When I Need You

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"When I Need You"
Singel oleh Leo Sayer
dari album Endless Flight
Sisi-B "I Think We Fell in Love Too Fast"
Dirilis 1977
Format 7" single
Genre Pop
Panjang 4:09
Label Warner
Pencipta Albert Hammond, Carole Bayer Sager
Produser Richard Perry
Kronologi singel Leo Sayer
"You Make Me Feel Like Dancing"
(1976)
"When I Need You"
(1977)
"How Much Love"
(1977)
"When I Need You"
Singel oleh Céline Dion
dari album Let's Talk About Love
Dirilis 7 September 1998 (1998-9-7)
Format rekaman promosi
Direkam Chartmarker Studios, Paramount Studios
Genre Pop, soft rock
Panjang 4:12
Label Columbia, Epic
Pencipta Albert Hammond, Carole Bayer Sager
Produser David Foster
Kronologi singel Céline Dion
"Immortality"
(1998)
"When I Need You"
(1998)
"I Hate You Then I Love You"
(1998)
"When I Need You"
Singel oleh Cliff Richard
dari album Love... The Album
Dirilis 29 Oktober 2007 (2007-10-29)
Format singel CD, music download
Direkam Sound Kitchen, Sound House dan Blue Wave Studios
Genre Pop
Panjang 4:14
Label EMI
Pencipta Albert Hammond, Carole Bayer Sager
Produser Michael Omartian
Kronologi singel Cliff Richard
"21st Century Christmas/Move It"
(2006)
"When I Need You"
(2007)


"When I Need You" merupakan lagu populer yang ditulis oleh Albert Hammond dan Carole Bayer Sager. Singel ini pertama kali dicatat oleh Hammond pada tahun 1976 di albumnya When I Need You. yang diproduksi oleh Richard Perry, Leo Sayer versi yang dibuat menduduki peringkat 1 di UK Singles Chart selama dua minggu pada Februari 1977 setelah tiga dari singel sebelumnya telah terhenti di nomor 2. Sebuah hit besar di seluruh dunia, mencapai peringkat 1 di Billboard Hot 100 selama satu minggu pada Mei 1977;[1] lagu ini juga masuk ke nomor 1 di Hot Adult Contemporary Tracks.[2] Dia menampilkan itu di acara kedua dari musim ketiga The Muppet Show.

Perbandingan melodi[sunting | sunting sumber]

Melodi dari garis "hook", atau kor dari "When I Need You" identik dengan bagian dari lagu Leonard Cohen "Famous Blue Raincoat," dimana liriknya adalah sebagai berikut: "Jane came by with a lock of your hair, she said that you gave it to her that night that you planned to go clear." Lirik Melodi ini sesuai dengan lirik "When I Need You" sebagai berikut: "(When I) need you, I just close my eyes and I'm with you, and all that I so want to give you, is only a heart beat away."

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2006 dengan Globe & Mail Cohen mengatakan:

Saya pernah punya claim itu yang terjadi pada Leo Sayer. Apakah Anda ingat lagu 'When I Need You'?" Cohen menyanyikan kor nomor satu hit Sayer dari tahun 1977, kemudian dilanjutkan ke 'And Jane came by with a lock of your hair,' sebuah lirik dari 'Famous Blue Raincoat'. 'seseorang menggugat mereka atas nama saya … dan mereka menyelesaikannya,' meskipun, dia tertawa, 'mereka menyewa musicologist yang mengatakan bahwa motif tertentu adalah dalam domain publik dan, pada kenyataannya, bisa ditelusuri kembali sejauh Schubert.[3]

Melodi yang sama dapat terdengar di Elton John "Little Jeannie" pada lirik: "Stepped into my life from a bad dream / Making the life that I had seem / Suddenly shiny and new"

Versi cover[sunting | sunting sumber]

Lagu ini dicover oleh Céline Dion, Luther Vandross, Perry Como, Rod Stewart (di album kompilasi nya If We Fall in Love Tonight), Barry Manilow (di album kompilasi nya Summer of '78), Alpha Blondy, Edyta Górniak, versi album RMF (Bahasa Polski:moja i twoja muzyka) Brotherhood of Man, Will Mellor, Julio Iglesias, Cliff Richard, Roger Whittaker dan Clay Aiken.

