When the World Comes Down

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
When the World Comes Down
Album studio karya The All-American Rejects
Dirilis16 Desember 2008
Direkam2008 di Barefoot Recording, Los Angeles, CA
GenreAlternative rock, power pop
Durasi45:35
LabelDGC, Doghouse, Interscope
ProduserEric Valentine
Kronologi The All-American Rejects
Move Along
(2005)Move Along2005
When the World Comes Down
(2008)
Kids in The Street
(2012)
Singel dalam album When the World Comes Down
  1. "Gives You Hell"
    Dirilis: 30 September 2008
  2. "The Wind Blows"
    Dirilis: 11 April 2009
  3. "I Wanna"
    Dirilis: 8 Juni 2009
Kids in The Street2012

When the World Comes Down adalah album studio ketiga karya band rock The All-American Rejects. Album ini dirilis melalui DGC/Interscope pada tanggal 16 Desember 2008.[1] Album ini diproduseri oleh Eric Valentine yang pernah bekerja dengan artis seperti Maroon 5. When the World Comes Down dijuluki oleh Alternative Press sebagai "most anticipated albums of the year."

Komposisi dan proses rekaman[sunting | sunting sumber]

The All-American Rejects memulai menulis materi untuk When the World Comes Down pada akhir Desember 2006, ketika mereka sedang dalam tour Tournado. Meski begitu, berulah hampir setahun setelah itu mereka kembali mulai bekerja di studio dikarenakan sering datangnya tawaran tampil. Dua belas lagu diselesaikan untuk album ini dengan proses selama kurang lebih dua tahun. Lagu pertama yang selesai ditulis untuk album ini adalah lagu pembuka "I Wanna". Lagu ini membutuhkan proses rekaman selama enam bulan, di studio maupun di bus tour. "I Wanna" sendiri ditulis di Florida, diikuti oleh lagu rock ballad berjudul "Back To Me". Lagu yang juga ditulis di bus tour antara lain adalah "Breakin'", yang dibuat berdasarkan beragam ide acak yang muncul dari setiap personil. Dua track lain di album ini, "Gives You Hell" dan "Another Heart Calls", ditulis selama kunjungan mereka ke Vancouver.

Track kedua di album ini, "Fallin' Apart", direkam selama perjalanan mereka ke daerah pegunungan Georgia. Di daerah Rabun County, "Fallin' Apart" diaransemen dan dicoba dimainkan sebelum menghasilkan aransemen final, sebuah proses yang digambarkan oleh vokalis/bassist Tyson Ritter sebagai "old school". Juga ditulis di Rabun County adalah lagu "Mona Lisa". Judul lagu ini berasal dari sudut pandang Ritter terhadap lagu ini sebagai hasil seni sederhana yang sempurna. Toko musik online kemudian memberikan emebel-embel "(When the World Comes Down)" sebagai judul alternatif, karena frasa tersebut berasal dari lagu ini dan digunakan sebagai judul album. "Mona Lisa" direkam di studio secara live session, yang merupakan kali pertama bagi The All-American Rejects menggunakan proses demikian.

Sebagian besar komponen penting When the World Comes Down direkam di Skywalker Ranch, di daerah San Rafael, California. Komponen penting tersebut antara lain adalah vokal koor untuk "Gives You Hell" serta tiga track drum terpisah untuk beberapa lagu seperti "Real World".[2]

Orkestra 16-orang yang ada dalam When the World Comes Down seluruhnya direkam di Warner Brothers Studios, Burbank, California. Disinilah orkestrasi untuk lagu "Another Heart Calls", "Real World", dan "Sunshine" direkam. Orkestrasi ini sendiri merupakan komponen terpenting dalam "Sunshine" dengan menjadi komponen paling dominan tanpa adanya penggunaan drum.

