Whose Line Is It Anyway?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Whoseline logo.jpg

Whose Line Is It Anyway? (seringkali disingkat Whose Line? saja sebagai referensi) adalah sebuah acara komedi yang menggabungkan berbagai bentuk improvisasi lucu. Berasal dari sebuah prgram radio Inggris, acara ini kemudian pindah ke televisi sebagai sebuah acara TV untuk stasiun televisi Inggris Channel 4 sebelum dibuatkan programnya untuk televisi Amerika Serikat (AS).

Acara ini diisi oleh empat orang pelawak yang menciptakan karakter, suasana dan lagu melalui improvisasi mereka sendiri pada saat diminta sesuai dengan topik yang ada, dalam bentuk permainan adu improvisasi. Topik untuk permainan ini berdasarkan atas permintaan penonton atau rancangan dari pembawa acara itu sendiri. Acara ini mengambil bentuk acara permainan fiktif, artinya sang pembawa acara dengan seenaknya sendiri memberi poin dan memilih pemenang dari permainan ini pada tiap episodenya.

Aktor Pendukung[sunting | sunting sumber]

Pada acara aslinya di BBC Radio 4, pembawa acaranya adalah Clive Anderson dengan dua orang kontestan tetap, Stephen Fry dan John Sessions, dan dua orang peserta tamu. Clive Anderson tetap menjadi pembawa acara ketika acara ini pindah ke televisi, dan penampilan pesertanya menjadi lebih bervariasi. Selain Fry dan Sessions yang tampil juga di televisi, peserta tamu di acara televisi Inggris ini menampilkan para pelawak dari Inggris, Amerika Serikat (AS) dan Kanada, seperti Josie Lawrence, Paul Merton, Tony Slattery, Ryan Stiles, Sandi Toksvig, Colin Mochrie, Mike McShane, Brad Sherwood, Stephen Frost, Eddie Izzard, Jim Sweeney, dan Greg Proops.

John Sessions selalu tampil di awal-awal acara ini di televisi Inggris (dan secara kontrak menerima pendapatan sebesar bayaran pembawa acara Clive Anderson), dengan Ryan Stiles menjadi tamu tetap belakangan. Banyak peserta tamu yang muncul, termasuk Merton, Lawrence dan Toksvig, adalah pelawak tetap di The Comedy Store Players, sebuah grup pelawak improvisasi yang berpusat di Comedy Store di London. Lagu acara versi Inggris ini diciptakan oleh Philip Pope.

Dalam versi AS, acara ini menampilkan Drew Carey sebagai pembawa acara dengan Colin Mochrie, Ryan Stiles dan Wayne Brady sebagai peserta tetap, walaupun kadang-kadang 'pelawak keempat' kedua menggantikan posisi Brady. Greg Proops, Brad Sherwood, Jeff Davis, Chip Esten, Denny Siegel, Kathy Greenwood dan beberapa orang lainnya secara bergantian menjadi 'pelawak keempat' ini. Bintang film seperti Robin Williams, Kathy Griffin dan Whoopi Goldberg kadang-kadang juga menduduki tempat 'pelawak keempat' ini.

Lebih dari itu, tujuh tahun sebelum menciptakan acara The Colbert Report, Stephen Colbert menjadi pelawak keempat pada sebuah episode di musim pertama acara versi AS ini. Beberapa selebriti pernah muncul sebegai tamu untuk satu permainan dalam suatu episode, diantaranya David Hasselhoff, Catherine O'Hara, Florence Henderson, Hugh Hefner, Jerry Springer dan Richard Simmons. Dalam suatu episode, pelawak kawakan Sid Cesar muncul, menyebabkan tepuk tangan dan sambutan berdiri yang meriah dari para penonton yang cukup lama sehingga harus diedit. Mochrie, Proops, Stiles, Esten, Brady dan Sherwood semuanya pernah muncul beberapa kali di acara versi Inggris. Josie Lawrence juga pernah muncul dua kali di acar versi AS.

Banyak bagian dari acara ini yang melibatkan musik, dan memang telah banyak musisi yang mendukung acara ini. Dalam versi aslinya di BBC Radio, musik dimainkan oleh Colin Sell. Namun ketika acara ini pindah ke televisi, Richard Vranch (juga anggota dari The Comedy Store Players) menjadi musisinya. Vranch tidak ikut berpindah ke AS ketika acara ini membuat versi AS. Dalam episode-episode terakhir acara versi Inggris ini, musisi Laura Hall muncul untuk pertama kalinya. Ia terus menjadi musisi di musim pertama acara ini versi AS, tapi di musim kedua dan seterusnya, musisi lainnya bergabung untuk menambahkan 'aroma' baru dalam acara tersebut. Yang sering tampil bersama Laura Hall adalah musisi penuh bakat Linda Taylor. Musisi lainnya diantaranya adalah Cece Worral-Rubin, Anne King, Candy Girard, dan Anna Wanselius.

Sketsa-sketsa komedi dengan musik yang popular adalah "Greatest Hits", "Hoedown", "Irish Drinking Song" dan "Song Styles".