  • Surinam penyanyi balada Max Nijman merekam lagu di bahasanya sendiri untuk album keduanya Wan Dei Lobi (One Day Love) setelah keberhasilan tangga lagu asli; pada 1990-an dia membuat versi baru.
  • Lani Hall merekam versi Spanyol dari lagu tersebut, "Si Me Amaras (If You Loved Me)", untuk album tahun 1985, Es Fácil Amar.
  • Seorang maestro Rahul Dev Burman merekam versi Hindi dari lagu tersebut (Tum se mil ke) untuk film tahun 1989 Parinda. Versi Kanton duet, yang dikenal sebagai "For You, I'll Never Give Up," dicover oleh Gallen Lo dan Flora Chan, sebagai lagu tema drama Hong Kong Feminine Masculinity pada tahun 1999.

Versi Céline Dion[sunting | sunting sumber]

"When I Need You" adalah singel promosi dari album Céline Dion Let's Talk About Love, yang hanya dirilis pada tanggal 7 September 1998 di Brasil.[4]

Setelah Céline Dion selesai Falling into You Tournya pada Juni 1997, dia mulai merekam album berikutnya dengan bahasa Inggris. Dion dan manajer serta suaminya René Angélil ingin memasukkan beberapa versi cover di dalamnya. David Foster datang dengan ide rekaman lagu hit Leo Sayer "When I Need You.", direkam pada Paramount Studios dan Chartmaker Studios, yang diproduksi oleh Foster dan menyertakan Dion di dalam album Let's Talk About Love, yang dirilis pada 15 November 1997. Céline Dion menampilkan lagu ini selama Let's Talk About Love avec Julie Snyder acara TV Kanada pada akhir tahun 1997.

Setelah string singel sukses seperti "My Heart Will Go On" dan "Immortality," Sony Music Entertainment memutuskan untuk merilis "When I Need You" sebagai singel promosi di Brasil (September 1998). Dua single sebelumnya sangat sukses di Brasil. Namun, tanpa video musik dan tidak ada promosi "When I Need You" gagal mengulang kesuksesan lagu Dion sebelumnya.

Formats dan daftar lagu[sunting | sunting sumber]

single CD promosi Brasil

Versi Cliff Richard[sunting | sunting sumber]

Pada 29 Oktober 2007, Cliff Richard merilis When I Need You dan mencapai peringkat 38 pada UK Singles Chart.[5] Hal ini juga salah satu dari lima rekaman baru yang ditampilkan di album Love... The Album.

Format dan daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Penulis "When I Need You" bekerja dengan Dion juga pada beberapa lagu lainnya. Albert Hammond menulis "Just Walk Away," yang disertakan pada album (1993) The Colour of My Love dan Carole Bayer Sager menulis "The Prayer," yang menjadi bagian dari These Are Special Times (1998).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bronson, Fred (2003). The Billboard Book of #1 Hits, 5th Edition (Billboard Publications)
  2. ^ Whitburn, Joel (1996). The Billboard Book of Top 40 Hits, 6th Edition (Billboard Publications)
  3. ^ "This page is available to GlobePlus subscribers". Theglobeandmail.com. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2006-05-21. Diakses 2010-11-27. 
  4. ^ Glatzer, Jenna (2005). Céline Dion: For Keeps. Andrews McMeel Publishing. ISBN 0-7407-5559-5. 
  5. ^ The Official Clive Richards Website
Didahului oleh:
"Don't Cry for Me Argentina" oleh Julie Covington
UK Singles Chart singel nomer satu
(versi Leo Sayer)

19 February 1977 (3 minggu)
Diteruskan oleh:
"Chanson D'Amour" oleh The Manhattan Transfer
Didahului oleh:
"Right Time of the Night" oleh Jennifer Warnes
Billboard Easy Listening Singles singel nomer satu (versi Leo Sayer)
23 April 1977
Diteruskan oleh:
"Hello Stranger" oleh Yvonne Elliman
Didahului oleh:
"Hotel California" oleh The Eagles
Billboard Hot 100 singel nomer satu
(versi Leo Sayer)

14 Mei 1977 (satu minggu)
Diteruskan oleh:
"Sir Duke" oleh Stevie Wonder