Selain itu, kebanyakan komponen lain dalam album ini direkam di Barefoot Studios milik produser Eric Valentine. Disini pula lagu seperti "Believe" selesai ditulis. Lagu "Damn Girl" ditulis oleh Ritter dimulai dari bagian chorus. Lagu ini pun selesai dengan pemberian intro oleh gitaris Mike Kennerty menggunakan gitar elektrik dan Tyson Ritter menggunakan synthesizer. "The Wind Blows" pada awalnya ditulis untuk penyanyi Gwen Stefani walaupun kemudian tidak dipakai oleh Gwen. Lagu ini kemudian mengalami aransemen ulang dan menjadi lagu vital sebagai penutup dan klimaks When the World Comes Down.

Terkait dengan proses rakaman, terdapat catatan tersendiri mengenai kualitas suara album ini secara umum. Kebanyakan kritikus musik dan penggemar mencatat bahwa semua lagu dalam album ini direkam dan dimixing secara baik. Album ini dianggap tidak terlibat dalam Perang Kebisingan, sebuah teknik rekaman modern yang memaksimalkan tingkat kebisingan dan kekerasan suara dengan akibat kurang dinamis, greget, dan kejernihan. Satu indikasi yang paling menonjol adalah pada lagu "Another Heart Calls" yang dimulai dengan sangat lembut dan secara perlahan menjadi semakin keras menuju akhir lagu, membuktikan hampir tidak adanya atau sedikitnya "pemaksimalan kebisingnan".

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh lagu ditulis oleh The All-American Rejects.

No.JudulDurasi
1."I Wanna"3:28
2."Fallin' Apart"3:26
3."Damn Girl"3:51
4."Gives You Hell"3:33
5."Mona Lisa (When the World Comes Down)"3:14
6."Breakin'"3:58
7."Another Heart Calls" (feat. The Pierces)4:09
8."Real World"4:02
9."Back to Me"4:28
10."Believe"3:28
11."The Wind Blows"4:22
12."Untitled" (Silent hidden track)0:30
13."Sunshine" (Hidden track)3:01
US deluxe edition
No.JudulDurasi
1."I Wanna" (Demo)3:19
2."Damn Girl" (Demo)3:38
3."Fallin' Apart" (Demo)3:35
4."Mona Lisa" (Demo)2:44
5."Real World" (Demo)3:55
Best Buy deluxe edition
No.JudulDurasi
6."Swing, Swing" (Live)6:59
7."I'm Waiting" (Live)5:38
8."Move Along" (Live)4:49
iTunes Deluxe Edition
No.JudulDurasi
13."I Wanna" (Demo version)3:18
14."Damn Girl" (Demo version)3:37
15."Fallin' Apart" (Demo version)3:34
16."Mona Lisa (When the World Comes Down)" (Demo version)2:44
17."Real World" (Demo version)3:55
18."On the Floor" (Demo version)2:53
19."Here I Sit" (Demo version (Pre-order only))3:59
International deluxe edition
No.JudulDurasi
14."I Wanna" (Demo)3:18
15."Damn Girl" (Demo)3:37
16."Fallin' Apart" (Demo)3:34
17."Mona Lisa" (Demo)2:44
18."Real World" (Demo)3:55
19."Here I Sit" (Demo)3:59
UK edition bonus track
No.JudulDurasi
20."The Wind Blows" (Steve Aoki Hurricane Mix)4:21
Australian tour edition disc two
No.JudulDurasi
1."Gives You Hell" (Acoustic Yahoo! performance) 
2."Mona Lisa" (Rhapsody Original) 
3."I Wanna" (Rhapsody Original) 
4."It Ends Tonight" (Acoustic studio version) 
5."Move Along" (Live from Tournado) 
SlotMusic exclusive track
No.JudulDurasi
13."Alone Again" (Demo) 
Japanese edition[3]
No.JudulDurasi
14."I Wanna" (Demo)3:18
15."Damn Girl" (Demo)3:37
16."Fallin' Apart" (Demo)3:34
17."Mona Lisa (When the World Comes Down)" (Demo)2:44
18."Real World" (Demo)3:55
19."Here I Sit" (Demo)3:59
20."The Wind Blows" (Steve Aoki Hurricane Mix)4:22
21."Another Heart Calls" (featuring Hiroko of Mihimaru GT (Bonus Track))4:09

