WikiHow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
wikiHow
WikiHow logo.png
wikiHow Main Page
URL wikihow.com
Komersial? Yes ("hybrid organization")
Jenis situs Wiki format How-to Manual
Pendaftaran Optional
Bahasa English, Spanish, Arabic, Persian, Dutch, Portuguese, French, German, Italian, Hebrew, Japanese
Pemilik wikiHow
Dibuat oleh Jack Herrick and Josh Hannah
Peringkat Alexa 589 (May 2012)[1]

wikiHow adalah sebuah situs web dan komunitas wiki. Isi situs web ini adalah pangkalan data pedoman cara. Semua isi situs web ini berlisensi di bawah Creative Commons (by-nc-sa); dan situs web ini menggunakan sebuah versi program MediaWiki 1.9.3 yang telah dimodifikasikan. Situs ini bermula sebagai sebuah ekstensi daripada situs web eHow dan telah berkembang menjadi sebuah situs mandiri yang memuat lebih dari 23.000 artikel pedoman cara. Misi wikiHow adalah untuk membangun sebuah pangkalan data pedoman cara terbesar di dunia dan mencoba menolong mengembangkannya. Pada bulan Mei 2007, wikiHow memiliki 5,39 juta pembaca.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2005, dua pemilik of eHow, Jack Herrick and Josh Hannah, memulai wikiHow—sebuah proyek kolaboratif yang mencoba membangun pangkalan data pedoman cara terbesar di dunia. Sementara situs eHow telah memiliki instruksi dalam melakukan ribuan cara, wikiHow memperbolehkan komunitas kontributor untuk membangun sesuatu yang lebih besar dan lebih baik. Pada tanggal 28 April 2006, eHow dijual dan wikiHow diluncurkan sebagai sebuah situs mandiri dengan alamat domain www.wikihow.com domain.[3]

Pada bulan Juli 2007, jumlah pengguna wikiHow yang terdaftar adalah sedikit lebih dari 57.000.[4]

Isi dan format artikel[sunting | sunting sumber]

wikiHow adalah sebuah wiki, yaitu (mirip dengan Wikipedia) merupakan sebuah situs web yang bisa disunting oleh siapa saja. wikiHow beroperasi menggunakan perangkat lunak sumber bebas dan model lisensi isi terbuka (open content) sehingga memperbolehkan komunitas untuk secara bebas menggunakan dan memiliki isi.

Semua pengunjung wikiHow bisa membuat sebuah halaman baru dan menulis bagaimana melakukan sesuatu. Semua artikel yang ditaruh di wikiHow mengikuti sebuah format standar tertentu yang terdiri atas ringkasan, dan diikuti dengan panduan langkah per langkah untuk menyelesaikan suatu aktivitas tertentu, dengan bahan-bahan yang diperlukan, peringatan, saran, isi, dan kadangkala juga pranala ke artikel pedoman cara lainnya yang terkait. Gambar-gambar boleh ditambahkan pada artikel sebagai ilustrasi pedoman. Jika halaman sudah selesai ditulis, maka pengunjung lain bisa menyunting, memperbaiki atau mengubah halaman tersebut. Para kontributor anonym dan pengguna komunitas wikiHow bekerja sama untuk memperbaiki kualitas informasi yang ada pada situs ini, memperbaiki atau menghilangkan instruksi yang tidak benar dan menghapus vandalisme.

Tim dan proyek[sunting | sunting sumber]

wikiHow memiliki beberapa tim dan proyek.
Beberapa contoh tim adalah:

  • Tim Penyambut (The Welcome Team), yang menyambut para pengguna baru dengan informasi dengan cara bagaimana menggunakan dan berpartisipasi dalam situs wikiHow.
  • Tim Pembantu (The Help Team), yang membantu pengunjung untuk mempelajari situs ini.[5]


Beberapa contoh proyek:

  • Proyek tingkah laku (The Behavior Saviors project), yang mencoba menyelamatkan artikel-artikel tentang subbudaya anak-anak remaja seperti Goth, Emo, Gangster, Scene dan Prep.
  • Proyek pengembangan mingguan (The Weekly Improvement project), yang mencoba menyeleksi satu artikel setiap minggu untuk dikembangkan menjadi artikel pilihan.[6]
  • Proyek terkait (The Relateds project), yang mencoba memberikan pranala artikel-artikel terkait pada halaman-halaman buntu, sehingga bisa menjadikannya pedoman cara yang kohesif.

Pembiayaan[sunting | sunting sumber]

Situs ini pada awalnya dibiayai dengan antara lain hasil penjualan eHow oleh Herrick. Sekarang situs ini juga dibiayai dengan iklan pada halaman-halamannya.

wikiHow didirikan sebagai perusahaan yang mencari untung (for-profit company), tetapi tidak mendapatkan untung.[7]

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Saat ini wikiHow tersedia dalam bahasa Jerman, Perancis, Spanyol, Portugis, dan Turki. Versi dalam bahasa Indonesia belum ada namun diharapkan secepat mungkin didirikan.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wikihow.com Site Info". Alexa Internet. Diakses 2012-05-02. 
  2. ^ Herrick, Jack (Apr. 2007). "WikiHow Site Traffic Statistics". wikiHow. Diakses 2007-04-03. 
  3. ^ Herrick, Jack (Sept. 2006). "History of eHow and wikiHow". wikiHow. Diakses 2006-10-26. 
  4. ^ "wikiHow Statistics". Diakses 2007-07-31. 
  5. ^ http://www.wikihow.com/wikiHow:Help-Team
  6. ^ http://www.wikihow.com/wikiHow:Projects
  7. ^ http://www.wikihow.com/WikiHow:Is-wikiHow-a-Non-Profit
  8. ^ Pada Wikimania 2007, Jack Herrick, pemilik wikiHow menyatakan terhadap komunitas Wikipedia Indonesia untuk mendirikan versi dalam bahasa Indonesia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]