Wikipedia:Komunitas Wikipedia bahasa Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:Facebook)
Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk saluran komunikasi komunitas di luar Wikipedia (Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, milis, IRC)
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Selain di Wikipedia bahasa Indonesia (WBI) sendiri, komunitas Wikipediawan (penyunting) WBI juga memiliki beberapa cara lain untuk berhubungan secara daring (maya). Beberapa di antaranya adalah melalui media sosial, grup obrolan daring, dan surel.

Di situs Wikipedia bahasa Indonesia

Ngopi dulu...
Ngopi dulu...

Anda dapat bergabung dengan komunitas WBI di Warung Kopi, yang memiliki 5 ruang obrolan, yaitu Warung Kopi (Kebijakan) untuk hal-hal seputar kebijakan WBI, Warung Kopi (Usulan) untuk mengajukan usulan demi memajukan WBI, Warung Kopi (Bahasa) yang membahas seputar kebahasaan Indonesia, Warung Kopi (Teknis) untuk hal-hal teknis lainnya, dan Warung Kopi (Lain-lain) untuk hal-hal non-teknis lainnya.

Selain itu Anda dapat mengunjungi Portal:Komunitas dan Wikipedia:Pengumuman untuk mengetahui perkembangan terbaru WBI.

Media sosial

Setiap akun media sosial atas nama Wikipedia bahasa Indonesia mengikuti ketentuan kebijakan media sosial. Khusus untuk halaman penggemar di Facebook, diatur oleh kebijakan terpisah.

Telegram

Kanal @idwiki (Wikipedia bahasa Indonesia) dimulai pada 3 Februari 2016, saat ini telah memiliki lebih dari 23.000 pirsawan.

Terdapat dua grup Telegram umum:

  • Warung Kopi Wikipedia bahasa Indonesia: dimulai pada Maret 2010, beranggotakan pengguna-pengguna Wikipedia aktif. Anggota sekitar 500-600 selama tahun 2020
  • @idwiki_grup (Grup Wikipedia Bahasa Indonesia): dimulai pada 5 Oktober 2020, setelah Telegram mengaktifkan fitur komentar di kanal. Grup publik untuk menampung komentar kanal, diskusi umum (topik Wikipedia maupun OOT), beranggotakan pembaca Wikipedia maupun pengguna aktif. Anggota terus bertambah, dan mencapai 1000 anggota pada tanggal 6 Desember 2020.

❗️Penting, waspadai penipuan

  • Jika ada yang mengaku sebagai Wikipedia, Wikimedia, atau akun-akun serupa dan menghubungi Anda secara tiba-tiba, tidak usah digubris, tidak usah dibalas, langsung diblokir. Kanal @idwiki dan grup @idwiki_grup tidak akan pernah menghubungi Anda lewat jalur pribadi mengatasnamakan Wikipedia, Wikimedia, atau akun-akun proyek wiki lainnya.

Facebook

Halaman penggemar Wikipedia bahasa Indonesia di Facebook beralamat di facebook.com/idwiki (Wikipedia bahasa Indonesia). Halaman tersebut dimulai pada 10 November 2009. Di sini, para admin berbagi pengetahuan dari Wikipedia bahasa Indonesia. Setiap harinya, dibagikan (di-share) postingan tentang "Tahukah Anda" dan/atau "Hari ini dalam sejarah". Kadang-kadang dibagikan informasi tentang penggalangan dana, pencapaian Wikipedia, artikel pilihan, gambar pilihan, ataupun peristiwa terkini. Hampir seluruh pengurus WBI yang aktif di Facebook merupakan pengurus halaman ini.

Terdapat dua grup Facebook yang beranggotakan para Wikipediawan:

Untuk daftar halaman penggemar yang berkaitan dengan Wikipedia dalam berbagai bahasa yang ada di Indonesia, silakan lihat daftar Media Sosial Komunitas di id.wikimedia.org.

Twitter/X

Akun Twitter/X WBI adalah @idwiki (Wikipedia bahasa Indonesia). Akun ini dimulai pada Maret 2010, dan saat ini memiliki lebih dari 195.000 pengikut.

Instagram

Akun Instagram WBI adalah @idwikipedia, dengan lebih dari 8.000 pengikut.

Discord

Anda dapat bergabung ke Peladen Discord WBI yang beralamat di discord.gg/z6bgha2jAA.

Tidak aktif lagi

Milis

Saat ini milis Wikipedia bahasa Indonesia sudah tidak aktif lagi, silakan gunakan jalur komunitas / media sosial yang lainnya

Wikipedia juga mempunyai beberapa milis lain yang terbuka kepada siapa pun yang melanggannya. Detail lengkap tersedia di meta:Mailing list. Pesan dari non-pelanggan dapat tertunda atau dibuang tanpa sengaja karena mereka harus disetujui oleh administrator milis untuk mencegah masuknya surat sampah/iseng (spam/junk mail)

Harap perhatikan etiket dan hindari serangan terhadap pribadi, terutama di judulnya karena ia mungkin akan membuat orang lain mengikuti langkah Anda.

Milis kami tersedia dalam berbagai format: melalui archive web, email atau melalui NNTP menggunakan gateway mail-to-news Gmane. Pesan milis diindeks oleh mesin-mesin pencari seperti Google.

