Wikipedia:Artikel pilihan/Daftar artikel pilihan 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014
Menurut topik
Usulan

Untuk yang terbaru, lihat Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal.

AP 0 (1 Januari 2013—9 Januari 2013)
Burung Elang

Penglihatan burung adalah indra yang paling penting untuk burung, karena penglihatan yang baik bersifat sangat menentukan bagi penerbangan yang aman, dan kelompok burung memiliki sejumlah adaptasi yang memberikan keunggulan visual dari kelompok vertebrata lainnya; merpati dideskripsikan sebagai "dua mata dengan sayap". Mata burung mirip dengan mata reptil, memiliki otot siliaris yang dapat mengubah bentuk lensa mata secara lebih cepat dan lebih luas daripada mata mamalia. Burung memiliki mata yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan hewan lain dalam kingdom animalia dengan ukuran tubuh yang sama besar, dan sebagai akibat dari matanya yang besar tersebut, gerakannya terbatasi oleh tulang rongga mata. Di samping mempunyai dua kelopak mata sebagaimana biasa ditemukan pada vertebrata, mata burung juga dilindungi oleh membran ketiga yang transparan dan dapat digerak-gerakkan. Anatomi internal mata burung sama dengan vertebrata lain, namun memiliki struktur tambahan yang hanya ada pada burung, yakni pekten okuli. (selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Elizabeth IITitanic (film 1997)Pertempuran Marathon

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 1 (10 Januari 2013—19 Januari 2013)
Karim Benzema bersama Real Madrid

Karim Mostafa Benzema (pengucapan bahasa Perancis: [ka.ʁim bɛn.ze.ma], bahasa Arab: كريم بنزمّة) adalah seorang pemain sepak bola profesional Perancis keturunan Aljazair yang saat ini bermain untuk tim La Liga Spanyol, Real Madrid. Dia bermain sebagai penyerang yang dapat difungsikan juga sebagai pemain sayap dan terkenal karena kemampuan teknik, gaya permainan, dan kemampuannya dalam mencetak gol. Ia telah bermain untuk negaranya sejak level U-17 ke atas. Sebelum bermain untuk tim senior, ia bermain untuk tim U-17 yang menjadi juara Eropa pada 2004, bersama Samir Nasri dan Hatem Ben Arfa. Benzema tampil buat pertama kali untuk tim senior pada Maret 2007 dengan sebuah gol semata wayang pada laga persahabatan melawan Austria. Benzema telah mewakili negaranya pada dua turnamen utama Eropa, Piala Eropa 2008 dan Piala Eropa 2012. (selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Penglihatan burungElizabeth IITitanic (film 1997)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 2 (20 Januari 2013—29 Januari 2013)
Kematian Spartacus

Perang Budak Ketiga, disebut juga Perang Gladiator dan Perang Spartacus oleh Plutarkhos, merupakan pemberontakan budak melawan Republik Romawi yang terjadi pada tahun 73-71 SM. Perang ini merupakan pemberontakan budak terakhir di Romawi, setelah sebelumnya terjadi beberapa kali pemberontakan budak, secara keseluruhan dikenal sebagai Perang Budak Romawi, yang tak berkaitan. Perang Budak Ketiga, seperti semua pemberontakan budak yang terjadi sebelumnya, berakhir dengan kegagalan. Perang Budak Ketiga merupakan satu-satunya pemberontakan budak yang secara langsung mengancam wilayah inti Romawi di Italia dan sangat membuat rakyat Romawi ketakutan akibat gerombolan budak pemberontak, yang dengan cepat bertambah banyak, berulang kali memperoleh kemenangan atas pasukan Romawi antara tahun 73 dan 71 SM. Pemberontakan pada akhirnya berhasil dihentikan melalui upaya militer terkonsentrasi di bawah satu komandan, yaitu Marcus Licinius Crassus, meskipun pemberontakan ini tetap memberikan pengaruh tak langsung terhadap politik Romawi bertahun-tahun setelahnya. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Karim BenzemaPenglihatan burungElizabeth II

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 3 (30 Januari 2013—8 Februari 2013)
Jalak Suren

Jalak suren (Sturnus contra) atau jalak uren adalah spesies jalak yang ditemukan di Anakbenua India dan Asia Tenggara. Burung-burung ini biasa ditemukan dalam kelompok kecil di kaki lembah dan di dataran rendah. Jalak suren acap dijumpai di kota atau perdesaan, meskipun mereka tak seberani burung kerak ungu. Jalak suren memiliki beberapa variasi bulu dalam populasinya, dan sampai saat ini sudah teridentifikasi lima subspesiesnya. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Perang Budak KetigaKarim BenzemaPenglihatan burung

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 4 (9 Februari 2013—18 Februari 2013)
Peta Konstaninopel

Pengepungan Kedua Konstantinopel oleh Arab pada tahun 717718 adalah upaya gabungan darat dan laut oleh pasukan Arab dari Kekhalifahan Umayyah terhadap ibu kota Kekaisaran Bizantium, Konstantinopel. Upaya ini menandai puncak dari dua puluh tahun serangan, gangguan, dan pendudukan Arab yang bertahap terhadap perbatasan Bizantium, sementara kekuatan Bizantium sedang melemah akibat kekacauan dalam negeri yang berkepanjangan. Pada tahun 716, pasukan Arab, dipimpin oleh Maslamah bin Abdul Malik, menginvasi Asia Kecil, lalu menyeberang ke Trakia pada awal musim panas 717 dan memblokade Konstantinopel. Namun armada kapal Arab dihalau oleh angkatan laut Bizantium. Pada musim semi 718, militer Bizantium berhasil menghancurkan bala bantuan Arab yang terdiri atas dua armada dan menyergap serta mengalahkan satu pasukan darat tambahan. Dengan tambahan serangan oleh pasukan Bulgar dari arah belakang, pasukan Arab akhirnya terpaksa menghentikan pengepungan pada 15 Agustus 718. Kegagalan pengepungan ini mengakibatkan dampak yang luas. Selamatnya Konstantinopel menjamin kerberlangsungan Bizantium. Para sejarawan menyebut pengepungan ini sebagai peristiwa yang menghentikan gerak maju Islam ke Eropa, dan menganggapnya sebagai salah satu pertempuran paling menentukan dalam sejarah. (selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Jalak surenPerang Budak KetigaKarim Benzema

