Wikipedia:Tanya jawab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Informasi dasar Wikipedia
Selamat datang
Siapa penulis Wikipedia
Berkontribusi
Menyunting sebuah halaman
Artikel pertama Anda
Aturan yang disederhanakan
Pancapilar!
Hubungi kami
Tutorial
Markah wiki
Pengantar
Tanya jawab
Bantuan:Isi

Halaman ini berisi daftar pertanyaan mengenai Wikipedia yang sering diajukan oleh pengguna baru. Periksalah apakah pertanyaan yang akan Anda ajukan telah terjawab di halaman ini atau belum, jika belum maka Anda dapat mengajukannya di salah satu halaman di bawah ini.

Mencari informasi, mengajukan pertanyaan, atau memberikan komentar

  • Cari! – sebagian besar pertanyaan paling cepat dan mudah dijawab dengan menggunakan kotak pencarian.
    Contoh: Untuk mencari ibu kota Afrika Selatan, masukkan afrika selatan di kotak pencarian dan klik Cari.
  • Bicarakan – Tiap artikel memiliki suatu halaman pembicaraan klik pembicaraan pada bagian atas halaman untuk pertanyaan, melaporkan vandalisme, atau diskusi mengenai artikel tersebut.
  • Warung kopi adalah forum diskusi untuk banyak masalah kebijakan, teknis, bahasa, usulan, dan lain-lain.

Catatan penting

  • Ingat, Wikipedia dijalankan oleh relawan, dan setiap penyunting di Wikipedia Bahasa Indonesia adalah sukarelawan; mereka tidak wajib untuk menjawab pertanyaan Anda. Jika ingin pertanyaan Anda segera dijawab, usahakan menanyakan dengan baik-baik dan sopan.
  • Tidak ada "layanan dokumentasi" atau staf yang dibayar untuk menjawab pertanyaan mengenai isi artikel (sumber, akurasi, dll).
  • Harap masukkan semua pertanyaan ke halaman yang sesuai seperti di atas.
  • Jangan mengajukan pertanyaan ke Wikipedia mengenai cara menemukan dokumentasi tambahan, alamat kontak pesohor (selebriti) atau perusahaan, atau permintaan serupa lainnya.

FAQ

Mengapa artikel "X" tidak ada?

Suatu artikel "X" tidak ada di Wikipedia berarti belum ada yang membuatnya. Pengguna-pengguna di Wikipedia bebas memilih artikel mana saja yang akan ditulisnya. Jika Anda ingin merintisnya, Anda dipersilakan untuk membuat artikelnya. Anda memerlukan akun untuk membuat halaman baru di Wikipedia.
Jangan tunggu orang lain memulai artikel yang belum ada. Sekecil apa pun tulisan yang Anda sumbangkan akan sangat bermanfaat untuk pengembangan artikel tersebut di masa depan.

Mengapa artikel ini tidak lengkap?

"Mengapa artikel ini tidak lengkap?"
"Mengapa artikel di Wikipedia bahasa Inggris lebih lengkap?"
"Mengapa xyz tidak dituliskan di artikel abc?"
"Mengapa pengurus tidak menuliskan xyz di abc?"
Untuk memahami pertanyaan-pertanyaan ini, Anda harus memahami cara kerja Wikipedia. Seperti halnya jawaban dari pertanyaan "Mengapa artikel 'X' tidak ada?" di atas, Wikipedia ditulis oleh pengguna-penggunanya. Penulis-penulisnya, termasuk pengurus, bebas menulis artikel apa saja di Wikipedia, tetapi para penulisnya tidak dibebani harus menulis dengan selengkap-lengkapnya.
Jika Anda mendapati suatu artikel tidak lengkap dan Anda ingin menambahkan informasi, Anda dipersilakan untuk langsung menyunting artikel tersebut.

Siapa yang menulis artikel di Wikipedia?

Semua artikel ditulis oleh pengguna-pengguna Wikipedia secara sukarela. Mereka bebas memilih dan menulis topik yang mereka sukai. Tidak ada yang memperkerjakan pengguna atau penulis di Wikipedia sehingga tidak ada pengguna atau penulis di Wikipedia yang mendapatkan bayaran atau balasan tertentu.

Mengapa artikel buatan saya dihapus?

Tidak semua informasi layak untuk dimasukkan ke Wikipedia. Namun itu bukan satu-satunya alasan penghapusan artikel. Bisa jadi artikel yang dibuat tidak layak dari segi penulisan, mengandung penyesatan, ataupun fitnah. Bacalah petunjuk dan bantuan penulisan agar tulisan Anda bisa menjadi layak. Anda dapat merujuk ke kriteria penghapusan cepat untuk memahami alasannya mengapa artikel Anda dihapus.
Anda juga bisa bertanya di warung kopi untuk mendapatkan keterangan mengenai penghapusan.

Saya belum tahu cara menulis dengan baik, bolehkah saya menyumbang?

Jangan takut, setiap tulisan di Wikipedia diawasi oleh komunitas dan para pengguna yang sudah ahli dalam mengatur tampilan artikel maupun memperbaiki tulisan Anda. Asalkan kontribusi Anda berharga, mereka akan dengan senang hati membantu Anda.
Bagian yang terpenting adalah informasi dan data yang Anda sumbangkan, bukan bagaimana penampilannya.

Saya masih bingung, siapa yang bisa dihubungi?

Tentu saja yang utama adalah para pengurus. Namun anda juga bisa menghubungi pengguna lain yang aktif. Pengurus dan pengguna aktif biasanya akan dengan senang hati membantu Anda.
Untuk mendapat bantuan secara langsung, silakan gunakan fasilitas Milis atau melalui Facebook.

Mengapa saya tidak bisa membuat artikel?

Berdasarkan kebijakan WP:NOANON, maka anonim (orang yang tidak mendaftar) tidak dapat membuat artikel di Wikipedia bahasa Indonesia (WBI). WBI merupakan salah satu dari sedikit Wikipedia di dunia yang menerapkan hal ini (yang lain adalah Wikipedia bahasa Inggris).

Jika Anda tetap ingin membuat artikel, namun tidak ingin mendaftar/membuat akun, Anda dapat melakukannya dengan dua cara:

  1. Membuat artikel tersebut di ruang nama pembicaraan artikel, kemudian meminta salah satu pengurus untuk memindahkannya ke ruang nama artikel.
  2. Meminta salah satu pengurus untuk membuatnya untuk Anda (Anda harus sudah menyiapkan artikelnya terlebih dahulu).

Pengurus yang dapat Anda hubungi:

Mengapa saya diblokir?

Lihat Wikipedia:Mencabut pemblokiran#Mengapa saya diblokir

Pertanyaan lain menurut topik

Tanya jawab Umum seputar proyek Wikipedia

Mencari, membaca, menggunakan, dan mengutip Wikipedia dan pertanyaan-pertanyaan seputar isu hak cipta

Bagaimana dan kenapa berkontribusi di Wikipedia

Memulai

Terminologi

Umum

Pranala: luar dan antarbahasa

Hak cipta

Lain-lain

Bagaimana membuat artikel baru dan menyunting artikel di Wikipedia

Seputar kebijakan/pedoman dan kepengurusan di Wikipedia

Masalah teknis perangkat lunak yang digunakan Wikipedia

Hal-hal lainnya

Pranala luar