ditemui di hampir seluruh perairan kecuali Samudra Arktik dan Samudra Selatan. Lumba-lumba hidung botol berwarna abu-abu yang bervariasi dari abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip punggung ke abu-abu muda keputih-putihan di bagian bawah. Corak warna ini membuat mereka sulit dilihat dari atas dan bawah. Lumba-lumba hidung botol dewasa memiliki panjang antara 2 sampai 4 meter dan berat dari 150 sampai 650 kilogram.

Jerapah[sunting | sunting sumber]

Giraffe08 - melbourne zoo edit.jpg

2006/52, 2007/1

Giraffe08 - melbourne zoo edit.jpg

Jerapah (Giraffa camelopardalis) adalah mamalia yang merupakan hewan tertinggi yang hidup di darat. Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan. Jerapah berkerabat dengan rusa dan sapi, tetapi dimasukkan dalam suku berbeda, yaitu Giraffidae, yang terdiri dari jerapah dan kerabat terdekatnya, okapi. Habitatnya membentang dari Chad sampai dengan Afrika Selatan.

Merak Biru[sunting | sunting sumber]

Peacock front02 - melbourne zoo.jpg

2007/3

Peacock front02 - melbourne zoo.jpg

Merak Biru atau Merak India, yang dalam nama ilmiahnya Pavo cristatus adalah salah satu dari tiga spesies merak. Merak Biru mempunyai bulu berwarna biru gelap mengilap. Burung jantan dewasa berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 230 cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang berwarna hijau metalik. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak biru membentuk kipas. Populasi Merak Biru tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan. Sebelumnya spesies ini ditemukan juga di Bangladesh, namun sekarang kemungkinan besar telah punah di sana.

Burung Hantu[sunting | sunting sumber]

Strix-varia-005.jpg

2007/11

Strix-varia-005.jpg

Burung Hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antarktika, sebagian besar Tanah Hijau, dan beberapa pulau-pulau terpencil. Di dunia barat, hewan ini dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi di Indonesia dianggap pembawa pratanda maut.

Ulat[sunting | sunting sumber]

Chenille chevrefeuille.jpg

2007/15

Chenille chevrefeuille.jpg

Ulat adalah bentuk larva dari spesies dalam ordo lepidoptera yang terdiri dari kupu-kupu dan ngengat. Kebanyakan adalah pemakan tumbuhan walaupun beberapa spesies merupakan pemakan serangga. Kebanyakan ulat dianggap sebagai hama dalam pertanian. Banyak spesies ngengat dikenal karena tahap ulatnya menyebabkan kerusakan pada buah dan produk pertanian lainnya.

Perburuan paus[sunting | sunting sumber]

Whaling in the Faroe Islands.jpg

2007/16

Whaling in the Faroe Islands.jpg

Perburuan paus adalah kegiatan perburuan ikan paus yang sejarahnya sudah ada sejak tahun 6.000 SM. Perburuan paus telah berakibat kepada sedikitnya 5 dari 13 spesies paus raksasa berada dalam daftar spesies yang terancam. Kegiatan perburuan ikan paus secara internasional diatur oleh Komisi Perburuan Paus Internasional (International Whaling Commission). IWC dibentuk untuk mengatur agar tidak ada perburuan paus secara berlebihan.

Kepik[sunting | sunting sumber]

Ladybird.jpg

2007/24

Ladybird.jpg

Coccinelida adalah sebuah keluarga kumbang, yang secara umum dikenal dengan "kepik", "kumbang tutul" atau ladybirds. Coccinelida ditemukan di seluruh belahan dunia dengan lebih dari 5.000 spesies yang telah ditemukan. 450 di antaranya adalah spesies asli Amerika Utara. Coccinelida adalah kumbang kecil berukuran dari 1 hingga 10 mm, berbentuk belahan bola, berwarna merah atau coklat, bergaris, berbintik-bintik hitam. Jentik dan kumbang yang dewasa makan kutu daun, uir-uir dan tungau.