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 5 (19 Februari 2013—28 Februari 2013)
Rainilaiarivony

Rainilaiarivony adalah Perdana Menteri Madagaskar dari tahun 1864 hingga tahun 1895, untuk mengantikan saudaranya Rainivoninahitriniony, yang menduduki posisi itu selama tiga belas tahun. Karirnya mencerminkan bahwa ayahnya Rainiharo, seorang anggota militer terkenal yang menjadi Perdana Menteri pada masa pemerintahan Ratu Ranavalona I. Meskipun masa kecil yang ditandai dengan pengucilan dari keluarganya, sebagai pria muda Rainilaiarivony, diangkat ke posisi dengan kekuasaan yang cukup tinggi dan kepercayaan dari istana untuk melayani istana bersama ayah dan kakaknya. Dia ikut memimpin ekspedisi militer yang penting dengan Rainivoninahitriniony pada usia 24 tahun dan dipromosikan menjadi Panglima Tertinggi tentara setelah kematian sang ratu pada tahun 1861. Di posisi itu ia mengawasi usaha untuk tetap mempertahankan otoritas keluarga kerajaan di daerah terpencil Madagaskar dan bertindak sebagai penasehat untuk saudaranya, yang telah dipromosikan menjadi Perdana Menteri pada tahun 1852. Dia juga mempengaruhi perubahan bentuk pemerintahan kerajaan dari monarki absolut menjadi monarki konstitusional, di mana kekuasaan dibagi antara pendaulat dan Perdana Menteri. Rainilaiarivony dan Ratu Rasoherina bekerja sama untuk menggulingkan Rainivoninahitriniony atas penyalahgunaan jabatannya pada tahun 1864. Mengambil tempat saudaranya sebagai Perdana Menteri, Rainilaiarivony tetap berkuasa selama 31 tahun ke depan dengan menikahi tiga ratu secara berturut-turut: Rasoherina, Ranavalona II dan Ranavalona III. (selengkapnya)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 6 (1 Maret 2013—10 Maret 2013)
Andjar Asmara

Abisin Abbas yang lebih dikenal dengan nama samaran Andjar Asmara, merupakan seorang penulis drama dan sutradara film yang terlibat dalam perfilman di Hindia-Belanda. Lahir di Alahan Panjang, Sumatera Barat, ia mendapatkan pekerjaan di Batavia (kini Jakarta). Ia kemudian berpindah ke Padang dan menjadi penulis drama untuk Padangsche Opera; di sana ia mengembangkan sebuah gaya drama yang mengutamakan dialog. Sekembalinya ke Batavia pada tahun 1929, Andjar menghabiskan waktu tiga tahun sebagai kritikus film dan teater. Pada tahun 1930, ia bergabung dengan kelompok drama Dardanella sebagai penulis, sampai akhirnya mereka pergi ke India untuk memfilmkan karya drama Andjar bernama Dr Samsi. (selengkapnya)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 7 (11 Maret 2013—20 Maret 2013)
Mobil Jimmie Johnson dan Jeff Gordon

Hendrick Motorsports (HMS) atau yang dulu dikenal dengan nama All Star Racing merupakan sebuah tim balap mobil asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Rick Hendrick. Tim saat ini berkompetisi di ajang NASCAR Seri Piala Sprint dengan menggunakan mobil Chevrolet SS. Tim ini merupakan salah satu tim papan atas di ajang Seri Piala Sprint dengan meraih kemenangan 10 kali juara juara pembalap. Tim ini juga memenangi sekali juara pembalap di Seri Nationwide dan tiga kali gelar juara pembalap di ajang Seri Truk Camping World. Secara total tim ini telah menjuarai lebih dari 200 balapan di ajang NASCAR Seri Piala. Menjadikannya tim kedua tersukses setelah Petty Enterprises yang sudah memenangi 268 balapan. (selengkapnya)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 8 (21 Maret 2013—30 Maret 2013)
Logo "Star Trek".

Star Trek: First Contact adalah film fiksi ilmiah produksi tahun 1996 yang merupakan film Star Trek ke-8. Film ini disutradarai oleh Jonathan Frakes dan dibintangi oleh seluruh pemeran serial televisi Star Trek: The Next Generation, dengan tambahan James Cromwell, Alfre Woodard, dan Alice Krige. Film ini pertama kali dirilis pada tanggal 18 November 1996. Film ini menceritakan tentang spesies Borg yang kembali berusaha mengambil alih planet Bumi dari manusia serta mengasimilasi seluruh peradabannya. Saat rencana mereka hampir gagal, mereka melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk mencegah first contact umat manusia dengan peradaban alien; mencegah terbentuknya United Federation of Planets. Awak USS Enterprise-E, dipimpin Kapten Jean-Luc Picard, mengikuti Borg ke masa lalu untuk menyelamatkan umat manusia dan masa depan mereka. (selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Hendrick MotorsportsAndjar AsmaraRainilaiarivony

