Wi Fi Fungsi Ganda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dual Mode[sunting | sunting sumber]

Telepon Selular Dual Mode adalah telepon selular yang dapat menggunakan lebih dari satu jaringan sekaligus untuk menerima ataupun mengirimkan data. Dual mode dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • kompabilitas jaringan

yaitu sebuah telepon selular yang dapat digunakan di dua system yang berbeda, yaitu GSM dan CDMA. Dual slot lantaran ia dibekali dua slot untuk kartu SIM dan RUIM(T4863).

  • radio selular dan nonselular

telepon selular dapat digunakan untuk hubungan telepon dan juga dapat digunakan untuk hubungan WiFi atau DECT (Digital Enhanced Cordless Telecommunications)

  • Telepon kabel

Telepon kabel dengan menggunakan teknologi VoIP dan POTS. Namun telepon jenis seperti ini membutuhkan router dan modem khusus untuk membuat panggilan VoIP

Wi Fi[sunting | sunting sumber]

(Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda Wi-Fi Hot Spot. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.

Wi-Fi hanya dapat di akses dengan peralatan Wi-Fi certified Radio seperti komputer, laptop, PDA atau Cellphone. Untuk Laptop versi terbaru keluaran tahun 2007, sudah terdapat Wi-Fi on board. Bila belum tersedia pemakai dapat menginstall Wi-Fi PC Cards yang berbentuk kartu di PCMCIA Slot yang terdapat di laptop atau Wi-Fi USB .

Untuk PDA, pemakai dapat menginstall Compact Flash format Wi-Fi radio di slot yang telah tersedia. Bagi pengguna yang komputer atau PDA - nya menggunakan Windows XP, hanya dengan memasangkan kartu ke slot yang tersedia, Windows XP akan dengan sendirinya mendeteksi area disekitar Anda dan mencari jaringan Wi-Fi yang terdekat dengan Anda. Amatlah mudah menemukan tanda apakah peranti tersebut memiliki fasilitas Wi-Fi, yaitu dengan mencermati logo Wi-Fi CERTIFIED pada kemasannya. Meskipun Wi-Fi hanya dapat diakses ditempat yang bertandakan Wi-Fi Hotspot, jumlah tempat-tempat umum yang menawarkan Wi-Fi Hotspot meningkat secara drastis. Hal ini disebabkan karena dengan dijadikannya tempat mereka sebagai Wi-Fi Hotspot berarti pelanggan mereka dapat mengakses internet yang artinya memberikan nilai tambah bagi para pelanggan.

Layanan Wi-Fi yang ditawarkan oleh masing-masing Hot Spot pun beragam, ada yang menawarkan akses secara gratis seperti halnya di executive lounge Bandara, ada yang mengharuskan pemakainya untuk menjadi pelanggan salah satu ISP yang menawarkan fasilitas Wi-Fi dan ada juga yang menawarkan kartu pra-bayar. Apapun pilihan Anda untuk cara mengakses Wi-Fi, yang terpenting adalah dengan adanya Wi-Fi, Anda dapat bekerja dimana saja dan kapan saja hingga Anda tidak perlu harus selalu terkurung di ruang kerja Anda untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.

PERKEMBANGAN DUAL MODE Wi-Fi[sunting | sunting sumber]

Pasar telepon seluler (ponsel) dual mode atau memiliki kemampuan akses jaringan seluler GSM dan jaringan Internet nirkabel Wi-Fi (wireless fidelity) terus meningkat. riset Juniper Research yang memproyeksikan pasar ponsel dual mode pada 2012 mencapai US$68 miliar.

Saat ini permintaan perangkat yang dapat memudahkan aktivitas pengguna untuk melakukan komunikasi melalui jaringan voice over Internet protocol (VoIP) baik dari kalangan korporasi maupun konsumer terus menunjukkan pertumbuhan

VoIP[sunting | sunting sumber]

VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan teknologi melewatkan suara (voice) ke dalam bentuk data packet melalui jaringan IP (Internet Protocol) yaitu di posisi layer 3, layer network menurut model OSI (Open Systems Interconnection). Sedangkan untuk jaringan IP sendiri dapat melalui banyak cara yaitu dapat melalui jaringan Wi-Fi hotspot, jaringan kabel broadband DSL (digital subscriber line), TV kabel, Satellite dan lain sebagainya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan ponsel dual mode tersebut, maka selain dapat melakukan pembicaraan lewat jaringan seluler, kita juga dapat melakukan pembicaraan VoIP melalui Wi-Fi, atau sering disebut sebagai VoWi-Fi (voice over wireless fidelity).

MOBILE CONVERGENCE APPLIANCE[sunting | sunting sumber]

mobile convergence appliance (MCA)atau perangkat konvergensi bergerak. Perangkat ini berbasis sistem operasi Linux yang dapat digunakan dengan ponsel yang bisa diprogram (disebut juga ponsel cerdas).

Ketika seorang pengguna berada di dalam kantor, MCA akan menyampaikan panggilan telepon masuk, baik ke ponsel maupun ke telepon meja. Karena selalu terhubung secara konstan dengan ponsel, MCA bisa menentukan apakah ponsel dapat dijangkau via jaringan Wi-Fi. Ini berarti tidak ada biaya tambahan yang dibebankan.

Jika seorang pengguna sedang berada di jalan, MCA akan menentukan apakah ponsel bisa dijangkau oleh hotspot Wi-Fi terdekat atau panggilan itu disampaikan melalui link jaringan seluler standar. Proses sebaliknya juga berlaku untuk membuat panggilan dari peralatan komunikasi bergerak.

