What A Girl Wants (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"What a Girl Wants"

Sampul album
Singel oleh Christina Aguilera
dari album Christina Aguilera
Dirilis 28 Desember 1999
Format CD single, CD maxi single, cassette single, 12" maxi single
Direkam 1999
Genre Teen pop, bubblegum pop
Panjang 3:35 (Video/New Album Version)
3:20 (Radio Version)
3:52 (Original Album Version)
3:14 (Spanish Version)
Label RCA
Pencipta Shelly Peiken, Guy Roche
Produser Guy Roche
Sertifikasi Gold (RIAA, ARIA)
Kronologi singel Christina Aguilera
"Genie in a Bottle"
(1999)
"What a Girl Wants"
(1999)
"The Christmas Song"
(1999)

What A Girl Wants merupakan single kedua yang diambil dari debut album perdananya Christina Aguilera. Lagu tersebut kembali membawa nama Christina Aguilera menempati urutan pertama di tangga lagu U.S. Billboard 100 Chart selama 2 pekan sebelum tergeser oleh "I Knew I Loved You" dari Savage Garden. "What A Girl Wants" menempati urutan ketiga di tangga lagu MTV Asia Hit List pada tahun 2000. Lagu ini juga merajai Chart selama 5 minggu.

Lagu yang ditampilkan pada video klip What A Girl Wants berbeda dengan versi lagu yang ada di album debut perdananya. Pihak manajer Christina Aguilera merasa bahwa lagu tersebut terasa cukup kurang menantang bila akan dijadikan sebagai single kedua. Akhirnya mereka memutuskan untuk merekam ulang lagu tersebut dengan aransemen musik yang lebih energik. Selanjutnya, lagu versi video klip tersebut akan mengganti versi original What A Girl Wants dalam album repacaged Christina yaitu Christina Aguilera Special Limited Edition.

Penggarapan video klip ini disutradarai oleh Diane Martel yang juga turut ambil bagian dalam pengerjaan video klip "Genie In A Bottle". Video klip tersebut sempat mendapatkan nominasi sebagai Video Koreografi Terbaik dalam ajang Grammy Awards pada tahun 2001.

Single What A Girl Wants ternyata banyak memengaruhi kehidupan anak-anak muda dan remaja putri. Gaya busana dan riasan Christina Aguilera yang terkesan sederhana dan cantik banyak ditiru oleh mereka. Single tersebut juga banyak dinominasikan dan mendapatkan penghargaan untuk kategori yang bertemakan girl power. Single serupa juga dirilis oleh Christina Aguilera pada tahun 2003 dan cukup sukses di pasaran yaitu Can't Hold Us Down. Christina Agulera berkolaborasi dengan Li'l Kim yang juga pernah terlibat dalam penggarapan lagu untuk soundtrack film Moulin Rouge berjudul Lady Marmalade pada tahun 2001 bersama dengan Pink dan Mya.

Sama halnya dengan Genio Atrapado, single ini juga dinyanyikan ulang ke dalam bahasa latin dengan judul Una Mujer (yang berarti A Woman dalam bahasa Inggris). Lagu tersebut juga dirilis dalam album Mi Reflejo. Berbeda dengan Genio Atrapado, pihak manajemen Christina Aguilera tidak menggarap ulang kembali video klip What A Girl Want versi latin.