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 9 (31 Maret 2013—9 April 2013)
Boeing 747 milik Garuda Indonesia

Garuda Indonesia (PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk) adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan. Sejak Juni 2007, maskapai ini, bersama dengan maskapai Indonesia lainnya, dilarang menerbangi rute Eropa karena alasan keselamatan. Namun, larangan ini dicabut dua tahun kemudian, tahun 2009. Setahun sebelumnya, maskapai ini telah menerima sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari IATA, yang berarti bahwa Garuda telah seluruhnya memenuhi standar keselamatan penerbangan internasional. Garuda masuk dalam daftar maskapai bintang empat dari Skytrax, yang berarti memiliki kinerja dan pelayanan yang bagus. (selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Star Trek: First ContactHendrick MotorsportsAndjar Asmara

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 10 (10 April 2013—19 April 2013)
Katedral Bunda Maria Perdamaian

Alexis Bachelot, SS.CC., (lahir dengan nama Jean-Augustin Bachelot) adalah Imam Gereja Katolik yang dikenal karena jabatannya sebagai Prefek Apostolik Kepulauan Sandwich. Dalam peran tersebut, dia memimpin misi Katolik pertama secara permanen di Kerajaan Hawaii. Bachelot dibesarkan di Prancis, di mana dia bersekolah di Sekolah Tinggi Irlandia di Paris, dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1820. Dia memimpin misi Katolik pertama ke Hawaii, tiba pada tahun 1827. Meskipun ia mengharapkan persetujuan itu Raja Hawaii, Kamehameha II, ia mengetahui bahwa Kamehameha II telah meninggal pada saat ia tiba dan pemerintahan yang baru memusuhi misionaris Katolik yang telah ditempatkan disana. Bachelot, bagaimanapun, mampu mengubah keyakinan dan kemudian diam-diam melayani sekelompok kecil orang Hawaii selama empat tahun sebelum dideportasi pada tahun 1831 atas perintah Kaʻahumanu, Kuhina Nui (posisi mirip dengan ratu yang memerintah) dari Hawaii. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Garuda IndonesiaStar Trek: First ContactHendrick Motorsports

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 11 (20 April 2013—29 April 2013)
Emma Watson

Emma Charlotte Duerre Watson (lahir di Paris, Perancis, 15 April 1990; umur 24 tahun) adalah seorang aktris dan model yang berasal dari Inggris. Watson terkenal karena memerankan karakter Hermione Granger dalam film seri Harry Potter sejak berusia sembilan tahun. Sebelumnya, ia hanya pernah berakting dalam beberapa pementasan drama di sekolahnya. Dari tahun 2001 hingga 2011, Watson membintangi semua film-film Harry Potter, bersama dengan Daniel Radcliffe dan Rupert Grint. Atas perannya ini, Watson telah menerima berbagai jenis penghargaan dan meraup penghasilan lebih dari £10 juta. Watson merintis debut permodelannya bersama rumah mode Burberry pada tahun 2009. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Alexis BachelotGaruda IndonesiaStar Trek: First Contact

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 12 (30 April 2013—9 Mei 2013)
Haji Abdul Karim Malik Amrullah

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck adalah sebuah novel yang ditulis oleh Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Hamka. Novel ini mengisahkan persoalan adat yang berlaku di Minangkabau dan perbedaan latar belakang sosial yang menghalangi hubungan cinta sepasang kekasih hingga berakhir dengan kematian. Novel ini pertama kali ditulis oleh Hamka sebagai cerita bersambung dalam sebuah majalah yang dipimpinnya, Pedoman Masyarakat pada tahun 1938. Dalam novel ini, Hamka mengkritik beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat pada saat itu terutama mengenai kawin paksa. Kritikus sastra Indonesia Bakri Siregar menyebut Van der Wijck sebagai karya terbaik Hamka, meskipun pada tahun 1962 novel ini dikecam sebagai plagiasi dari karya Jean-Baptiste Alphonse Karr berjudul Sous les Tilleuls (1832). Diterbitkan sebagai novel pada tahun 1939, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck terus mengalami cetak ulang sampai saat sekarang. (selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Emma WatsonAlexis BachelotGaruda Indonesia

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 13 (10 Mei 2013—19 Mei 2013)
Bendera Kekaisaran pada abad ke-14

Kekaisaran Romawi Timur adalah istilah yang digunakan oleh sejarawan modern untuk membedakan Kekaisaran Romawi yang didominasi penutur bahasa Yunani dan berpusat di Konstantinopel pada masa Antikuitas Akhir dan Abad Pertengahan dari negaranya yang lebih awal pada masa Klasik. Negara ini disebut juga Kekaisaran Bizantium terutama dalam konteks Abad Pertengahan, sementara Romawi Timur biasanya digunakan dalam konteks terkait masa ketika Romawi masih dikelola dengan pusat politik timur dan barat yang terpisah. Penduduk dan negara-negara tetangganya menyebut kekaisaran ini sebagai Kekaisaran Romawi (bahasa Yunani: Βασιλεία Ῥωμαίων, Basileia Rhōmaiōn; bahasa Latin: Imperium Romanum) atau Romania (Ῥωμανία). Setelah Kekaisaran Romawi Barat mengalami perpecahan dan keruntuhan pada abad ke-5, bagian timurnya masih terus berkembang, bertahan hingga kira-kira seribu tahun lagi sampai akhirnya ditaklukan oleh Turki Utsmaniyah pada 1453. Selama sebagian besar masa keberadaannya, negara ini merupakan kekuatan ekonomi, budaya, dan militer yang paling berpengaruh di Eropa.(selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Tenggelamnya Kapal Van der WijckEmma WatsonAlexis Bachelot