Sementara itu, panggilan yang tidak terjawab akan diteruskan oleh MCA ke sistem voice mail perusahaan. Produk DiVitas ini juga terbilang cerdas. Ia bisa secara konstan mengevaluasi kualitas koneksi. Misalnya, jika Anda berada di Starbucks menggunakan hotspot Wi-Fi yang tersedia, tapi tamu lain yang duduk di sebelah Anda sedang mengunduh file video dari YouTube, peralatan mengukur degradasi yang terjadi. Jika tidak sanggup, akan diserahkan ke jaringan seluler.

FIXED MOBILE CONVERGENCE[sunting | sunting sumber]

FMC (fixed mobile convergence) merupakan gabungan dua teknologi yang berbeda yaitu teknologi seluler dan Wi-Fi menjadi satu bentuk layanan yang terintegrasi dalam satu device' yaitu ponsel. Teknologi FMC menjanjikan sebuah layanan komunikasi yang always on bagi pelanggan yang melakukan aktivitas bergerak maupun tetap.

Secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut. Seseorang memiliki ponsel dual mode dan berlangganan layanan FMC. Suatu saat di pagi hari sebelum berangkat ke kantor, dia menerima panggilan di ponsel dual modenya dari atasannya untuk sebuah tugas tertentu.

Jaringan FMC secara otomatis akan menyalurkan panggilan tersebut ke jaringan broadband Wi-Fi yang tersedia di rumah. Selama pembicaraan tersebut, dia berjalan ke mobilnya, dan mulai menyetir mobilnya keluar dari komplek perumahan. Pada saat itu FMC akan secara seamless memindahkan pembicaraan yang masih berlangsung tersebut ke jaringan seluler tanpa terjadi gangguan ataupun drop call. Ketika berada di kantor, semua komunikasi melalui ponsel dual mode-nya akan kembali dilayani oleh jaringan Wi-Fi di kantornya. FMC dapat ditinjau dari beberapa tipe arsitektur yaitu diantaranya adalah tipe berbasis UMA (unlicensed mobile access) dan tipe berbasis SIP (session initiation protocol).

Tipe UMA merupakan tipe arsitektur FMC yang menerapkan teknologi tunneling GSM melewati jaringan Wi-Fi dimana dilakukan encapsulation terhadap signaling dan bearer -nya. Model UMA tidak mendukung protokol SIP, sehingga MSC (mobile switching center) yang ada masih dapat dipertahankan dan bertanggung jawab melakukan switching dan call control. Salah satu operator yang sudah memberikan layanan FMC UMA ini adalah British Telecom.

Tipe FMC yang lain adalah berbasis protokol SIP yaitu model FMC yang berbasis pada teknologi IMS (IP multimedia subsystems) yang standarisasinya dikerjakan oleh 3GPP (The Third Generation Partnership Project). IMS merupakan next generation network (NGN) yang mampu menggantikan teknologi switch atau exchange yang sekarang ini masih berbasis pada circuit atau TDM (time division multiplexing).

Mobile Switching Center (MSC) dari jaringan seluler yang sudah ada tetap dipertahankan dan IMS akan berkerja bersama dengan MSC tersebut dengan konsep roaming, sehingga salah satu network akan menjadi home network dan yang lain akan menjadi visited network. Pada jaringan 3G, dimana semua infrastrukturnya adalah IP, maka semua fungsi-fungsi MSC akan tergantikan oleh IMS.

Dual Mode Wi-Fi terbaru yang diluncurkan oleh perusahaan Cina mengkombinasikan jaringan Wi-Fi/Wimax dengan GSM/CDMA/3G (UMTS). Kombinasi itu menghasilkan pembicaraan telepon yang tidak akan terputus walau Anda keluar dari jaringan Wi-Fi/Wimax dan masuk ke dalam jaringan telepon selular (ponsel).

HYBRID CELL PHONE[sunting | sunting sumber]

Hybrid Cell phone adalah telepon seluler (ponsel) yang berkemampuan Wi-Fi, yang sekaligus mampu memanfaatkan dua sistem komunikasi, yakni seluler atau bergerak dan jaringan Wi-Fi. Perkembangan ponsel dual-mode ini akan semakin meningkat dan menarik banyak orang untuk menggunakannya. Karena, dengan semakin matang teknologinya, para pengguna akan memperoleh peluang untuk berkomunikasi secara tanpa batas dan lebih ekonomis, karena cukup dengan satu ponsel yang sama, Anda berkemampuan untuk berkomunikasi di banyak tempat dengan mudah.

Ketika di rumah, dengan ponsel yang sama, Anda dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah atau nantinya layanan telepon VoIP pita-lebar. Ketika keluar rumah dan masuk ke mobil, maka sepanjang perjalanan Anda tetap dapat berkomunikasi mengandalkan jaringan bergerak (GSM/CDMA). Begitu sampai di kantor, ponsel Anda akan secara otomatis masuk ke jaringan Wi-Fi LAN atau VoIP kantor. Bukan saja komunikasi Anda tidak terputus, meskipun Anda berpindah-pindah dari satu jaringan ke jaringan lainnya, komunikasi Anda juga semakin mudah dan ekonomis.

Ponsel berteknologi seperti ini akan menjadi solusi peralihan ke jaringan Wi-Fi yang menghasilkan komunikasi bermutu tinggi, baik di dalam rumah maupun gedung perkantoran, yang sangat sulit Anda peroleh ketika sedang berada di luar dengan menggunakan jaringan seluler. Selain itu, juga akan menyediakan kecepatan surfing Web di smartphone Anda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Mirabito, M.A.M., & Morgenstern, B.L (2004). New Communication Technology : Application, Policy, and Impact, fifth edition, UK : Focal Press