White flight

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

White flight adalah istilah demografi untuk kelas menengah ke atas (sebagian besar kulit putih) di AS yang pindah dari kota besar ke kota-kota kecil di sekitarnya atau bahkan ke tempat lain. Di beberapa kota terbesar di AS, kecenderungan ini telah berbalik pada tahun 1990-an secara terbatas (lihat gentrification). White flight sering dianggap produk dari rasisme, tapi ada juga yang mengatakan disebabkan oleh naiknya tingkat kriminalitas sejak tahun 1960-an. Banyak juga orang yang meninggalkan daerah kota besar karena alasan ekonomi, misalnya pajak dan uang sewa yang makin tinggi. Kelompok ras lain juga kadang pindah secara berbarengan ke daerah lain.

Akibat white flight terasa di kota-kota Detroit, Memphis, St. Louis, Milwaukee, dan New Orleans, yang kehilangan lebih dari setengah penduduk kulit putih mereka. Di New York City banyak orang kulit putih pindah dari the Bronx, Queens, dan Brooklyn ke Staten Island, suburban Long Island, suburban New Jersey, Westchester, dan Rockland Counties.

Kota-kota lain yang juga terkena white flight adalah Philadelphia, Atlanta, Houston, Miami, Cleveland, Boston, Hartford, the West and South Sides of Chicago, the Greater Los Angeles Area, Washington, D.C., Baltimore, Newark, New Jersey, dan banyak kota kecil lainnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Kruse, Kevin, White Flight: Atlanta and the Making of Modern Conservatism (Princeton University Press, Princeton, NJ)
  • Lupton, R. and Power, A. (2004) 'Minority Ethnic Groups in Britain'. CASE-Brookings Census Brief No.2, London: LSE.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]