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 14 (20 Mei 2013—29 Mei 2013)
Poster film Geng: Pengembaraan Bermula

Geng: Pengembaraan Bermula adalah film animasi 3D CGI pertama yang diproduksi di Malaysia. Film ini dibuat oleh Les' Copaque Production (LCP) dan dirilis di bioskop-bioskop seluruh Malaysia pada 12 Februari 2009. Film Geng pertama kali diluncurkan dalam sebuah acara peluncuran pada 11 September 2007 bersama dengan serial animasi pendek Upin & Ipin yang berhubungan dengan film tersebut. Pembuatan film ini didukung oleh berbagai pihak seperti Kementerian Sains, Teknologi dan Inovasi Malaysia (MOSTI) dengan memberi bantuan berupa dana sebesar RM1 juta. Selain itu, Kementerian Pariwisata Malaysia juga menyalurkan dana sebesar RM200 ribu untuk mempromosikan Malaysia. Pembuatan film ini dimulai setelah LCP didirikan pada Desember 2005 dan memakan waktu selama delapan bulan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan film animasi. (selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 15 (30 Mei 2013—8 Juni 2013)
Dari kiri atas searah jarum jam: 1Borneo, Menara Tun Mustapha, Masjid Kota dan pusat Kota Kinabalu

Kota Kinabalu (atau lebih dikenal sebagai "KK"), sebelumnya dikenal sebagai Jesselton, adalah ibukota Sabah yang terletak di Malaysia Timur. Kota ini juga merupakan pusat pemerintahan untuk Pantai Barat negeri Sabah. Kota ini terletak di pantai barat laut Kalimantan menghadap Laut Cina Selatan. Gunung Kinabalu, yang menjadi nama dari kota ini, berada di wilayah KK, sementara Taman Tunku Abdul Rahman, tempat perlindungan kehidupan liar, terletak juga di sini. Sampai tahun 2010, Kota Kinabalu memiliki sekitar 452,058 jiwa penduduk sementara daerah kabupaten Penampang yang juga meliputi wilayah kota ini memiliki sekitar 176,667 jiwa. Jika dijumlahkan, jumlah populasi metro adalah 628,725 jiwa. Kota ini juga merupakan tujuan wisata utama dan pintu masuk yang populer bagi wisatawan yang mengunjungi Sabah dan juga Kalimantan. Taman Nasional Kinabalu terletak sekitar 90 kilometer (56 mil) dari kota ini dan ada banyak tempat menarik bagi wisatawan di sekitar daerah ini. Kota Kinabalu juga merupakan salah satu pusat industri dan pusat perbelanjaan di wilayah Malaysia Timur. Kedua faktor ini membuat Kota Kinabalu menjadi salah satu kota yang paling cepat berkembang di Malaysia. (selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 16 (9 Juni 2013—18 Juni 2013)
Lukisan bison yang dibuat pada Era Paleolitik Hulu (50.000–10.000 SM) di gua Altamira, Spanyol.

Sejarah dunia adalah sejarah umat manusia di seluruh dunia, di semua tempat di Bumi, dirunut dari era Paleolitik. Berbeda dengan sejarah Bumi (yang mencakup sejarah geologis Bumi dan era sebelum keberadaan manusia), sejarah dunia terdiri dari kajian rekam arkeologis dan catatan tertulis, dari zaman kuno hingga saat ini. Pencatatan sejarah dimulai sejak sistem tulisan diciptakan, tetapi asal mula peradaban bertolak dari periode sebelum penciptaan tulisan, atau zaman prasejarah. Prasejarah dimulai dari Era Paleolitik ("Zaman Batu Awal"), diikuti dengan Era Neolitik (Zaman Batu Baru) dan Revolusi Pertanian (antara 8000–5000 SM) di kawasan Hilal Subur. Revolusi tersebut merupakan titik perubahan besar dalam sejarah umat manusia karena sejak masa itu mereka telah mampu membudidayakan tumbuhan dan hewan. Seiring dengan perkembangan pertanian, gaya hidup nomaden berubah menjadi hidup menetap sebagai petani. Kemajuan pertanian mengakibatkan pembagian strata pekerja dalam usaha panen. Strata pekerja menyebabkan munculnya strata masyarakat dan perkembangan kota-kota. Banyak kota kuno berkembang di tepi-tepi kumpulan air (danau dan sungai) yang dapat menyokong kehidupan. (selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 17 (19 Juni 2013—28 Juni 2013)
Suleiman I.

Suleiman I adalah sultan Turki Utsmaniyah ke-10 yang berkuasa dari tahun 1520 hingga 1566. Ia merupakan tokoh penting pada Eropa abad ke-16. Suleiman memimpin tentara Utsmaniyah menaklukkan Belgrade, Rhodes, dan sebagian besar Hongaria sebelum berhasil dipukul mundur dalam Pengepungan Wina tahun 1529. Ia menganeksasi sebagian besar Timur Tengah dan Afrika Utara (hingga sejauh Aljazair di barat). Di bawah kekuasaannya, armada Utsmaniyah menguasai Laut Tengah, Merah, dan Teluk Persia. Dalam upayanya untuk memperkuat Utsmaniyah, Suleiman melancarkan reformasi legislatif yang berhubungan dengan masyarakat, pendidikan, perpajakan, dan hukum kriminal. Hukum kanoniknya (atau Kanun) memperbaiki bentuk kekaisaran selama berabad-abad setelah kematiannya. Selain merupakan penyair dan tukang emas, ia juga menjadi pelindung budaya yang besar, hingga Utsmaniyah mencapai masa keemasan dalam bidang artistik, sastra, dan arsitektur. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sejarah DuniaKota KinabaluGeng: Pengembaraan Bermula

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 18 (29 Juni 2013—8 Juli 2013)
Suleiman I.