  • Foundation-l untuk pengumuman, hal-hal proyek lain dan hal-hal mengenai Yayasan Wikimedia.
  • Wikipedia-l untuk masalah-masalah mengenai lebih dari satu Wikipedia tetapi bukan mengenai proyek kami yang lainnya.
  • MediaWiki-l untuk orang-orang dengan pertanyaan mengenai pemasangan MediaWiki mereka sendiri (dengan kata lain bukan proyek-proyek Wikipedia).
  • Wikitech-l untuk masalah pengembangan, diskusi teknik, pembelian hardware WikiMedia apapun.
  • Textbook-l untuk masalah-masalah mengenai Wikibook bahasa apapun dan bukan proyek lainnya.
  • Wiktionary-l untuk masalah apapun mengenai Wiktionary dan bukan proyek lainnya.

Lihat meta:Mailing list untuk informasi lebih lanjut.

IRC

Saat ini IRC Wikipedia bahasa Indonesia sudah tidak aktif lagi, silakan gunakan jalur komunitas / media sosial yang lainnya

Ada banyak aplikasi gratis yang disediakan oleh pengembang perangkat lunak untuk bisa mengakses server IRC yang disediakan Wikimedia, di antaranya:

  • mIRC, untuk Windows
  • Colloquy, untuk Mac OS X
  • irssi, untuk Linux

Aplikasi ini biasanya bisa berjalan di banyak platform sekaligus:

  • X-Chat
  • Mibbit (aplikasi IRC bawaan Firefox)
  • Jabber (di bawah Java)

Selain itu bagi Anda yang berada di balik firewall atau tidak ingin menginstal salah satu aplikasi di atas juga dapat masuk melalui situs http://webchat.freenode.net

Untuk pengguna yang menggunakan IRC client MIRC, maka langkah-langkah untuk memasuki channel Wikipedia Indonesia menggunakan IRC client adalah sebagai berikut:

  1. Pada layar status, ketik perintah berikut untuk melakukan koneksi ke server: /server irc.freenode.org
  2. Setelah terhubung, ketik perintah berikut untuk masuk ke channel #id.wikipedia: /join #id.wikipedia

Untuk melakukan koneksi:

  • Buka mIRC
  • ketik /server irc.wikimedia.org (kemudian tunggu sampai proses koneksi selesai)
  • ketik /j #en.wikipedia (masuk ke channel perubahan terbaru untuk en.wikipedia, dst, dst)

Lihat meta:IRC dan meta:IRC/Channels untuk informasi lebih lanjut.

Chatroom di irc.wikimedia.org
  • Setiap chatroom yang tersedia di server irc.wikimedia.org adalah perwakilan dari masing-masing proyek wiki yang ada di wikipedia.
  • Penamaan chatroom sesuai dengan nama proyek, misalnya #commons.wikimedia untuk proyek Wikimedia Commons, atau #id.wikipedia untuk proyek Wikipedia Bahasa Indonesia. Jangan berharap menemukan chatroom di luar tata penamaan ini.
  • Chatroom hanya untuk menampilkan perubahan terbaru dari masing-masing proyek.
  • Pengguna biasa tidak dapat menulis apapun di chatroom, namun tidak ada batasan untuk membuka diskusi pribadi dengan pengguna lain di luar chatroom.

Temu darat / kopi darat

Komunitas Wikipedia bahasa Indonesia secara rutin menyelenggarakan temu darat pada skala lokal, nasional, maupun internasional!

Komunitas-komunitas lokal Wikipedia didukung oleh Wikimedia Indonesia (WMID), dan Anda dapat melihat daftarnya di situs Wikimedia Indonesia. Apabila Anda tidak menemukan komunitas di lokasi Anda, Anda dapat membentuk komunitas sendiri dan meminta dukungan dari WMID. Selain itu berbagai kegiatan pelatihan daring maupun luring, seperti WikiLatih, dan berbagai lokakarya yang diselenggarakan WMID, memberikan kesempatan bagi Anda untuk bertemu dengan anggota komunitas yang memiliki minat yang sama (termasuk dalam bahasa daerah Anda), entah itu Wikipedia, Wikisource, Wiktionary, Wikidata, dll.

Apabila Anda menyelenggarakan pertemuan komunitas, jangan lupa mendokumentasikannya, baik di Wikipedia:Kopi darat, wmid:Kategori:Dokumentasi komunitas maupun di halaman lainnya!

Komunitas nasional bertemu setahun sekali (kecuali pandemi), dalam pertemuan m:WikiNusantara yang sudah berlangsung dua kali (2019 dan 2022), serta pada acara-acara lainnya, misalnya konferensi-konferensi yang diadakan WMID.

Komunitas regional dan internasional bertemu dalam berbagai acara, yang utama adalah Wikimania tahunan, dan di level regional ada Konferensi ESEAP. Selain itu ada pula konferensi-konferensi internasional yang diadakan oleh WMF dan afiliasi lainnya.

Komunitas bahasa lainnya

Ada banyak komunitas dalam bahasa daerah selain bahasa Indonesia. Untuk daftarnya, silakan lihat di:

Lihat pula