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Walaupun pada versi CD terdapat track sunyi, versi digital album ini di toko digital seperti iTunes dan SlotMusic tidak memasukkannya, sehingga labu binus dimulai pada urutan tiga belas.
  • Best Buy Deluxe Edition memiliki semua lagu pada disc dua US Deluxe Edition reguler, ditambah dengan tiga track live. UK Edition memiliki semua lagu bonus dari International Deluxe Edition standard, dengan tambahan satu lagu eksklusif. Sebuah versi khusuh When the World Comes Down dirilis bertepatan dengan Australian 2009 Tour bersama Hoobastank. Australian Tour Edition ini memiliki semua lagu bonus dari International Deluxe Edition reguler, ditambah sebuah bonus CD berisi lima lagu eksklusif. Versi SlotMusic dari album ini memiliki konten eksklusif berisi versi demo "Alone Again" (versi awal dari "The Wind Blows"), dan dua featurettes.
  • Bonus Computer Content pada semua CD Deluxe Editions dan UK Edition (yang esensialnya juga merupakan deluxe version) berisi video "Track by Track with Tyson and Nick", "The 'Mona Lisa' music video", "The 'Gives You Hell' MTV edit music video", dan "The Making of Gives You Hell". Bonus Computer Content juga mengizinkan akses ke situs berisi galeri gambar yang dapat digunakan sebagai wallpaper komputer.
  • Versi lain dari Another Heart Calls dirilis di Jepang. Versi lagu ini dikerjakan bersama Hiroko Akutsu dari mihimaru GT dan bukannya The Pierces. Versi ini khusus dirilis dalam Japanese Edition.

B-side[sunting | sunting sumber]

Banyak lagu yang ditulis oleh The All-American Rejects untuk When the World Comes Down, namun tidak semua lagu tersebut masuk kedalam daftar lagu final untuk album. Demo awal dibuat untuk lagu-lagu yang telah mereka tulis dan demo-demo tersebut digunakan sebagai konten bonus eksklusif. Versi demo dari lagu "On the Floor" tersedia secara eksklusif di iTunes dalam standard edition maupun deluxe editions dari When the World Comes Down. "On the Floor" juga digunakan sebagai lagu B-Side untuk singel "Gives You Hell". Lagu lain berjudul "Here I Sit" tersedia di Amerika Serikat di iTunes dalam konten eksklusif deluxe edition. Album ini harus dipesan secara pre-order untuk mendapatkan lagu tersebut. "Here I Sit" juga tersedia di International Edition dari album ini.

Demo lain berjudul "Stay" tersedia di album yang dijual di Best Buy pada musim dingin 2008/2009. Sebuah kode "penebusan" dalam paket tersebut dapat digunakan di iTunes dan pembeli akan menerima lagu "Stay" serta sebuah video berdurasi 40 menit. B-Side lain, "Sierra's Song", selesai dikerjakan mendekati tanggal rilis album walaupun akhirnya tidak digunakan. Lagu tersebut kemudian digunakan dalam acara televisi 90210 dan tersedia dalam daftar soundtrack acara tersebut.

Charts[sunting | sunting sumber]

Album

Tahun Chart Posisi
tertinggi
2009 Australia ARIA Charts[4] 35
2009 Austria Austrian Albums Chart[4] 39
2009 Prancis Syndicat National de l'Édition Phonographique[4] 76
2009 Jerman Media Control Charts[4] 35
2009 Republik Irlandia Irish Albums Chart[5] 81
2009 Jepang Oricon[6] 100
2009 Selandia Baru RIANZ chart[4] 19
2009 Britania Raya UK Albums Chart[7] 48
2008 Amerika Serikat Billboard 200[8] 15
2008 Amerika Serikat Billboard Top Rock Albums[9] 6
2008 Amerika Serikat Billboard Top Modern Rock[10] 4
2008 Amerika Serikat Billboard Top Digital Albums[11] 2
2008 Amerika Serikat Billboard Comprehensive Albums[12] 16