Suleiman I adalah sultan Turki Utsmaniyah ke-10 yang berkuasa dari tahun 1520 hingga 1566. Ia merupakan tokoh penting pada Eropa abad ke-16. Suleiman memimpin tentara Utsmaniyah menaklukkan Belgrade, Rhodes, dan sebagian besar Hongaria sebelum berhasil dipukul mundur dalam Pengepungan Wina tahun 1529. Ia menganeksasi sebagian besar Timur Tengah dan Afrika Utara (hingga sejauh Aljazair di barat). Di bawah kekuasaannya, armada Utsmaniyah menguasai Laut Tengah, Merah, dan Teluk Persia. Dalam upayanya untuk memperkuat Utsmaniyah, Suleiman melancarkan reformasi legislatif yang berhubungan dengan masyarakat, pendidikan, perpajakan, dan hukum kriminal. Hukum kanoniknya (atau Kanun) memperbaiki bentuk kekaisaran selama berabad-abad setelah kematiannya. Selain merupakan penyair dan tukang emas, ia juga menjadi pelindung budaya yang besar, hingga Utsmaniyah mencapai masa keemasan dalam bidang artistik, sastra, dan arsitektur. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sejarah DuniaKota KinabaluGeng: Pengembaraan Bermula

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 19 (9 Juli 2013—18 Juli 2013)
Suleiman I.

Suleiman I adalah sultan Turki Utsmaniyah ke-10 yang berkuasa dari tahun 1520 hingga 1566. Ia merupakan tokoh penting pada Eropa abad ke-16. Suleiman memimpin tentara Utsmaniyah menaklukkan Belgrade, Rhodes, dan sebagian besar Hongaria sebelum berhasil dipukul mundur dalam Pengepungan Wina tahun 1529. Ia menganeksasi sebagian besar Timur Tengah dan Afrika Utara (hingga sejauh Aljazair di barat). Di bawah kekuasaannya, armada Utsmaniyah menguasai Laut Tengah, Merah, dan Teluk Persia. Dalam upayanya untuk memperkuat Utsmaniyah, Suleiman melancarkan reformasi legislatif yang berhubungan dengan masyarakat, pendidikan, perpajakan, dan hukum kriminal. Hukum kanoniknya (atau Kanun) memperbaiki bentuk kekaisaran selama berabad-abad setelah kematiannya. Selain merupakan penyair dan tukang emas, ia juga menjadi pelindung budaya yang besar, hingga Utsmaniyah mencapai masa keemasan dalam bidang artistik, sastra, dan arsitektur. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sejarah DuniaKota KinabaluGeng: Pengembaraan Bermula

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 20 (19 Juli 2013—28 Juli 2013)
Ulama Minangkabau

Ulama Minangkabau merujuk kepada ahli-ahli agama Islam yang dibesarkan atau berasal dari daerah Minangkabau. Tokoh-tokoh tersebut telah terlibat dalam berbagai peristiwa sejarah perkembangan Islam di Nusantara dan di Sumatera Barat pada khususnya, baik sebagai penyiar agama maupun sebagai pejuang dalam melawan kolonialisme. Para ulama Minangkabau sejak tahun 1900-an cenderung lebih berfokus pada pendidikan dan aktivitas intelektual daripada perlawanan fisik. Gerakan modernisme Islam di Timur Tengah, yang antara lain digerakkan oleh Syekh Muhammad Abduh dan Syekh Rasyid Ridha, juga berimbas pada alim ulama Minangkabau di masa itu. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Suleiman ISejarah DuniaKota Kinabalu

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 21 (29 Juli 2013—7 Agustus 2013)
Satelit Ganymede

Ganymede adalah satelit alami planet Yupiter. Satelit ini merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya. Ganymede adalah satelit ketujuh di Tata Surya dan satelit Galileo ketiga dari Yupiter. Satelit ini mengitari planetnya selama tujuh hari dan sebagian besar terdiri dari batu silikat dan es air. Ganymede merupakan benda langit yang berdiferensiasi sepenuhnya dengan inti yang cair, kaya akan besi. Samudra air asin dipercaya ada pada hampir 200 km di bawah permukaan Ganymede, yang diapit lapisan-lapisan es. Permukaannya terdiri dari dua macam bentuk medan permukaan. Daerah gelap, yang penuh akan kawah tubrukan yang berasal dari hingga 4 miliar tahun yang lalu, menutupi sepertiga permukaan satelit itu. Daerah yang lebih terang, yang dilewati oleh alur-alur dan punggung bukit yang besar dan hanya sedikit lebih tua, menutupi sisanya. Penyebab kacaunya geologi medan permukaan terang itu tidak sepenuhnya diketahui, namun mungkin karena aktivitas tektonik yang ditimbulkan oleh pemanasan pasang-surut. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ulama MinangkabauSuleiman ISejarah Dunia

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 22 (8 Agustus 2013—17 Agustus 2013)
Thích Quảng Đức

