What a Wonderful World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"What a Wonderful World"
Singel oleh Louis Armstrong
dari album What a Wonderful World
Dirilis Oktober 1968
Format 7"
Direkam 1967
Genre Musik pop
Panjang 2:21
Label ABC Records (Amerika Serikat)
HMV Records (Britania)
Pencipta Bob Thiele
George David Weiss
Kronologi singel Louis Armstrong
"Mi va de cantare"
(1967)
"What a Wonderful World"
(1967)
"Hello Brother"
(1968)

"What a Wonderful World" adalah lagu ciptaan Bob Thiele (nama samaran: "George Douglas") dan George David Weiss. Lagu ini pertama kali direkam oleh Louis Armstrong dan dirilis sebagai singel pada tahun 1968. Thiele dan Weiss dikenal di dunia rekaman, masing-masing sebagai produser dan komponis/penyanyi. Rekaman Louis Armstrong diabadikan di Grammy Hall of Fame pada tahun 1999. Penerbitan lagu ini diawasi oleh Memory Lane Music Group, Carlin Music Corp. dan Bug Music, Inc.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lagu ini dimaksudkan sebagai penangkal untuk iklim semakin rasial dan politis dari kehidupan sehari-hari di Amerika Serikat. Liriknya penuh harapan serta optimisme tentang masa depan yang dilambangkan dengan kelahiran bayi-bayi ke dunia. Pada awalnya lagu ini ditawarkan kepada Tony Bennett, tapi ditolak.[1] Setelah itu, lagu ini ditawarkan kepada Louis Armstrong. Lagu ini mulanya tidak menjadi hit di Amerika Serikat, dan hanya terjual kurang dari seribu keping. Pimpinan ABC Records tidak menyukai lagu ini, sehingga tidak mempromosikannya. Namun lagu ini ternyata sukses besar di Britania Raya, sampai di urutan pertama Tangga Singel Britania Raya. Di tangga Billboard Amerika Serikat, lagu ini cuma menempati urutan ke-116 di tangga lagu Bubbling Under. Sebaliknya di Inggris, lagu ini sukses sebagai singel terlaris tahun 1968, sekaligus salah satu singel lagu pop terakhir dari HMV Records sebelum berubah menjadi label musik klasik.[2] Lagu ini menjadikan Louis Armstrong sebagai pria tertua yang lagunya pernah sampai di puncak tangga lagu Britania, pada usia 66 tahun 10 bulan. Rekor Armstrong dipecahkan pada tahun 2009 oleh versi daur ulang "Islands in the Stream" dari Ruth Jones dan Rob Brydon yang menampilkan Robin Gibb dan Sir Tom Jones yang ketika itu berusia 68 tahun.

Lagu ini perlahan-lahan menempatkan diri sebagai lagu standar. Pada tahun 1988, rekaman lagu Louis Armstrong dari tahun 1968 dipakai dalam film Good Morning, Vietnam. Lagu ini kemudian dirilis ulang dan berhasil sampai di urutan ke-32 tangga lagu Billboard Hot 100 pada Februari 1988.

Versi-versi terkenal[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
"Congratulations" by Cliff Richard
Singel nomor satu Britania Raya
Louis Armstrong
24 April 1968 (selama 4 minggu)
Diteruskan oleh:
"Young Girl" oleh Gary Puckett & The Union Gap
Didahului oleh:
"Bleeding Love" oleh Leona Lewis
UK Singles Chart Singel nomor satu
(Katie Melua & Eva Cassidy)

16 Desember 2007 - 22 Desember 2007
Diteruskan oleh:
"When You Believe" oleh Leon Jackson

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]