Bebek Mandarin[sunting | sunting sumber]

Mandarin.duck.arp.jpg

2007/25

Mandarin.duck.arp.jpg

Bebek Mandarin adalah bebek berukuran sedang yang memiliki kekerabatan dengan Bebek Kayu Amerika Utara. Bebek ini memiliki ukurang panjang 41-49 cm dan bentang sayap 65-75 cm. Sang jantan memiliki paruh berwarna merah dan pola bulan berwarna putih di atas mata. Datanya berwarna ungu dengan dua buah garis berwarna putih. Betina memiliki ciri yang mirip dengan betina bebek Kayu dengan cincin mata berwarna putih. Bebek Mandarin dalam bahasa Mandarin "Yuan-yang" (鸳鸯), sering diceritakan dalam berbagai seni Oriental dan merupakan simbol kesetiaan dalam hubungan pernikahan.

Lepu[sunting | sunting sumber]

Pterois volitans Manado-e.jpg

2007/27

Pterois volitans Manado-e.jpg

Lepu adalah sekelompok spesies ikan laut yang beracun yang tergabung dalam genus Pterois, Parapterois, Brachypterois, Ebosia atau Dendrochirus dari keluarga Scorpaenidae. Lepu merupakan spesies predator dan dikenal karena durinya yang panjang dan memiliki warna merah, coklat, oranye, kuning, hitam atau putih berselang-seling.

Capung[sunting | sunting sumber]

Aeshna cyanea female 1.jpg

2007/31

Aeshna cyanea female 1.jpg

Capung adalah serangga dari ordo Odonata, dan subordo Epiprocta. Capung memiliki karakteristik mata multifaset besar dan sepasang sayap besar transparan. Capung umumnya memakan serangga kecil seperti nyamuk, lalat, lebah dan kupu-kupu. Capung dapat ditemukan di sekitar danau, kolam atau tanah yang lembab karena larvanya berada di genangan air.

Lebah[sunting | sunting sumber]

Bees Collecting Pollen 2004-08-14.jpg

2007/48

Bees Collecting Pollen 2004-08-14.jpg

Lebah adalah sekelompok besar serangga yang dikenal karena suka hidup berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku/familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika. Sebagai serangga, ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu, dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari malam yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari. Perilaku lebah sangat ditentukan oleh perilaku lebah betina. Beberapa lebah betina dari spesies tertentu hidup sendiri (soliter) dan sebagian lainnya dikenal memiliki perilaku sosial.

Wombat[sunting | sunting sumber]

Wombat0698.jpg

2008/5

Wombat0698.jpg

Wombat adalah marsupial Australia yang berkaki pendek, berkaki empat dan memiliki panjang kira-kira 1 meter dengan ekor yang sangat pendek. Nama wombat berasal dari Eora, komunitas Aborigin yang merupakan penduduk asli daerah Sydney. Wombat menggali liang dengan gigi depan seperti hewan pengerat dan cakar yang kuat. Walaupun wombat berburu di siang hari dan malam hari, wombat juga akan pergi untuk makan di hari yang dingin. Wombat adalah hewan herbivora, makanan mereka kebanyakan rumput, tumbuh-tumbuhan dan akar.

Angsa Putih[sunting | sunting sumber]

Cygnus olor flirt edit.jpg

2008/8

Cygnus olor flirt edit.jpg

Angsa Putih (Cygnus olor adalah bagian Eurasia dari keluarga bebek, angsa dan itik Anatidae. Baik cygnus dan olor berarti "angsa", dalam bahasa Yunani Kuno dan bahasa Latin). Angsa Putih adalah salah satu spesies yang dilindungi oleh Agreement on the Conservation of African-Eurasian Migratory Waterbirds (AEWA) dan Konvensi Ramsar tahun 1972. Akan tetapi angka populasinya berfluktuasi dikarenakan polusi, pencemaran timbal, pembangunan menara, kabel-kabel, dan hilangnya habitat karena pembangunan.