Thích Quảng Đức (1897 – 11 Juni 1963, lahir Lam Van Tuc) adalah seorang biksu Buddha Mahayana Vietnam yang membakar dirinya sampai mati di sebuah persimpangan jalan di Saigon pada tanggal 11 Juni 1963. Quang Duc menentang penganiayaan kaum Buddha oleh pemerintahan Katolik Roma Vietnam Selatan yang dipimpin oleh Ngô Đình Diệm selama Krisis Buddha di negara tersebut. Setelah kematiannya, tubuh Quang Duc dikremasi, namun jantungnya tetap utuh. Aksi bakar diri ini kemudian dianggap sebagai titik balik dalam Krisis Buddha dan berperan penting dalam menggulingkan rezim Diệm, yang dibunuh pada tanggal 2 November 1963. Foto kejadian tersebut, yang membuat Malcolm Browne mendapatkan sebuah Penghargaan Pulitzer, mendatangkan simpati terhadap biksu-biksu Vietnam dan desakan terhadap rezim Diệm dari segala penjuru dunia. Sejumlah biksu Vietnam lainnya mengikuti jejak Quang Duc dengan membakar diri setelah tekanan terhadap mereka semakin gencar. Aksi bakar diri ini pun ditiru oleh sejumlah pemrotes perang Vietnam di Amerika Serikat beberapa tahun kemudian. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: GanymedeUlama MinangkabauSuleiman I

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 23 (18 Agustus 2013—27 Agustus 2013)
Kuil Apollo

Pengepungan Naxos pada tahun 499 SM adalah usaha yang gagal oleh tiran Miletos, Aristagoras, yang bekerja dengan dukungan, dan atas nama Kekaisaran Persia pimpinan Darius yang Agung, untuk menaklukkan Pulau Naxos. Ini adalah peristiwa yang mengawali Perang Yunani-Persia, yang kelak akan berlangsung selama 50 tahun. Aristagoras didekati oleh para aristokrat Naxos yang telah dikucilkan, yang berkeinginan untuk kembali ke pulau mereka. Melihat kesempatan untuk meningkatkan posisinya di Miletos, Aristagoras meminta dukungan dari pemimpinnya, raja Persia Darius yang Agung, dan satrap lokal, Artaphernes, untuk menaklukkan Naxos. Persia setuju dan mengirim 200 kapal trireme di bawah komado Megabates. Ekspedisi ini dengan cepat berubah menjadi bencana. Aristagoras dan Megabates bersitegang dalam perjalanan ke Naxos, dan seseorang memberi tahu rakyat Naxos mengenai kedatangan pasukan Persia. Akibatnya, ketika mereka tiba, pasukan Persia dan Ionia harus berhadapan dengan kota yang sudah bersiap menghadapi pengepungan. Pasukan ekspedisi tetap mengepung kota itu, namun setelah empat bulan tanpa keberhasilan dan kekurangan uang, mereka pun terpaksa kembali ke Asia Kecil. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Thích Quảng ĐứcGanymedeUlama Minangkabau

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 24 (28 Agustus 2013—6 September 2013)
Albatros

Albatros, dari keluarga Diomedeidae, adalah burung laut besar dalam ordo Procellariiformes yang merupakan satu kelompok dengan Procellariidae, Petrel badai dan Petrel penyelam. Burung ini ditemukan secara luas di Samudra Antartika dan Pasifik Utara. Burung ini tidak terdapat di Atlantik Utara, meskipun temuan fosil membuktikan bahwa burung ini dahulu pernah ada di sana. Burung albatros termasuk burung terbang yang paling besar, dan burung albatros besar (genus Diomedea) memiliki panjang sayap yang paling besar melebihi burung lainnya. Burung albatros sangat efisien di udara, dengan menggunakan teknik terbang melayang dan terbang membumbung untuk dapat terbang pada jarak yang sangat jauh dengan tenaga yang sedikit. Burung ini memakan cumi-cumi, ikan, dan udang, dengan cara memakan hewan yang terdampar, berburu di permukaan air, dan menyelam. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pengepungan Naxos (499 SM)Thích Quảng ĐứcGanymede

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 25 (7 September 2013—16 September 2013)
Kebakaran Besar London

Kebakaran Besar London adalah suatu peristiwa kebakaran hebat yang melanda kota London, Inggris pada hari Minggu, 2 September hingga hari Rabu, 5 September 1666. Kebakaran ini memusnahkan sebagian besar wilayah kota, namun tidak berhasil mencapai distrik aristokrat di Westminster, Istana Raja Charles II di Whitehall, dan sebagian besar kawasan kumuh di pinggiran kota. Kebakaran Besar London menghanguskan sekitar 13.200 rumah, 87 gereja paroki, 6 kapel, termasuk Katedral Santo Paulus dan sebagian besar bangunan-bangunan penting lainnya di London. Sekitar 100.000 orang, atau seperenam penduduk London saat itu, kehilangan tempat tinggal karena peristiwa ini. Jumlah korban yang tewas akibat kebakaran ini tidak diketahui dan umumnya dianggap kecil, tercatat hanya enam kematian yang diverifikasi. Namun baru-baru ini muncul teori yang menyatakan bahwa kemungkinan ribuan kematian penduduk miskin dan kelas menengah tidak tercatat karena sebagian besar dari mereka telah hangus tanpa bisa dikenali. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: AlbatrosPengepungan Naxos (499 SM)Thích Quảng Đức

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 26 (17 September 2013—26 September 2013)
Oberon

Oberon, juga disebut Uranus IV, adalah salah satu satelit besar planet Uranus. Satelit ini merupakan satelit terbesar kedua Uranus, dan terbesar kesembilan di Tata Surya. Oberon ditemukan oleh William Herschel pada tahun 1787 dan dinamai dari nama raja peri-peri dalam A Midsummer Night's Dream karya William Shakespeare. Orbitnya sebagian berada di luar magnetosfer Uranus. Tampaknya Oberon terbentuk dari piringan akresi yang mengelilingi Uranus setelah pembentukannya. Satelit ini terdiri dari es dan bebatuan, dan kemungkinan terdiferensiasi menjadi inti berbatu dan mantel ber-es. Lapisan air mungkin ada di antara mantel dan inti. Permukaan Oberon, yang warnanya gelap dan sedikit merah, tampaknya terbentuk melalui tubrukan asteroid dan komet, dan dilapisi oleh berbagai kawah tubrukan yang diameternya dapat mencapai 210 km. Di Oberon juga terdapat rangkaian chasmata (graben atau gawir) yang terbentuk selama perpanjangan keral sebagai akibat dari perluasan bagian dalam selama evolusi awal. (selengkapnya)