Singel

Rahun Singel Chart
U.S. Billboard Hot 100 Pop 100 Mainstream Top 40 Hot Adult Top 40 Tracks Hot Digital Songs AUS AUT CAN FRA NL NZL GER IRE SWI JAP UK
2009 "Gives You Hell" 4 2 1 1 2 3 7 4 29 25 18 15 16 30 41 18
"The Wind Blows" 113 56 34
"I Wanna" 92 X 28 23 15 42 45 84

Sertifikasi dan penjualan[sunting | sunting sumber]

Pada minggu pertamanya, When the World Comes Down terjual lebih dari 112.000 copy dan menempati posisi #15 di chart Billboard 200.[13] Penjualan minggu pertama labih besar dari 90.000 copy milik album The All-American Rejects sebelumnya, Move Along. Per tanggal 7 Januari 2009 album ini tercatat mendapat tambahan penjualan sebanyak 76.923 copy.[14] Pada Juni 2009, album ini hanya tercatat terjual sebanyak 422.000 copy,[15] dimana hal ini sangat kontras dengan dua album The All-American Rejects sebelumnya yang masing-masing mampu terjual lebih dari setengah juta copy dalam waktu kurang dari dua bulan.[16] Meski begitu album ini tetap menjadi big seller pada tahun 2009 dan menempati posisi #69 di chart Billboard 200.[17] Pada 25 Mei 2010, When the World Comes Down mendapatkan sertifikat emas dari Recording Industry Association of America.

Negara Sertifikasi Penjualan
Malaysia Emas 15.000+
Amerika Serikat Emas[16] 500.000+

Kredit[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "All-American Rejects Title New LP "When the World Comes Down"". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-03. Diakses tanggal 2008-12-14. 
  2. ^ "DRUM! Jan-09Matt McDonough". Entermusicstore.biz. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-27. Diakses tanggal 2011-01-19. 
  3. ^ "All-American Rejects:"When the World Comes Down"". Universal Music Japan. Diakses tanggal 2011-01-18. 
  4. ^ a b c d e "The All-American Rejects - When The World Comes Down - Music Charts". Acharts.us. Diakses tanggal 2011-01-19. 
  5. ^ Steffen Hung. "Discography The All-American Rejects". irishcharts.com. Diakses tanggal 2011-01-19. 
  6. ^ "オール・アメリカン・リジェクツ-リリース-ORICON STYLE ミュージック". Oricon.co.jp. 1999-02-22. Diakses tanggal 2011-01-19. 
  7. ^ "The All-American Rejects - When The World Comes Down". Chart Stats. 2009-02-21. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-27. Diakses tanggal 2011-01-19. 
  8. ^ Billboard [1] Diarsipkan 2010-06-29 di Wayback Machine.
  9. ^ Billboard [2]
  10. ^ Billboard (magazine)
  11. ^ "|Billboard (magazine)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-01. Diakses tanggal 2012-01-03. 
  12. ^ "Billboard Comprehensive Albums: When The World Comes Down". Billboard. Diarsipkan dari versi asli (Subscription required) tanggal 2012-09-28. Diakses tanggal 2010-04-10. 
  13. ^ Billboard Taylor Swift Trumps Big Debuts to Stay No. 1 Diarsipkan 2008-12-25 di Wayback Machine.
  14. ^ "All-American Rejects Sales Check - News Article". AbsolutePunk.net. Diakses tanggal 2011-01-19. 
  15. ^ Week Ending June 7, 2009: DMB Chases The Stones
  16. ^ a b "Gold & Platinum - The All-American Rejects". Recording Industry Association of America. Diakses tanggal 2009-02-17. 
  17. ^ "Music Albums, Top 200 Albums & Music Album Charts". Billboard.com. 2009-12-31. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-14. Diakses tanggal 2011-01-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]