Harimau Siberia[sunting | sunting sumber]

Amur Tiger Panthera tigris altaica Eye 2112px.jpg

2008/9

Amur Tiger Panthera tigris altaica Eye 2112px.jpg

Harimau Siberia (Panthera tigris altaica) adalah subspesies langka harimau (P. tigris). Jenis harimau ini juga dikenal dengan nama Harimau Amur, Harimau Korea, Harimau Manchuria, atau Harimau Cina Utara. Habitatnya berada di wilayah Amur di Timur Jauh dan berstatus dilindungi. Harimau Siberia dianggap sebagai subspesies terbesar dari enam subspesies harimau. Harimau Siberia adalah hewan yang terancam punah.

Agama (kadal)[sunting | sunting sumber]

Red-headed Rock Agama.jpg

2008/10

Red-headed Rock Agama.jpg

Agama adalah sebuah genus kadal pemakan serangga. Genus agama terdiri dari sedikitnya 31 spesies yang tersebar di seluruh Afrika. Salah satu spesiesnya adalah agama batu kepala merah (Agama agama), yang habitatnya tersebar di seluruh wilayah sub-Sahara. Warnanya coklat tua di waktu malam, tetapi setelah subuh, warna dari jantan akan berubah, badannya akan menjadi biru muda, kepala dan ekor oranye muda. Warna ini dapat berubah tergantung mood dari si jantan. Contohnya jika agama jantan berkelahi, kepalanya akan berubah coklat dan bintik putih muncul di badan.

Kuda[sunting | sunting sumber]

Biandintz eta zaldiak - modified2.jpg

2008/21

Biandintz eta zaldiak - modified2.jpg

Kuda (bahasa Latin: Equus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan ternak yang penting secara ekonomis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun. Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.

Nasar Raja[sunting | sunting sumber]

Sarcorhanphus papa.jpg

2008/33

Sarcorhanphus papa.jpg

Nasar Raja adalah spesies burung nasar yang hidup di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Spesies ini hidup di hutan tropis dataran rendah di Meksiko selatan sampai Argentina utara. Burung ini berukuran besar dan sebagian besar tubuhnya berwarna putih, dengan bulu-bulu punggung, sayap dan ekor berwarna abu-abu atau hitam. Kepala dan lehernya botak, dengan warna kulit berubah-ubah, termasuk kuning, jingga, biru, ungu, dan merah. Burung ini memiliki gelambir kuning yang sangat kelihatan menyolok pada paruhnya. Spesies burung ini merupakan burung pemakan bangkai dan sering menjadi burung pertama yang mendatangi bangkai segar. Burung ini dapat bertahan hidup sampai dengan 30 tahun dalam penangkaran. Selain itu, burung ini juga merupakan figur populer dalam naskah kuno peradaban Maya, dan juga dalam cerita rakyat dan pengobatan penduduk setempat. Meskipun mereka didaftarkan sebagai spesies beresiko rendah oleh IUCN, jumlah mereka terus berkurang, terutama akibat kehilangan habitat.

Kamuflase[sunting | sunting sumber]

LeafInsect.jpg

2008/33

LeafInsect.jpg

Kamuflase adalah suatu metode penyamaran atau tipuan yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Contoh yang paling terkenal adalah hewan bunglon yang mampu merubah warna kulitnya sesuai dengan warna sekitarnya. Metode ini disebut dengan mimikri. Hewan-hewan lainnya biasanya tidak melakukan kamuflase secara aktif seperti bunglon, melainkan secara pasif, yaitu sejak lahirnya tubuh mereka telah secara alami terkamuflase dengan habitat mereka. Contoh serangga yang demikian adalah belalang, kupu-kupu, dan serangga daun (tampak gambar Phyllium bioculatum, Serangga daun Jawa).

Dalam militer, teknik kamuflase memiliki konsep yang sama, yaitu untuk menyamarkan seseorang, seperti seragam tempur tentara modern yang bermotif loreng untuk peperangan di hutan atau bewarnya coklat tanah untuk peperangan di padang pasir.

2009[sunting | sunting sumber]

2010[sunting | sunting sumber]