Artikel pilihan sebelumnya: Kebakaran Besar LondonAlbatrosPengepungan Naxos (499 SM)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 27 (27 September 2013—6 Oktober 2013)
Fakih Usman

Kyai Haji Fakih Usman (juga ditulis Faqih Usman; lahir 2 Maret 1904 – meninggal 3 Oktober 1968 pada umur 64 tahun) adalah aktivis Islam di Indonesia dan politikus dari Partai Masyumi. Ia menjadi Menteri Agama dalam dua kali masa jabatan: pertama, dengan Kabinet Halim saat Republik Indonesia menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat, dan kedua sebagai Menteri Agama dengan Kabinet Wilopo. Saat masih muda Fakih dikritik karena kaitannya dengan organisasi Islam Muhammadiyah, tetapi kini dikenang oleh organisasi tersebut. Sebuah jalan di Gresik dinamakan untuk Fakih. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Oberon (satelit)Kebakaran Besar LondonAlbatros

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 28 (7 Oktober 2013—16 Oktober 2013)
Keseimbangan bersela

Keseimbangan bersela adalah teori biologi evolusioner yang menyatakan bahwa sebagian besar spesies hanya menunjukkan sedikit perubahan evolusioner dalam sebagian besar sejarah geologis mereka. Mereka berada dalam suatu keadaan yang disebut stasis. Ketika perubahan evolusi yang signifikan terjadi, teori ini menjelaskan bahwa perubahan tersebut terbatas pada peristiwa spesiasi percabangan yang cepat dan jarang yang disebut kladogenesis. Kladogenesis adalah proses ketika suatu spesies terpisah menjadi dua spesies berbeda, dan bukannya satu spesies yang secara perlahan berubah menjadi spesies lainnya. Kesimbangan bersela pada umumnya dianggap bertentangan dengan teori gradualisme filetik, yang menyatakan bahwa evolusi pada umumnya terjadi secara seragam dan melalui perubahan yang tetap dan berangsur-angsur (disebut anagenesis). Menurut pandangan ini, evolusi terjadi secara mulus dan berkelanjutan. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Fakih UsmanOberon (satelit)Kebakaran Besar London

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 29 (17 Oktober 2013—26 Oktober 2013)
Lamtoro

Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun diperkenalkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Tanaman ini di Malaysia dinamai petai belalang. Tumbuhan ini dikenal pula dengan aneka sebutan yang lain seperti pĕlĕnding, peuteuy sélong (Sd.); kemlandingan, mètir, lamtoro dan lamtoro gung (lamtoro besar; untuk varietas yang bertubuh lebih besar) (Jw.); serta kalandhingan (Md.). Nama-namanya dalam pelbagai bahasa asing, di antaranya: petai belalang, petai jawa (Mly.); lamandro (PNG); ipil-ipil, elena, kariskis (Fil.); krathin (Thai); leucaena, white leadtree (Ingg.); dan leucaene, faux mimosa (Prc.). Nama spesiesnya, leucocephala (='berkepala putih') mengacu kepada bongkol-bongkol bunganya yang berwarna keputihan. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Keseimbangan berselaFakih UsmanOberon (satelit)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 30 (27 Oktober 2013—5 November 2013)
Reruntuhan Heroon (kuil-makam) di Eretria

Pengepungan Eretria adalah konflik militer pada tahun 490 SM, dalam invasi pertama Persia ke Yunani. Dalam peristiwa ini, kota Eretria di Euboia dikepung oleh pasukan Persia di bawah komando Datis dan Artaphernes. Invasi pertama Persia adalah tanggapan terhadap keterlibatan Yunani dalam Pemberontakan Ionia, ketika Eretria dan Athena mengirim pasukan untuk membantu kota-kota di Ionia dalam usaha mereka untuk melepaskan diri dari kekuasaan Persia. Pasukan Eretria dan Athena berhasil menaklukkan dan membakar Sardis, tapi kemudian terpaksa mundur dengan kerugian yang besar. Kaisar Persia, Darius I, marah besar dan bersumpah akan menghukum Eretria dan Athena.(selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: LamtoroKeseimbangan berselaFakih Usman

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 31 (6 November 2013—15 November 2013)
Anatomi burung

Anatomi burung atau struktur fisik tubuh burung memperlihatkan banyak adaptasi, yang kebanyakan bertujuan untuk menunjang kemampuan terbang. Burung memiliki sistem kerangka yang ringan dan otot yang ringan tapi kuat, dengan sistem peredaran darah dan sistem pernapasan yang mampu dalam tingkat metabolisme yang tinggi serta asupan oksigen yang memungkinkan burung untuk terbang. Perkembangan paruh telah membawa evolusi pada sistem pencernaan. Kekhususan anatomi tersebut telah menempatkan burung dalam klasifikasi ilmiah mereka dalam filum vertebrata. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pengepungan EretriaLamtoroKeseimbangan bersela

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 32 (16 November 2013—25 November 2013)
Lady Gaga

The Fame adalah album studio pertama artis pop Amerika Serikat Lady Gaga yang dirilis pada 19 Agustus 2008 oleh Interscope Records. Gaga bekerja sama dengan beberapa produser untuk album ini, terutama RedOne, Martin Kierszenbaum, dan Rob Fusari. Lagu yang dimuat dalam album ini kebanyakan terinspirasi oleh cinta Gaga akan ketenaran secara umum (fame dalam bahasa Inggris berarti 'ketenaran'), dan berkaitan dengan seluk-beluk gaya hidup kaya dan terkenal, divisualisasikan oleh Gaga sendiri. Dari segi musik, album ini mendapat inspirasi dari genre electropop atau synthpop 1980-an yang menyertakan musik dance dan bagian-bagian lagu yang mudah diingat. (selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Anatomi burungPengepungan EretriaLamtoro

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 33 (26 November 2013—5 Desember 2013)
Peta invasi Persia pertama ke Yunani

Invasi Persia pertama ke Yunani adalah invasi yang dilakukan oleh Kekaisaran Persia terhadap negara kota di Yunani pada Perang Persia. Invasi ini dimulai pada tahun 492 SM, dan berakhir dengan kemenangan telak Athena pada Pertempuran Marathon pada tahun 490 SM. Invasi ini terdiri dari dua kampanye terpisah, dan dilakukan atas perintah kaisar Persia Darius I dengan tujuan menghukum Athena dan Eretria, karena kedua negara kota itu telah membantu negara kota di Ionia selama melakukan pemberontakan terhadap kekuasaan Persia. Selain itu Darius juga melihat kesempatan untuk memperluas kekuasaannya ke Eropa, serta mengamankan perbatasan baratnya. (selanjutnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: The FameAnatomi burungPengepungan Eretria

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 34 (6 Desember 2013—15 Desember 2013)
Tokoh Minang yang terkenal.

Nama orang Minangkabau adalah bermacam-macam nama yang dipakai oleh orang-orang Minangkabau dan keturunannya. Dalam Encyclopedie van Nederlandsch-Indie disebutkan, nama-nama orang Minang pada masa-masa awal berasal dari alam dan nama-nama benda yang ada di dalamnya. Dalam waktu yang cukup lama, tak sedikit pula nama-nama berbau Hindu dan Buddha bermunculan. Setelah Islam masuk dan berkembang, nama-nama kearab-araban muncul sebagai nama-nama orang Minang. Memasuki pertengahan abad ke-20, muncul nama kejawa-jawaan, singkatan, dan pengkodean. Pada masa Orde Baru, muncul pula nama-nama yang berbau kebarat-baratan. Baru pada dua dekade terakhir, nama-nama orang Minang kembali diramaikan dengan nama-nama Islam, yang didasarkan atas motivasi pemberi nama itu sendiri. (selanjutnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Invasi Persia pertama ke YunaniThe FameAnatomi burung

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 35 (16 Desember 2013—25 Desember 2013)
Reruntuhan teater di Miletos

Pertempuran Lade (bahasa Yunani: Ναυμαχία τῆς Λάδης, Naumachia tēs Ladēs) adalah pertempuran laut yang terjadi dalam peristiwa Pemberontakan Ionia, pada tahun 494 SM. Pertempuran ini berlangsung antara persekutuan negara kota Ionia (dibantu oleh Lesbos) melawan Kekaisaran Persia pimpinan Darius yang Agung, dan berakhir dengan kemenangan telak bagi Persia. Pemberontakan Ionia dipicu oleh ketidakpuasan kota-kota Yunani di Asia Kecil terhadap para tiran yang ditunjuk oleh Persia untuk memimpin mereka. Pada tahun 499 SM, tiran Miletos, Aristagoras, melancarkan ekspedisi gabungan bersama satrap Artaphernes untuk menaklukkan Naxos, dengan tujuan meningkatkan posisinya di Miletos. Misi ini berujung bencana, dan merasa bahwa dia akan dipecat, Aristagoras memilih untuk menghasut seluruh Ionia supaya memberontak terhadap raja Persia Darius yang Agung. Pada awalnya, pihak Ionia melakukan ofensif, dengan didukung oleh pasukan dari Athena dan Eretria, menaklukkan Sardis, sebelum akhirnya menderita kekalahan pada Pertempuran Ephesos. Pemberontakan kemudian menyebar ke Karia dan Siprus. Persia pun melakukan kampanye di seluruh Asia Kecil selama tiga tahun tanpa hasil yang bagus, sebelum akhirnya pasukan dan armada Persia dikumpulkan ulang pada tahun 494 SM dan dikirim langsung ke pusat pemberontakan di Miletos. (selanjutnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 36 (26 Desember 2013—4 Januari 2013)
Seekor paus sei sedang makan di permukaan laut

Paus sei adalah spesies paus balin. Hewan ini merupakan anggota famili Balaenoptiidae terbesar ketiga setelah paus biru dan paus sirip. Paus sei dapat ditemukan di seluruh samudra di dunia. Paus sei menyukai perairan lepas pantai dan cenderung menghindari perairan kutub dan tropis, serta perairan yang setengah tertutup. Paus sei bermigrasi setiap tahun dari perairan dingin dan subkutub pada musim panas menuju perairan hangat dan subtropis pada musim dingin, meskipun rute migrasi masih belum diketahui secara pasti.Akibat perburuan besar-besaran pada abad ke-19 dan abad ke-20, saat ini lebih dari 238.000 ekor paus telah ditangkap, Paus sei ditetapkan sebagai spesies yang dilindungi, walaupun program penelitian kontroversial masih dilakukan oleh Islandia dan Jepang. Pada tahun 2006, terdapat sekitar 54.000 paus sei, hanya seperlima dari jumlah populasi sebelum mulai diburu. (selanjutnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu



> Arsip